on 4 June 2014

Bekerja Paruh Waktu Selama Studi Di Luar Negeri

Post By admin

Belajar di luar negeri memperkaya kamu dengan lebih dari sekedar pengalaman akademis dari universitas tempat kamu menimba ilmu. Salah satu manfaat menjadi seorang mahasiswa internasional adalah bahwa kamu memiliki kesempatan untuk bekerja paruh waktu (part time work).

Jika kamu  berpikir untuk belajar di Australia, New Zealand, Inggris, Canada, atau Swiss, kamu dapat mendaftar untuk bekerja paruh waktu. Negara-negara ini memperbolehkan siswa internasional untuk bekerja hingga 20 jam per minggu dan tidak terbatas selama jeda semester. Sebuah pekerjaan paruh waktu adalah cara yang baik untuk meringankan biaya hidup, dengan catatan ada cukup waktu tersisa untuk kegiatan akademik dan ekstrakurikuler.

Di sisi lain, banyak perusahaan atau pengusaha di negara-negara tersebut menyambut siswa internasional untuk bekerja paruh waktu. Hal ini dikarenakan siswa biasanya dapat mengatur jadwal kelas mereka untuk bekerja di pagi hari dan acara malam hari serta di akhir pekan, dan bahwa siswa akan menerima upah di bawah upah pekerja tetap . Banyak pekerjaan paruh waktu juga tersedia secara lokal dan musiman dimana pengusaha merekrut karyawan kasual selama periode sibuk seperti area ritel selama Natal dan perhotelan selama musim panas. Oleh karena itu, kamu  harus mengambil langkah yang cerdas dalam mencari bagian pekerjaan yang tidak hanya sejalan dengan bidang studimu, tapi juga yang paling sesuai dengan keterampilan dan minatmu.

Tempat terbaik untuk memulai pencarian kerja kamu  adalah di kampus. Ada banyak kesempatan kerja di kampus, dan sebagai mahasiswa, kamu  secara otomatis akan diberikan prioritas. Selain itu, bekerja di kampus mengemat biaya transportasi dan menjadi cara yang bagus untuk membina hubungan dengan staf akademik dan profesional di kampus. Sekolah biasanya menyediakan career office atau student employment office yang memiliki banyak akses ke informasi tentang lowongan kerja di kampus. Pekerjaan yang tersedia berkisar dari pekerjaan sebagai asisten pengajar, pembantu pustakawan, staf kantin, staf di bar di kampus.

Kesempatan paruh waktu lain ada tersedia di luar kampus. Kamu dapat memulai pencarian melalui situs pencari kerja (job search engine) dan situs pekerjaan khusus yang fokus pada pekerjaan paruh waktu dan pekerjaan per jam yang dekat tempat kamu tinggal. Pekerjaan yang paling umum dan populer untuk siswa internasional adalah staf restoran, baby-sitter, kasir di toko kelontong dan staf di restoran cepat saji.

Dengan berhati-hati dalam memilih jenis pekerjaan, kamu  bisa mendapatkan pengalaman industri yang relevan  dengan bidang studi yang kamu ambil yang dapat meningkatkan kesempatan bekerja setelah kamu lulus kuliah. Jadi selain mendapatkan keahlian yang berguna, kamupun akan memiliki pengalaman kerja yang relevan dan kontak jejaring yang dapat membantu karirmu. Salah satu hasil yang paling berharga adalah memiliki referensi bagus di CV yang diberikan oleh atasan di perusahaan tersebut saat kamu mulai memasukan lamaran kerja.

Jadi mengapa tidak bekerja paruh waktu selama belajar di luar negeri?

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10