on 8 November 2016

5 Pertimbangan Yang Sering Terlupakan Dalam Tentukan Universitas Di Luar Negeri

Post By Neysya Rahma Kurniawati

Universitas di luar negeri apa yang ingin kamu pilih? Beberapa orang akan langsung menyebutkan nama-nama universitas top yang terkenal. Namun, apakah universitas tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu?


Memilih universitas terutama di luar negeri memerlukan banyak pertimbangan. Selain hal akademis, ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan namun sering terlupakan.


Baca Juga: 8 Langkah Kuliah di Luar Negeri Melalui SUN Education


Figured 1. Program magang. Sumber: Freepik
Figured 1. Program magang. Sumber: Freepik
  1. Magang


Gelar dari universitas ternama memang bagus, namun pengalaman kerja dari magang merupakan nilai tambah yang sangat besar saat mencari pekerjaan. Tidak semua universitas atau institusi pendidikan lainnya menawarkan kesempatan magang yang sesuai dengan bidang studi.


Lokasi universitas pun penting untuk dipertimbangkan. Lokasi di tengah kota mungkin memang memberikan kesempatan magang lebih besar, tetapi belum tentu menawarkan magang yang sesuai dengan program yang kamu ambil. Pastikan universitas tujuan kamu memiliki kesempatan magang serta pusat karir yang membantu dalam mencari kerja.


  1. Cuaca


Cuaca biasanya bukanlah suatu hal besar yang dipertimbangkan oleh banyak calon mahasiswa. Namun, jika kamu ingin kuliah ke luar negeri mungkin perlu mempertimbangkan cuaca negara tujuan.


Jika kamu tidak memiliki alergi terhadap cuaca dingin, maka negara empat (4) musim seperti Inggris, Swiss, Amerika Serikat, Australia, dan New Zealand bisa menjadi negara pilihan. Namun, jika kamu tidak ingin menghadapi cuaca ekstrim, negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia sesuai bagi kamu.


Figured 2. Gunakan transportasi umum. Sumber: www.travelnpleasure.com
Figured 2. Transportasi umum di negara tujuan. Sumber: www.travelnpleasure.com
  1. Transportasi


Apakah lokasi kampus dan tempat tinggalmu dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau menaiki bus? Apakah transportasi umum tersebut gratis atau kamu harus menyediakan biaya transportasi selama berkuliah? Apakah bisa bersepeda dan di mana kamu bisa membeli atau menyewa sepeda? Hal-hal seperti ini patut kamu teliti sebelum menentukan lokasi universitas.


  1. Makanan


Makanan terutama bagi yang memiliki pantangan menjadi hal yang penting. Pastikan apakah cukup mudah menemukan makanan sesuai kebutuhan kamu seperti makanan halal, kosher, vegetarian, bebas gluten, dan lainnya.


Selain kafetaria kampus, kamu bisa menemukan makanan di luar kampus seperti di kafe atau restoran. Kamu juga bisa mengeksplorasi tempat-tempat yang menjual makanan sesuai kebutuhan dan sesuai dengan dana yang kamu punya.


  1. Fasilitas Kesehatan


Mungkin kamu tidak memiliki riwayat penyakit berat atau penyakit yang memerlukan perawatan khusus. Namun, jauh dari orangtua dan kerabat, perubahan cuaca, perubahan makanan, perubahan jadwal sehari-hari dapat mempengaruhi kesehatan kamu terutama jika kamu lalai menjaganya. Pastikan kampus tujuan memiliki fasilitas kesehatan yang baik.


Baca Juga: Tips Untuk Menghindari Memilih Jurusan yang Salah


Kampus tujuanmu menjadi tempat di mana kamu menghabiskan sebagian besar waktu. Jadi pastikan kamu memilih universitas di luar negeri yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Konsultasikan kebutuhan kamu ke konselor kami di kantor SUN Education terdekat. (NRK)

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10