Indonesia Pathway


Kuliah di Indonesia Pathway


Memiliki populasi sebanyak 250 juta penduduk, 17.000 pulau, lima (5) agama, 1.128 suku, Indonesia merupakan negara besar yang dengan tingkat ekonomi nomor satu (1) di Asia Tenggara dan nomor tiga (3) di Asia setelah China dan India (source: EIU).


Indonesia diakui oleh dunia sebagai negara demokratis yang akan terus berkembang dengan potensi kekayaan alam yang berlimpah dan lokasi pariwisata yang menawan. Pulau Bali merupakan tujuan pariwisata favorit di dunia selama lebih dari 10 tahun.


Kemajuan jaman dan globalisasi mendorong Indonesia untuk memiliki sumber daya manusia yang kompeten dan mampu bersaing dengan tenaga kerja  dari luar negeri. Hal ini dapat dicapai dengan peningkatan dalam bidang pendidikan yang menjadi sebuah fondasi dan tahap awal dari kemajuan sebuah negara.


Kualitas dan prestasi pelajar Indonesia sudah cukup dikenal di dunia, terbukti dengan pengalaman memenangkan berbagai kompetisi akademis taraf internasional seperti International Mathematic Olympiad (IMO), International Physics Olympiad (IPO), dan International Chemistry Olympiad (ICO), serta berbagai kompetisi akademis bertaraf internasional lainnya. Selain itu para pelajar Indonesia diwajibkan untuk mahir dalam ber-bahasa Inggris, berpikir secara kreatif dan inovatif yang didukung oleh kemampuan akademis. Salah satu solusi yang dapat diambil adalah dengan studi/kuliah keluar negeri.


Untuk menjawab kebutuhan tersebut, terdapat berbagai alternatif bagi para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri. Salah satunya adalah dengan menjalani kuliah selama satu (1) atau dua (2) tahun pertama dahulu di Indonesia yaitu dengan program Foundation, Diploma, ataupun University Transfer Program baru kemudian transfer dan melanjutkan S-1 di Amerika Serikat, Australia, dan Inggris, serta Singapura.

Sekarang ini terdapat banyak alternatif pilihan studi bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri. Salah satunya adalah dengan kuliah satu (1) atau dua (2) tahun pertama dahulu di Indonesia misalnya mengambil Foundation, Diploma, ataupun University Transfer Program baru kemudian transfer dan melanjutkan S-1 di Australia, UK, Singapore ataupun USA.

  1. Transisi ke Sistem Pendidikan Luar Negeri Lebih Mudah.

Kuliah satu (1) atau dua (2) tahun pertama di institusi Indonesia membantu pelajar untuk bertransisi lebih baik dari sistem pendidikan Indonesia ke pendidikan luar negeri. Institusi Pathway di Indonesia biasanya memiliki sistem belajar yang serupa dengan di negara asal, namun biasanya dalam kelas yang relatif lebih kecil sehingga interaksi antara dosen dan pelajar menjadi lebih intensif. Bahasa pengantar kuliah yang dipergunakan di institusi Indonesia semua menggunakan bahasa Inggris. Ini dimaksudkan agar pelajar terbiasa dan tidak kaget lagi ketika melanjutkan kuliah ke luar negeri. Adaptasi secara akademik diharapkan bisa lebih lancar karena pelajar masih berada di lingkungan dekat dengan keluarga dan teman.

  1. Kualitas Pendidikan yang Terjamin

Kurikulum yang diterapkan di institusi Indonesia memiliki standar dan kualitas pendidikan yang setara dengan institusi di luar negeri. Biasanya institusi yang menawarkan program Pathway di Indonesia telah memiliki partner universitas ataupun study lanjutannya. Program studi yang diajarkan relevan dan didesain agar bisa tertransfer penuh ke universitas di luar negeri. Begitu pula adanya kualitas pengajaran yang tinggi, staf akademik yang berkualitas, fasilitas belajar mengajar yang memadai dan student support services menjadi salah satu pertimbangan untuk memulai studi di Indonesia sebelum melanjutkan dengan studi di luar negeri.

  1. Menghemat Waktu dan Biaya

Dengan kuliah di Indonesia selama satu (1) – dua (2) tahun pertama, tentunya pelajar dapat menghemat biaya perjalanan sehari-hari dan biaya tinggal terutama bagi pelajar yang masih tinggal bersama keluarga. Begitu pula dengan penghematan di biaya kuliah karena program studi yang ditawarkan oleh beberapa institusi Indonesia memiliki kualitas pendidikan yang sama namun lebih murah dibanding program yang ditawarkan di institusi luar negeri. Biasanya, program Foundation dan Diploma masing-masing bisa diselesaikan dalam waktu delapan (8)  – 12 bulan saja, jadi total lama perkuliahan sampai selesai S-1 bisa kurang dari tiga (3) tahun bagi yang berminat untuk menyelesaikan di Australia ataupun Singapore. Sedangkan untuk UK dan USA biasanya program studi akan berlangsung selama total tiga (3) – empat (4) tahun.

*Partner List Updated by 1 August 2016

DEAKIN COLLEGE JAKARTA RAFFLES, INSTITUTE OF HIGHER EDUCATION JAKARTA
JIC – MONASH COLLEGE JAKARTA UNISADHUGUNA INTERNATIONAL COLLEGE (UIC)
JIC UK & USA PATHWAY UIC PATHWAY TO UTS
LASALLE SURABAYA UNIPREP

  • Arts
  • Business/Commerce
  • Design
  • Information Technology/Computing
  • Engineering
  • Mass Communication/Media Studies

[/wc_accordion_section]