on 14 December 2016

7 Aturan Umum Yang Wajib Diketahui Saat Kuliah di Singapura

Post By Neysya Rahma Kurniawati

Kuliah di Singapura? Negara kecil namun sibuk yang terkenal dengan patung Merlionnya ini memiliki aturan-aturan tegas yang menjaga keteraturan hidup warga asli maupun pendatangnya. Inilah yang membuat negara ini dikenal akan kebersihan dan tingkat kriminalitas yang rendah. Bagi kamu yang berminat melanjutkan studi ke negara tetangga ini ada baiknya kamu mengetahui tujuh (7) aturan yang wajib kamu patuhi selama berada di sana.


Figure 1. Disiplin. Sumber: Freepik
Figure 1. Disiplin. Sumber: Freepik
  1. Disiplin


Disiplin merupakan suatu hal yang sangat penting bagi masyarakat Singapura. Bahkan pukulan dengan tongkat adalah hukuman yang umum dilakukan baik di sekolah, militer, dan dalam kehidupan berumah tangga. Jika selama ini kamu tidak terbiasa disiplin, ada baiknya belajar mendisiplinkan diri yang wajib dilakukan saat kamu jauh dari pengawasan orang tua.


  1. Mengunyah permen karet


Permen karet telah dilarang peredarannya oleh pemerintah Singapura. Meskipun aturan ini tidak menyebutkan mengenai permen karet untuk keperluan pribadi, ada baiknya kamu tidak membawa permen karet jika tidak ingin didenda hingga SGD1.000 untuk pelanggaran pertama kali.


Figure 2. Buang sampah sembarangan. Source: Dreamstime.com
Figure 2. Buang sampah sembarangan. Source: Dreamstime.com
  1. Membuang sampah sembarangan


Negara ini terkenal sangat menjaga kebersihan sehingga membuang sampah tidak pada tempatnya bisa membuat kamu didenda. Bagi yang baru pertama kali melanggar dengan membuat sampah kecil seperti puntung rokok atau bungkus permen didenda sebesar SGD300. Bagi yang membuang benda lebih besar seperti botol atau kaleng minuman dapat dibawa ke pengadilan. Mereka biasanya akan dihukum dengan membersihkan area yang ditentukan sambil menggunakan rompi berwarna hijau terang guna membuat pelaku mawas diri dan menjadi jera.


  1. Merokok


Serupa dengan permen karet, merokok dilarang namun hanya di beberapa area tertentu seperti di dalam ruangan di tempat umum. Aturan ini juga berlaku di tempat yang tidak memliki pendingin ruangan seperti pusat perbelanjaan, kantor, dan toko-toko. Fasilitas publik di luar ruangan seperti tempat fitness, lapangan olahraga, dan taman bermain juga merupakan tempat yang harus dihindari jika ingin merokok. Aturan ini terus berkembang dengan ditambahkannya area yang tidak memperbolehkan merokok seperti gedung serbaguna, jembatan pejalan kaki, trotoar tertutup, halaman rumah sakit, dan lokasi yang berada lima (5) meter dari halte bus.


Figure 3. Menyeberang jalan dengan ceroboh. SUmber: carkeys.co.uk
Figure 3. Menyeberang jalan dengan ceroboh. Sumber: carkeys.co.uk
  1. Menyebrang jalan dengan ceroboh


Menyeberang jalan dengan ceroboh merupakan suatu tindakan yang berbahaya. Di Singapura, kamu harus berjalan di area yang telah ditentukan. Pastikan kamu menyeberang jalan di tempat yang memiliki tanda jalur pejalan kaki untuk menyeberang jalan dengan aman.


  1. Buang air kecil di elevator & tidak menyiram toilet umum


Jangan pernah berpikiran untuk buang air kecil di elevator karena elevator di Singapura dilengkapi dengan Peralatan Pendeteksi Urin yang akan menyalakan alarm dan menutup pintu hingga pelaku tertangkap. Selain itu, tidak menyiram toilet umum juga merupakan salah satu pelanggaran properti yang akan membuat pelaku didenda.


  1. Vandalisme

Vandalisme atau perusakan properti umum dan milik pribadi merupakan pelanggaran serius dengan hukuman denda, penjara, serta dipukul dengan tongkat sebanyak tiga (3) hingga delapan (8) kali. Merusak, menghancurkan, dan mencuri properti umum, serta menggambar, mencat, menulis, menggores, dan menandai properti miliki pribadi tanpa persetujuan dari pemilik dianggap ilegal. Pemasangan plakat poster, spanduk, dan bendera juga dilarang.


  1. Obat-obatan


Pemerintah Singapura mengilegalkan obat-obatan baik yang dibawa dari negara asal maupun yang dibeli di perbatasan Singapura. Polisi Singapura berwenang untuk menjalankan tes narkoba secara acak pada penduduk setempat dan turis. Pastikan kamu bersih dari obat-obatan terlarang sebelum memasuki negara tersebut, atau lebih baik tidak menggunakannya sama sekali. (NRK)

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10