on 1 March 2017

Belajar Ilmu Komputer di University of Liverpool

Post By Anggi Safitri

University of Liverpool merupakan universitas top dunia dengan peringkat 151 menurut QS World University Rankings 2016. Didirikan pada tahun 1881 sebagai University College Liverpool, kemudian pada tahun 1903 berubah nama menjadi University of Liverpool. Universitas ini berjarak hanya sekitar lima menit berjalan kaki dari pusat kota Liverpool, di bagian atas Brownlow Hill dan Mount Pleasant. Area yang menjadi lokasi kampus seluas 100 hektar dan terdapat 192 bangunan non-perumahan yang terdiri dari  69 ruang kuliah, 114 area pengajaran dan fasilitas penelitian yang canggih. Universitas ini termasuk dalam kelompok 1% universitas terbaik di seluruh dunia menurut Academic Ranking of World Universities.

Institusi-Ilmu Komputer di UnivofLiverpool Kampus 1
Figure 1. Kampus University of Liverpool di Inggris. Sumber: LiverpoolUni

Salah satu program sarjana yang ditawarkan oleh University of Liverpool adalah B.Sc dalam Ilmu Komputer. Ilmu Komputer bukan hanya tentang pemrograman atau merancang halaman web, namun lebih tentang memahami apa yang mungkin terjadi dengan komputer dan apa penyebabnya. Program ini mencakup semua aspek Ilmu Komputer termasuk berbagai prinsip dan teori yang dasar. Kesempatan karir bagi lulusan Ilmu Komputer tergolong sangat baik dan universitas bertekad untuk memberikan siswa landasan yang kuat tentang teori dan praktek komputasi sehingga siswa dapat membangun karir di bidang apa pun yang nantinya mereka pilih.

Institusi-Ilmu Komputer di UnivofLiverpool Kuliah di China 2
Figure 2. Siswa jurusan ini dapat mengikuti 1 tahun kuliah di China. Sumber: LiverpoolUni

Siswa akan belajar berbagai modul wajib dalam dua (2) tahun pertama, termasuk Programming in Java, Computer Systems, Databases, Software Engineering, Algorithmic Foundations, Complexity of Algorithms, serta Decision, Computation and Language. Siswa kemudian dapat memilih dari pilihan modul yang dianggap sesuai untuk perkembangan Ilmu Komputer saat ini. Pilihan modul yang ditawarkan antara lain BiocomputationIntroduction to Computational Game Theory dan Complex Social Networks. Program Ilmu Komputer ini juga mencakup  proyek software kelompok di tahun kedua dan satu (1) tahun proyek individu untuk gelar honours.

Siswa jurusan Ilmu Komputer akan memiliki kesempatan yang menarik untuk belajar di luar negeri di lembaga mitra universitas yakni di Xi’an Jiaotong Liverpool University di Suzhou, Cina. Selain itu, siswa Ilmu Komputer juga dapat memilih untuk untuk belajar di universitas mitra di Amerika Serikat dan Kanada. Belajar di luar negeri memiliki manfaat pribadi dan akademik yang besar, serta memberikan siswa suatu awalan di dunia kerja sebagai bekal ketika lulus nanti.

Institusi-Ilmu Komputer di UnivofLiverpool Fasilitas 3
Figure 3. Lab komputer utama. Sumber: LiverpoolUni

Adanya program magang yang ditawarkan oleh universitas memberikan siswa kesempatan untuk memperkuat prospek kerja dengan menerapkan keterampilan komputasi mereka di tempat kerja. Selain itu, siswa juga dapat memiliki kesempatan untuk bekerja dengan mitra komersial sebagai bagian dari proyek tahun terakhir mereka, yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan pengalaman berharga ketika mereka lulus nanti.

Tertarik? Kunjungi website University of Liverpool untuk informasi lebih lanjut mengenai program yang tersedia. Untuk bantuan dalam mendaftar dan pengurusan keperluan studi di luar negeri, silakan hubungi kantor  SUN Education terdekat.(ANG)

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10