on 24 November 2016

Apa Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Kuliah di Luar Negeri

Post By Neysya Rahma Kurniawati

Kuliah di luar negeri merupakan salah satu pengalaman yang membantu siswa memperluas wawasan mereka. Namun, biasanya siswa memiliki bayangan yang terkadang tidak sesuai dengan realita belajar di luar negeri yang sebenarnya. Lalu, apa saja yang harus kamu ketahui sebelum belajar di luar negeri?


Figured 1. Apa yang harus kamu ketahui sebelum belajar di luar negeri. Sumber: Freepik
Figured 1. Apa yang harus kamu ketahui sebelum belajar di luar negeri. Sumber: Freepik
  1. Belajar merupakan hal nomor satu. Selama ini kamu mungkin membayangkan dengan belajar di luar negeri berarti kamu bisa menjelajah negara tersebut sesukanya, dan mengesampingkan pelajaran. Belajar di institusi asing dengan bahasa dan budaya berbeda berarti kamu harus berusaha lebih keras dalam mengerjakan tes, ujian, esai, dan lainnya. Kuliah di luar negeri berbeda dengan perkuliahan di Indonesia. Kamu akan lebih banyak berdiskusi sehingga kamu sudah harus tahu mengenai topik yang akan diberikan.


  1. Culture Shock adalah hal biasa. Jika selama ini kamu bisa menemukan tempat berjualan makanan di mana saja, di negara tujuan bisa saja kamu harus membeli di restoran atau memasak sendiri. Jika selama ini tepat waktu bukanlah bagian dari hidupmu, di negara tujuan bisa saja waktu adalah hal yang sangat penting. Hal-hal baru yang berbeda ini merupakan salah satu contoh gegar budaya dan mengatasi hal ini merupakan salah satu tantangan belajar di luar negeri.


Baca Juga: Siapkah Kamu Menjadi Seorang Mahasiswa? (Bagian 1)

  1. Belajar mandiri sebelum berangkat dapat membantumu saat berada di negara tujuan. Belajar untuk mencuci piring sendiri, memasak, membersihkan tempat tidur, melipat baju, dan hal-hal lain yang biasanya dilakukan oleh orang tua atau pun asisten rumah tangga. Saat kamu memutuskan untuk belajar jauh dari keluarga, kamu harus siap untuk melakukan segala hal sendiri. Sisi positifnya adalah kamu bisa menjadi pribadi mandiri dan kuat.


Figured 2. Kemas barang yang kamu butuhkan. Sumber: Freepik
Figured 2. Kemas barang yang kamu butuhkan. Sumber: Freepik
  1. Mengepak barang yang penting dan pakaian secukupnya. Tidak semua barang yang kamu bawa akan digunakan di negara tujuan. Bawa barang-barang yang penting dan pasti akan digunakan. Bawa pakaian secukupnya karena kamu bisa membelinya di negara tujuan. Hal-hal seperti jaket lebih baik dibeli di negara tujuan karena kamu bisa menyesuaikan ketebalan jaket dengan udara sekitar sehingga kamu lebih mudah menemukan jaket yang sesuai dengan kebutuhan.


  1. Selalu sediakan dana lebih untuk hal-hal penting. Gegar budaya bisa membuatmu kewalahan terutama dengan perbedaan valuta sehingga kamu bisa saja menghabiskan dana di luar dana yang telah kamu persiapkan. Meskipun kamu telah mendapatkan pekerjaan paruh waktu, kamu tentu tidak mendapatkannya dalam semalam sehingga dana tidak terduga bisa membantumu. Dengan hidup mandiri, kamu juga akan belajar mengatur keuangan untuk menghindari kekurangan dana disaat dibutuhkan.


Baca Juga: Berhemat Ala Mahasiswa Rantau (Bagian 1)

Beberapa bulan pertama mungkin akan terasa berat karena kamu masih dalam proses beradaptasi dengan kehidupan baru terutama bagi kamu siswa program sarjana yang sebelumnya belum pernah berkuliah. Melalui SUN Education, konselor tidak berhenti membantu kamu meskipun kamu telah berada di negara tujuan. Kamu juga bisa bertanya mengenai kehidupan mahasiswa di luar negeri kepada konselor sehingga kamu mendapat gambaran lebih lanjut mengenai kehidupan sebagai mahasiswa nantinya. (NRK)

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10