on 25 July 2016

Apakah Film Bisa Membantu Memilih Jurusan?

Post By Neysya Rahma Kurniawati

Apakah sebuah film mampu mendorong seseorang dalam memilih universitas yang diinginkan, terutama untuk universitas di luar negeri?


Film seperti A Beautiful Mind yang berlokasi di Princeton University, Legally Blonde dan The Social Network yang berlokasi di Harvard University, dan The Graduate  di Berkeley, California, telah membawa suasana kampus Amerika Serikat ke hadapan khalayak global, menampilkan segala sesuatu mulai dari fasilitas akademik hingga komunitas persaudaraan yang disebut fraternity dan sorority.

Figure 1. A scene in "The Social Network". Source: thefilmexperience.net
Figure 1. A scene in “The Social Network”. Source: thefilmexperience.net

Selain Amerika Serikat, Selandia Baru juga mendapatkan keuntungan dari film The Lord of the Rings yang menampilkan keindahan alam negara kiwi ini. Menurut salah seorang akademis di Victoria University of Wellington, Dr Alfio Leotta, film ini telah mendorong pertumbuhan jurusan film studies di Selandia Baru.

 

Figure 2. UNSW is oen fo the location for a Bollywood movie "From Sydney With Love". Source: UNSW
Figure 2. UNSW is oen fo the location for a Bollywood movie “From Sydney With Love”. Source: UNSW

Tak beda jauh dengan Selandia Baru, University of New South Wales di Sydney juga mendapat keuntungan dari film Bollywood berjudul From Sydney With Love yang menunjukkan keindahan bangunan universitas di Sydney, Pantai Bondi, dan Opera House.

 

Film fantasi terkenal, Harry Potter, juga memberi dampak dalam mendorong siswa internasional untuk mengikuti sekolah asrama di Inggris. Film ini juga membantu meningkatnya minat pada jurusan Latin yang memiliki kemiripan dengan mantra sihir dalam Harry Potter.

Figure 3. The fampus "Harry Potter" helps increasing the interest for Latin major. Source: dailymail.co.uk
Figure 3. The fampus “Harry Potter” helps increasing the interest for Latin major. Source: dailymail.co.uk

Menurut Sir Anthony Seldon, wakil rektor Universitas Buckingham dan mantan kepala sekolah Wellington College, penggambaran sekolah dan universitas ternyata memiliki dampak yang penting dalam pembentukan opini lebih daripada yang kita sadari.

 

Meskipun tidak mungkin untuk menentukan keakuratan dampak sebuah film pada universitas dan negara tertentu, Mr Aleksandr Voninsky yang merupakan direktur internasional University of South Wales percaya bahwa dunia perfilman memberi pengaruh positif para calon siswa dan orang tua dalam memilih universitas dan negara yang dituju.

 

Hal ini didukung oleh survey terbaru mengenai siswa China dan Korea Selatan yang dilaksanakan oleh Dr Kristy Tucciarone dari Lindenwood University, Missorui, yang menunjukkan bahwa lebih dari dua pertiga siswa China dan Korea Selatan yang diwawancarai telah dipengaruhi oleh citra universitas Amerika di dalam sebuah film.

 

Menyukai dan berkeinginan untuk belajar di sebuah universitas di luar negeri setelah menonton sebuah film tidak salah. Namun, ada baiknya siswa melakukan penelitian lebih jauh mengenai universitas yang akan dituju dan diseusaikan dengan kebutuhan masing-masing.

 

 

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10