on 14 October 2016

6 Tips Untuk Pengurusan Visa yang Lebih Efektif

Post By Neysya Rahma Kurniawati

Saat mengurus untuk kuliah ke keluar negeri, visa pelajar merupakan salah satu syarat penting yang wajib dimiliki oleh tiap calon siswa. Salah satu layanan dari SUN Education bagi siswa yang akan melanjutkan studi ke luar negeri adalah membantu proses pengurusan visa pelajar. Proses pengurusan visa bukanlah hal yang mudah sehingga kamu harus tahu tips-tips agar pengurusannya menjadi lebih efektif. Berikut 6 tips yang bisa membantu dalam memperoleh visa pelajar dengan lebih efektif.


Figure 1. Cek semua dokumen. Sumber: studyn.us
Figure 1. Cek semua dokumen. Sumber: studyn.us
  • Cek Dokumen. Informasi ini bisa kamu dapatkan dari website resmi imigrasi, kedutaan atau lembaga pengurus visa pelajar dari negara yang kamu tuju.


Baca Juga: Update Visa Australia
  • Identifikasi Jenis Dokumen. Periksa dengan teliti dokumen mana saja yang harus dokumen asli dan yang mana yang berbentuk fotokopi.


  • Dokumen Inti dan Pendukung. Sangat penting untuk memastikan kamu sudah memberikan semua dokumen inti dan pendukung seperti yang diminta. Dokumen pendukung digunakan untuk mengklarifikasi,menguatkan dan mempermudah petugas visa dalam melakukan pengecekan.


  • Persyaratan Spesifik. Bukti keuangan, foto, dan medical check-up merupakan beberapa aspek persyaratan visa yang ketentuannya berbeda-beda di setiap negara. Selain itu terdapat juga negara yang mensyaratkan jumlah dokumen rangkap dan penyusunan dokumen sesuai urutan tertentu.


Figure 2. Durasi pengurusan visa. Sumber: cdn2.hubpost.net
Figure 2. Durasi pengurusan visa. Sumber: cdn2.hubpost.net
  • Durasi Pengurusan Visa. Kamu bisa melihat website imigrasi/kedutaan/instansi pengurus visa untuk menemukan informasi ini. Hal ini sangat penting diketahui agar kamu dapat melakukan pengaturan timeline proses visa sehingga kamu bisa berangkat ke negara tujuan sesuai jadwal yang direncanakan. Perhitungan proses visa biasanya mengacu kepada hari kerja. Selain itu perlu diketahui juga hari libur nasional pada instansi pengurus visa agar kamu dapat mengalokasikan waktu tambahan jika bersamaan dengan hari libur nasional. Jika masih sesuai dengan timeline standar pengurusan visa, proses visa tidak bisa dipercepat.


Baca Juga: Peraturan Baru! Pilot Student Visa 5 Tahunan New Zealand


  • Biaya Visa. Perhatikan nominal dan cara pembayaran visa dan biaya layanan lainnya. Setiap negara memiliki pengaturan yang berbeda; ada yang cara pembayarannya secara online dengan kartu kredit, kartu debit, tunai, ataupun bank draft. Informasi ini juga bisa diperoleh dari website resmi imigrasi, kedutaan besar atau instansi terkait pengurusan visa.


Untuk informasi tentang cara kuliah ke keluar negeri yang lebih lengkap dan sesuai dengan latar belakang kamu, silakan menghubungi konselor kami di kantor SUN Education terdekat.

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10