Eropa


Kuliah di Eropa


Europe atau Eropa adalah benua kedua terkecil di dunia menurut luas permukaan yang berukuran sekitar 10 juta km2 atau 2% dari luas permukaan dunia. Ada lebih kurang 50 negara di benua biru ini dengan Rusia sebagai negara terbesar dan Vatican City sebagai negara terkecil.


Eropa menawarkan banyak institusi pendidikan terbaik di dunia. Dalam QS World University Ranking 2014 / 2015 ada total 336 universitas di Eropa yang termasuk dalam Top 800 (sekitar 42%).


Dari ke-50 negara di Eropa, beberapa negara seperti Italia, Swiss, dan Belanda menjadi pilihan destinasi pendidikan yang populer bagi pelajar internasional. Italia terkenal dengan sekolah desain, Swiss populer dengan sekolah perhotelan yang masuk dalam top lima (5) sekolah perhotelan terbaik di dunia, dan Belanda dengan universitas riset yang berstandar tinggi.



ITALIA

Italia merupakan negara di sebelah selatan Eropa yang berbentuk seperti sepatu boots. Luasnya sekitar 301.338 km2 dan memiliki iklim mediterania. Dengan 61 juta penduduk, negara Casanova ini memiliki populasi terbanyak keempat di Eropa. Italia adalah salah satu negara maju dengan ekonomi terbesar ketiga di Eurozone dan terbesar kedelapan di dunia (IMF 2014).

Italia memainkan peranan penting dalam pendidikan tinggi di Eropa : sebagai salah satu dari empat (4) negara yang mencetuskan “European Area of Higher Education” (Sorbonne Declaration, Mei 1998), sebagai dasar dari reformasi pendidikan tinggi “Bologna Process” (Bologna Declaration, Juni 1999) yang diterapkan di seluruh Eropa.

  • Italia berada di garda depan dalam setiap bidang pendidikan yang lebih tinggi, khususnya di bidang desain, arsitektur, ilmu terapan, dan seni.
  • Penelitian ilmiah sangat dihargai di negara ini, terutama yang menyangkut energi, lingkungan, dan transportasi.
  • Belajar di Italia lebih murah karena banyak terdapat beasiswa dan bantuan finansial serta potongan harga untuk makanan dan akomodasi bagi pelajar.
  • Ada lebih dari 32.000 pelajar internasional sehingga jaringan perkenalan Anda akan meluas dan bisa mempelajari kebudayaan negara lain.

*Partner List Updated by 15 June 2016

DOMUS NABA

Besaran pengeluaran harian di kota turis dan kota besar, terutama di bagian utara Italia, akan lebih mahal daripada kota kecil.  Pelajar memerlukan sekitar EUR 1.000 hingga EUR 1.500 per bulan tergantung kota yang ditempati. Biaya ini meliputi biaya akomodasi, makan, transportasi, telekomunikasi, dan keperluan sehari-hari lainnya.

  1. Visa & Asuransi

Student Visa diperlukan hanya bagi mereka yang akan menjalani perkuliahan lebih dari 90 hari yang berlaku selama masa studi berlangsung. Asuransi wajib dimiliki oleh pelajar internasional kecuali bagi mereka dengan masa studi kurang dari enam (6) bulan.

  1. Akomodasi

Pelajar bisa memilih untuk tinggal di akomodasi dalam atau luar kampus. Jika memilih tinggal di luar kampus, pertimbangkan jarak, harga, dan fasilitas yang didapat. Biaya sewa tempat tinggal di luar kota berkisar antara EUR 450 hingga EUR 800 per bulannya dan EUR 600 hingga EUR 1.200 per bulan bagi yang tinggal di kota.

  1. Kerja Sambilan

Pelajar yang bisa bekerja sambilan hanyalah pelajar Italia dan pelajar dari anggota European Union. Sedangkan bagi pelajar internasional, mereka wajib memiliki surat izin bekerja yang sangat sulit untuk didapatkan. Perusahaan wajib mengirimkan surat kerja ke Kantor Polisi Italia “Questura” namun birokrasi membuat proses ini menjadi lama dan visa Anda bisa jadi tidak memungkinkan Anda untuk bekerja di Italia.

  1. Sekolah Dasar & Sekolah Menengah

Umumnya diawali dengan tiga (3) tahun sekolah TK, berlanjut ke Sekolah Dasar selama lima (5) tahun.

Sekolah Menengah Pertama yang berlangsung selama tiga (3) tahun dan Sekolah Menengah Atas yang berlangsung selama lima (5) tahun. Setiap tingkatan akan ada ujian di akhir tahun bernama esame di maturità, yang diperlukan untuk masuk ke universitas.

  1. Pendidikan Tinggi

Universitas di Italia termasuk dalam universitas tertua di dunia, seperti University of Bologna (didirikan tahun 1088), University of Padua (didirikan tahun 1222), dan University of Naples (didirikan tahun 1224).

Program Sarjana di Italia biasanya berlangsung selama tiga (3) tahun, Master selama dua (2) tahun, dan Doktoral selama tiga (3) hingga lima (5) tahun.

Country Italia map

Berlokasi di Eropa Selatan, Italia adalah sebuah semenanjung yang meluas hingga Laut Tengah Mediterania. Italia berbatasan dengan Perancis di sebelah barat, Swiss dan Austria di sebelah utara, dan Slovenia di timur. Ibukotanya, Roma terletak di pantai barat negara pasta ini.

Berbeda dengan negara Eropa lainnya, Italia memiliki perbedaan iklim tergantung area tempat Anda tinggal. Bagian utara memiliki musim dingin yang dingin dan musim panas yang sangat panas. Di bagian selatan, musim gugur, musim semi dan musim panas tampaknya berbaur bersama-sama dan berbeda sedikit. Iklim di Italia tengah lebih ringan dan memiliki suhu rata-rata sepanjang tahun.

  • Summer (Musim panas) : Juni – Agustus
  • Fall (Musim gugur) : September – November
  • Winter (Musim dingin) : Desember – Februari
  • Spring (Musim semi) : Maret – Mei

Italia memiliki waktu standar GMT +1 yang berarti negara ini lebih lambat lima (5) jam dari Indonesia. Selain itu, negara ini juga memiliki Daylight Saving Time yang membuat waktunya maju satu (1) jam lebih awal dari biasanya. DST ini berlangsung dari akhir bulan Maret hingga akhir bulan Oktober di mana waktu kemudian akan kembali normal.

Masyarakat Italia biasa disebut Italian adalah penduduk Republik Italia, terlepas dari keturunan atau negara tempat tinggal, dan dibedakan dari orang-orang keturunan Italia dan dari etnis Italia yang tinggal di wilayah yang berdekatan dengan Semenanjung Italia.

Berkeliling Italia secara umum mudah dan efisien karena adanya jaringan kereta api yang sangat baik seperti kereta berkecepatan tinggi (Elettero Treno Rapido), kereta antar kota (Eurostar dan InterCity), dan kereta regional (Inter Regionale, Regionale dan Diretto). Italia juga memiliki sejumlah besar pelabuhan untuk transportasi barang dan untuk membawa penumpang ke beberapa pulau utama di Italia.

Untuk jalur darat, Anda bisa menggunakan bis, metro, dan taksi. Untuk tiket bis dan metro, tiket harus divalidasi saat Anda telah naik. Pembelian tiket bisa dilakukan di toko rokok, toko koran, atau mesin tiket di stasiun bus dan metro. Tiket biasanya berharga sekitar EUR 1,30 hingga EUR 1,80.

Italia awalnya menggunakan sistem pemerintahan monarki selama paruh kedua abad ke-19 hingga 1946.  Pada 2 Juni 1946, sistem ini dihapus dan digantikan dengan sistem pemerintahan demokrat republik.  Kekuasaan eksekutif dilaksanakan secara kolektif oleh Dewan Menteri, yang dipimpin oleh Perdana Menteri, yang secara resmi disebut sebagai Presiden Dewan (Presidente del Consiglio).

  1. Canal of Venice

Venesia adalah kota romantis dengan gondolanya yang melaju di atas kanal-kanal kecil menyusuri kota kecil ini sambil mendengarkan gondolier (pengendali gondola) bernyanyi. Kota ini kini memiliki lebih banyak wisatawan dibanding penduduknya.

  1. Colosseum

Colosseum yang terletak di Roma ini adalah amphitheatre terbesar dan terkenal sejak zaman Romawi. Bangunan ini mampu menampung sekitar 50.000 penonton dengan pintu masuk tidak kurang dari 80 pintu.

  1. Pompeii

Kota yang terkena letusan gunung Vesuvius dan terkubur abu dan tanah ini, kini menjadi salah satu lokasi wisata terkenal di Italia. Ada lebih kurang 2,5 juta pengunjung tiap tahunnya.

  • Ibukotanya Roma, berusia hampir 3.000 tahun dan telah menjadi ibukota sejak 1871.
  • Konon Italia memiliki lebih banyak mahakarya per mil persegi dibanding negara lain di dunia.
  • Banyak penemuan terkenal ditemukan oleh orang Italia seperti mesin espresso ditemukan oleh Angelo Moriondo, mobil oleh Francesco Di Giorgio Martini, kacamata oleh Salvino Armati, dan kamus terjemahan oleh Ambrogio Calepino.
  • Italia juga terkenal atas adibusana dengan merek-merek ternama dilahirkan di sana seperti Gucci, Benetton, dan Armani, serta Prada, Versace, dan Dolce & Gabbana. Merek mobil ternama seperti Ferrari, Lamborghini, dan Maserati juga diproduksi di sana.


BELANDA

Kualitas pendidikan tinggi di Belanda tidak perlu diragukan karena adanya sistem kontrol kualitas nasional dan kode etik yang harus ditandatangani universitas, banyak universitas riset di Belanda yang selalu masuk ke berbagai ranking universitas terbaik di dunia.

  • Orang Belanda adalah wirausahawan dan penemu dan negara ini menjadi tempat lahirnya para pemenang hadiah Nobel, filsuf, dan seniman, serta ilmuwan.
  • Pendidikan tinggi di Belanda memiliki reputasi di seluruh dunia berkat kualitasnya yang tinggi.
  • Biaya hidup terjangkau jika dibandingkan dengan negara berbahasa Inggris lainnya. Biaya pendidikan juga relatif terjangkau.
  • Bahasa Belanda sudah banyak diserap dalam bahasa Indonesia. Makanan Indonesia pun mudah didapatkan di negara tulip ini.

*Partner List Updated by 15 June 2016

CEG UNIVERSITY OF AMSTERDAM FOUNDATION (ECONOMIC & BUSINESS) STENDEN UNIVERSITY OF APPLIED SCIENCE
ISC HOLLAND UNIVERSITY OF AMSTERDAM (ECONOMICS & BUSINESS)
ROTTERDAM BUSINESS SCHOOL UNIVERSITY OF TWENTE
SAXION UNIVERSITY OF APPLIED SCIENCE

Pengeluaran harian mencakup makanan, transportasi umum, buku, biaya akomodasi, dan asuransi yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara dan pelajar internasional di Belanda. Umumnya pelajar menghabiskan sekitar EUR 800 hingga EUR 1.100 sebulan. Ada baiknya pelajar menggunakan keuntungan diskon pelajar untuk pembelian tiket bioskop, makanan di bar dan restoran, serta tiket masuk museum yang sebagian besar meminta bukti berupa kartu pelajar dari lembaga tempat Anda belajar.

  1. Visa Pelajar & Asuransi Kesehatan

Pelajar akan membutuhkan visa masuk (MVV) ditambah izin tinggal (VVR) institusi di Belanda. Nantinya, pelajar perlu mengumpulkan visa di Kedutaan Besar Belanda atau Konsulat terdekat. Izin tinggal berlaku untuk durasi program studi Anda, asalkan Anda mendapatkan 50% dari kredit studi Anda setiap tahun. Setelah memiliki visa VVR, Anda bebas untuk melakukan perjalanan dari Belanda ke negara Schengen lainnya untuk maksimal 90 hari dalam jangka waktu 180 hari.

Pemerintah Belanda memberikan kesempatan bekerja bagi para pelajar yang telah menyelesaikan program studi S-1 atau S-2. Syaratnya adalah dengan mengajukan Zoekjaar Permit / Search Year Permit yaitu izin masa orientasi yang berlaku selama satu (1) tahun di mana pelajar dapat bekerja tanpa surat izin kerja. Masa orientasi ini dapat diubah menjadi izin tinggal bagi pendatang berketerampilan tinggi / Residence Permit for Highly Skilled Migrants. 

  1. Akomodasi

Belanda tidak memiliki tradisi akomodasi di dalam kampus. Sebagian besar pelajar tinggal di dalam atau di dekat kota tempat universitas mereka berada. Rata-rata biaya kamar di Belanda sekitar EUR 300 hingga EUR 600 per bulan. Akomodasi di kota besar seperti Amsterdam biasanya lebih mahal dibanding di kota-kota kecil.

  1. Kerja Sambilan

Jika program studi mengharuskan Anda melakukan internship atau magang, maka Anda tidak membutuhkan izin bekerja. Jika berencana bekerja di luar, maka Anda harus mengajukan izin kerja yang dibatasi maksimal sepuluh (10) jam seminggu dan penuh waktu selama musim panas yaitu Juni, Juli, dan Agustus.

Perlu diketahui bahwa segera setelah mendapatkan pekerjaan, Anda wajib mengambil asuransi kesehatan dasar Belanda. Jika Anda tidak memenuhi persyaratan ini, Anda berisiko terkena denda dalam jumlah besar.

Dengan lebih dari 1.700 program, kursus, dan pendidikan tinggi, Belanda merupakan negara pertama di Eropa (di luar UK) yang menawarkan program pendidikan berbahasa Inggris pertama dan terbesar di Eropa.

Pada tahun 2014, ada 12 universitas di Belanda yang masuk ke dalam 200 Perguruan Tinggi Teratas dalam Times Higher Education World Ranking University Rankings.

Saat ini di Belanda terdapat sekitar 81.700 pelajar internasional dengan setengahnya berasal dari negara-negara European Union, disusul oleh China dan negara lainnya. Bidang studi populer yang banyak diambil oleh pelajar internasional baik Universitas Riset ataupun Universitas Ilmu Terapan adalah Economics, Business & Finance, Engineering, Social Studies, dan Language & Culture.

Sistem Biner

Pendidikan tinggi di Belanda memiliki sistem biner yang berarti Anda dapat memilih dua (2) jenis pendidikan :

  • Pendidikan berorientasi pendidikan yang ditawarkan oleh universitas riset;
  • Pendidikan profesional tinggi yang ditawarkan oleh universitas ilmu terapan.

Banyak pelajar yang melakukan internship atau magang sebagai bagian dari program studi mereka. Sebagai pelajar asing, jika Anda berminat, Anda juga dapat melakukan program ini.

Country Netherlands map

Netherlands atau Belanda terdiri atas negara Belanda serta enam (6) kepulauan Aruba dan Netherlands Antilles di Laut Karibia. Nama resmi negara ini adalah Nederland yang berarti ‘negara yang berada di tanah rendah’, karena sebagian besar tanahnya berada di bawah ketinggian permukaan laut.

Belanda terletak di persimpangan bertemunya budaya Jerman, Inggris, dan Perancis. Negara kecil ini memiliki 12 provinsi dengan luas wilayah 41.543 km2 (sebanding dengan luas Jakarta plus Yogyakarta) dengan populasi penduduk 16 juta jiwa. Ibu kota Belanda adalah Amsterdam, dengan kota pemerintahan dan tempat tinggal Ratu / Raja di Den Haag.

Belanda memiliki empat (4) musim yaitu musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur. Musim dingin hingga bersalju di bawah 00C biasanya terjadi antara bulan Desember- Februari. Sedangkan Maret-Mei biasanya merupakan musim semi (bulan Maret-Mei), dimana bunga-bunga tulip yang indah sedang bermekaran. Musim panas biasanya terjadi di bulan Juni – September, dan di mana temperatur paling panas dapat mencapai 300C. Musim gugur biasanya terjadi di bulan Oktober – November disertai dengan angin dan hujan.

Pada musim panas, Belanda menggunakan Daylight Saving Time GMT +1 atau enam (6) jam lebih awal daripada waktu Indonesia. Di luar itu, perbedaan waktunya adalah Belanda lima (5) jam lebih awal daripada waktu Indonesia.

Masyarakat Belanda kini menjadi tempat asal bagi lebih dari 190 bangsa yang berbeda. Hubungan yang unik dengan Indonesia tidak dipungkiri membawa asimilasi bagi kedua negara ini. Di Belanda sendiri populasi orang Indonesia yang menetap di sana adalah nomor dua (2) setelah populasi Uni Eropa. Walaupun Belanda menjadi bahasa nasional, bahasa asing seperti Inggris, Jerman, dan Perancis juga sering digunakan.

Luas negaranya yang kecil membuat sistem transportasinya sangat efisien sangat dan sangat baik seperti kereta api, bis, tram, dan metro. Tiket bus biayanya sekitar EUR 1,60 untuk sekali perjalanan dalam kota. Anda dapat membeli kartu diskon sebesar 40% untuk tiket kereta api yang dapat dipakai di luar jam sibuk. Dengan kereta api, anda dengan mudah dapat bepergian hampir ke semua kota di Belanda, termasuk ke negara Jerman, Belgia, dan Perancis. Untuk mendapatkan informasi perjalanan menggunakan transportasi umum, termasuk petunjuk arah perjalanan, website www.9292.nl  sangat mudah untuk dimengerti dan digunakan

Jika ingin berhemat, anda bisa mencoba menggunakan sepeda di jalur khusus sepeda. Sebagian besar orang Belanda, apa pun profesi atau status mereka, memiliki sepeda. Belilah sepeda bekas untuk menghemat uang dan pastikan untuk membeli satu kunci yang kuat.

Politik di Belanda berada di bawah pemerintahan demokrasi perwakilan parlementer, monarki konstitusional, dan negara kesatuan yang terdesentralisasi. Belanda digambarkan sebagai negara consociational yang identik dengan pembagian kekuasaan, meskipun secara teknis hanya satu bentuk pembagian kekuasaan.

  1. Museum Van Gogh

Seperti namanya, museum ini merupakan tempat koleksi lukisan-lukisan seorang pelukis ternama Belanda, Vincent van Gogh (1853-1890) yang merupakan seniman ternama kelahiran kota Zundert. Museum ini memiliki lebih dari 200 lukisan, mulai dari awal karirnya hingga mahakaryanya yang bernilai ratusan juta rupiah.

  1. The Venice of Holland

Belanda ternyata juga memiliki Venesia-nya sendiri yang sering disebut “Venice of the North” atau “The Venice of Holland” – sungai bersih nan indah dengan kapal kayu kecil dan rumah-rumah beratap jerami sepanjang kanal yang berada di Giethoorn, sebuah desa di provinsi Overijssel.

  1. Kinderdijk

Salah satu ikon Belanda adalah kincir angin. Kinderdijk merupakan desa di daerah provinsi Zuid-Holland (Belanda Selatan) yang memiliki paling banyak kincir angin. Kincir angin ini awalnya dibangun untuk memindahkan air sungai yang meluap agar daratan tetap kering.

  • Banyak bahasa Belanda yang diserap ke bahasa Indonesia seperti gratis, tas, kantoor untuk kantor, docent untuk dosen, dan lainnya.
  • Bandara Internasional Schiphol terletak 6,5 meter di bawah permukaan laut.


SWITZERLAND

Switzerland atau Swiss adalah negara terkaya nomor tujuh (7) di dunia dengan kontribusi tertinggi dari perdagangan ekspornya. Keseimbangan moneter dan tidak adanya korupsi, menjadikan Swiss sebagai negara nomor satu (1) dari 43 negara di Kawasan Eropa dari segi kebebasan berekonomi.

Pada tahun 2015, dua (2) kota di Swiss yaitu Zurich dan Geneva berada dalam sepuluh peringkat teratas untuk The World’s Most Liveable Cities (kota paling nyaman untuk ditinggali) menurut badan survei Mercer Global.

  • Empat (4) universitas di Swiss termasuk dalam jajaran universitas terbaik menurut QS World University Ranking 2014 / 2015 dengan dua (2) di antaranya masuk dalam Top 20.
  • Riset di perguruan tinggi negeri mendapatkan bantuan biaya dari pemerintah.
  • Ada 135.000 pelajar di Swiss dengan 40% nya adalah pelajar internasional.
  • Program pendidikan paling populer untuk siswa internasional adalah sekolah perhotelan Swiss karena standarnya yang tinggi.

*Partner List Updated by 15 June 2016

GLION INSTITUTE OF HIGHER EDUCATION LONDON CAMPUS LES ROCHES INTERNATIONAL SCHOOL OF HOTEL MANAGEMENT

Swiss mengenakan harga tinggi terutama untuk daging, ikan goreng, minyak, dan sayuran. Namun, melalui perhitungan cerdas, pengeluaran di Swiss akan lebih murah atau sama dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. Pelajar di Swiss mendapatkan fasilitas untuk berkuliah serta santunan finansial dari pemerintah dan organisasi. Untuk makan, pelajar dapat memanfaatkan pilihan fasilitas restoran yang populer di antara kalangan mahasiswa karena harganya yang terjangkau seperti Mensa atau kafe milik perpustakaan universitas.

Jumlah anggaran bulanan seorang pelajar adalah sekitar CHF 1.000 – CHF 1.500 untuk uang saku dan kebutuhan sehari-hari karena biasanya biaya tempat tinggal, makanan, dan asuransi sudah termasuk di dalam uang sekolah.

  1. Visa Pelajar & Asuransi Kesehatan

Untuk visa pelajar (Student Visa), proses aplikasi berlangsung sekitar dua (2) – tiga (3) bulan. Student Visa yang didapatkan di Indonesia akan dikonversikan menjadi B Permit (semacam ID Card untuk siswa) dan berlaku sampai dengan durasi sekolah selesai.

Asuransi kesehatan wajib dimiliki oleh pelajar internasional yang berencana untuk tinggal di Swiss selama lebih dari tiga (3) bulan dan biasanya akan diurus oleh sekolah tempat mahasiswa akan menuntut ilmu.

  1. Akomodasi

Kebanyakan perguruan tinggi di Swiss memiliki Housing Office atau International Office yang dapat membantu pelajar menentukan pilihan akomodasi yang paling sesuai. Jenis-jenis akomodasi yang bisa Anda pilih adalah :

  • Akomodasi di dalam kampus (on-campus accommodation)

Akomodasi dalam kampus bisa dinikmati dengan harga spesial berkat subsidi dari universitas tempat Anda bersekolah. Ada universitas yang sudah menyertakan biaya akomodasi di dalam biaya uang sekolah.

Namun, perumahan bersubsidi ini jumlahnya terbatas sehingga Anda harus memesan jauh-jauh hari. Biaya akomodasi ini biasanya berkisar dari CHF 4.200 – CHF 5.850 per semester.

  • Akomodasi di luar kampus (off-campus accommodation)

Anda bisa memilih menyewa apartemen / flat atau homestay (tinggal bersama keluarga Swiss). Untuk apartemen / flat, ada baiknya untuk mencari tempat untuk berbagi biaya sekaligus memperluas perkenalan. Biaya apartemen/flat disesuaikan dengan fasilitas, kondisi, dan lokasinya. Harga berkisar dari CHF 1.050 hingga CHF 3.000 per bulan tergantung pilihan jenis kamar dan fasilitas.

Homestay adalah salah satu cara yang paling efektif untuk melatih bahasa Inggris dan mengenal  budaya dan adat istiadat Swiss. Biaya homestay ini berkisar antara CHF 130 – CHF 750 per minggu.

  1. Kerja Sambilan

Sesuai dengan peraturan pemerintah Swiss, pelajar internasional di luar negara EU 17 (European Union) / negara EFTA memerlukan work permit (izin kerja) untuk kerja sambilan yang akan diberikan setelah siswa tinggal selama enam (6) bulan di Swiss, kecuali jika kerja sambilan tersebut terkait erat dengan bidang studi yang dipelajari. Kerja sambilan dibatasi 15 jam per minggu selama perkuliahan dan penuh waktu selama libur semester.

Pelajar internasional yang lulus dari universitas di Swiss diperbolehkan tinggal dan mencari pekerjaan penuh waktu di Swiss selama enam (6) bulan sejak tanggal kelulusan mereka. Siswa perlu memperhatikan ketentuan kerja sambilan di masing-masing canton (semacam provinsi) di Swiss karena tidak semua canton memperbolehkan siswa untuk kerja sambilan.

  1. Tingkat Dasar

Sistem sekolah wajib biasanya mencakup pendidikan dasar dan juga pendidikan sekunder. Sebelum itu, anak-anak biasanya mengikuti taman kanak-kanak walaupun tidak wajib. Kelas dibagi berdasarkan bahasa yang mereka gunakan (Perancis, Jerman, atau Italia).

  1. Tingkat Menengah

Setelah Sekolah Dasar, pelajar akan dipisah sesuai dengan kemampuan dan minat karir di beberapa area (biasanya tiga (3)). Pelajar yang ingin bekerja di bidang akademik akan masuk ke sekolah tinggi (bernama Gymnasium atau Kantonsschule). Pelajar yang berniat mengejar profesi di perdagangan atau ingin langsung bekerja hanya perlu melengkapi tiga (3) tahun tambahan sebelum memasuki pendidikan kejuruan.

  1. Tingkat Tersier

Pendidikan tersier tergantung pada pendidikan yang dipilih di tingkat menengah. Untuk pelajar matura, universitas menjadi pilihan paling umum. Pelajar di sekolah menengah kejuruan akan sering menambahkan Fachhochschule atau Fachschule Hohere di kurikulum mereka.

Country Swiss map

Swiss memiliki luas sekitar 41.285 km2 atau sepertiga luas pulau Jawa. Negara ini dikelilingi oleh Perancis di sisi barat, Jerman di sisi utara, Italia di sisi selatan, serta Austria dan Liechtenstein di sisi timur yang merupakan kawasan wisata.

Swiss memiliki iklim maritim di mana saat musim panas, dataran rendah menjadi sejuk dan sedikit berawan. Selain itu, Swiss juga memiliki iklim Tundra di mana area di sekitar pegunungan Alpen memiliki suhu rendah dan salju.

Di beberapa kota bagian, iklimnya cenderung sejuk. Misalnya, ibukota negara Bern memiliki rata-rata suhu maksimum di bulan Juli 23,5oC dan minus 4,6oC di bulan Januari. Salju akan turun hampir di setiap bagian di Swiss ketika musim dingin.

Swiss berada di zona waktu divisi GMT +1 dimana ada perbedaan enam (6) jam lebih lambat dibandingkan WIB (Jakarta) pada saat musim dingin (akhir Oktober hingga akhir Maret). Swiss juga menjalankan sistem Daylight Saving Time (DST) yang memajukan waktu setempat satu (1) jam lebih cepat. Pada saat DST, Swiss berada pada zona waktu GMT +2 dimana ada perbedaan lima (5) jam lebih lambat dari WIB (Jakarta) selama musim panas.

Swiss memiliki empat (4) bahasa nasional yang digunakan sebagai bahasa sehari-hari, yaitu Jerman, Perancis, Italia, dan Romans dengan bahasa Inggris sebagai bahasa asing utama. Selain bahasa Inggris, Anda juga disarankan untuk mempelajari bahasa setempat untuk memudahkan Anda memahami kebudayaan di daerah tersebut. Masyarakat Swiss sangat menyambut dan menerima pendatang asing tanpa membedakan bahasa apa yang mereka gunakan.

Swiss memiliki sistem transportasi yang sangat teratur untuk mobilitasnya. Berlokasi di antara negara-negara Eropa, Swiss memiliki jalur kereta api yang padat, jalur antar kota, jalur gunung, jalur kendaraan bermotor, dan beberapa bandara internasional yang besar. Kereta api bisa digunakan untuk bepergian antar kota maupun antar negara. Anda dapat dengan mudah bepergian ke Jerman, Perancis, Austria, Italia, dan melanjutkan ke negara-negara Eropa lainnya.

Swiss juga memiliki bandara internasional yang sangat terkenal yaitu Euro Airport Basel-Mulhouse-Freiburg, yang terletak di daerah perbatasan antara Swiss, Perancis, dan Jerman.

Bentuk pemerintahan Swiss adalah Federasi Demokrasi Republik dengan beberapa partai politik. Kepemimpinan negara didasarkan pada kekuatan Dewan Federal Swiss yang terdiri dari satu (1) anggota dewan, Kanselir Federal, dan Administrator Pemerintah Federal.

Swiss tidak termasuk dalam gabungan Uni Eropa dan tidak menggunakan mata uang Euro sebagai mata uang nasional mereka melainkan Swiss Franc (CHF). Meskipun demikian, Swiss telah menjalankan Perjanjian Schengen mengenai kebebasan bermobilitas dan pintu terbuka bagi negara-negara tetangga yang tergabung dalam Uni Eropa sehingga semua orang dapat memasuki negara Swiss tanpa harus mendapatkan visa turis yang berbeda.

  1. The Castle of Chillon (berlokasi di dekat Montreux)
  2. Kebun anggur lavaux (berlokasi di tepi danau Jenewa)
  3. The Castles of Bellinzona (berlokasi di kanton Ticino selatan)
  4. The Abbey of St. Gallen
  5. The Matterhorn (berlokasi di Schwarzsee, Gornergrat)

  • Swiss adalah tempat kelahiran Palang Merah yang identik dengan logo bendera Swiss.
  • Swiss merupakan negara dengan tingkat harapan hidup kedua tertinggi di dunia setelah Swedia.
  • Swiss adalah negara yang sangat tepat waktu sehingga keterlambatan tidak bisa ditolerir.