on 8 August 2014

9 Tips Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri Bag. 1

Post By admin

Bisa kuliah di negara maju adalah impian setiap pelajar . Apalagi jika mampu kuliah di luar negeri dengan beasiswa; selain membanggakan, beban biaya yang dikeluarkanpun jadi lebih ringan. Jika kamu adalah pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sedang mengincar beasiswa kuliah Sarjana S-1, berikut beberapa hal yang bisa kamu persiapkan mulai dari sekarang:

(BAGIAN 1)

scholarship-1

1. Nilai rapor yang baik dan stabil

Kebanyakan universitas menawarkan beasiswa untuk pelajar yang mempunyai nilai stabil sejak kelas 10 hingga kelas 12. Pastikan kamu memiliki nilai rapor yang tinggi secara keseluruhan. Luangkan waktu lebih untuk belajar demi mencapai hal tersebut.

2. Persiapan bahasa Inggris

Salah satu kunci sukses kuliah di luar negeri tentu saja adalah penguasaan bahasa Inggris yang baik. Umumnya, ukuran kemampuan bahasa Inggris yang digunakan adalah IELTS™ (International English Language Testing System) atau TOEFL®iBT (Test Of English as Foreign Language, Internet Based Test). Sejak awal SMA kamu sudah mulai bisa mempersiapkan diri dengan mengikuti tes persiapan tes IELTS™ atau TOEFL® sehingga jika masih diperlukan, kamu dapat mengikuti pelatihan tambahan untuk mendapat nilai yang semaksimal mungkin.

3. Surat rekomendasi

Syarat lain dari pihak universitas dalam memberikan beasiswa biasanya adalah surat rekomendasi dari guru di SMA. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai menjaga hubungan baik dengan para guru sehingga mereka akan dengan senang hati memberikanmu rekomendasi terbaik.

4. Aktif berorganisasi

Manfaatkan masa mudamu dengan kegiatan positif seperti aktif di organisasi sekolah. Selain akan memberimu pengalaman berharga, berorganisasi juga akan menambah jumlah temanmu. Kegiatan berorganisasi yang kamu lakukan akan memberikan nilai tambah dan bagus untuk CV kamu nantinya.

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10