on 1 March 2017

Elena Findeisen, Siswa University of Twente, Menciptakan Tenda yang Dilengkapi Panel Surya Untuk Para Pengungsi

Post By Anggi Safitri

Sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, University of Twente terus meraih prestasi yang membanggakan, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Baru-baru ini, seorang siswa dari universitas ini, Elena Findeisen, telah menciptakan tenda pengungsi yang dapat didirikan menggunakan pompa angin dan dilengkapi dengan panel surya.

Tenda ini dilengkapi dengan lampu LED, memiliki kapasitas untuk mengisi ulang perangkat elektronik, dan di masa depan panel surya ini akan siap untuk memberikan energi yang cukup untuk peralatan medis.


tenda-pengungsi-ini-dapat-didirikan-dengan-menggunakan-poma-angin-sumber-utwente-nl Elena Findeisen merancang tenda ini sebagai proyeknya dalam program Master di bidang Desain Industri. Elena yakin bahwa teknologi dan aplikasi baru dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap kualitas hidup manusia. Krisis pengungsi yang terjadi di Eropa memberinya ide untuk membuat tenda dengan panel surya ini. Ketika ia memulai proyek ini, krisis pengungsi tidak begitu serius seperti sekarang ini. Itulah sebabnya dia percaya bahwa dia telah menciptakan sebuah aplikasi yang penting untuk membantu krisis pengungsi ini.


tenda-ini-memiliki-lampu-led-dan-mampu-mengisi-ulang-baterai-alat-elektronik-sumber-utwente-nlElena Findeisen mengerjakan proyek ini bekerja sama dengan HyET Solar, sebuah perusahaan swasta yang mengembangkan dan memasarkan modul surya yang ringan dan fleksibel dengan bahan dasar silikon film tipis. Penelitian Elena berfokus pada penggunaan silikon amorf untuk panel surya, yang bentuknya sangat tipis, ringan dan fleksibel. Silikon ini biasanya digunakan untuk sel surya dan transistor film tipis dalam layar LCD. Produk ini dirancang untuk bertahan dari segala macam kondisi cuaca ekstrim dan masalah keamanan. HyET Solar juga memberikan jaminan bahwa silikon ini akan bertahan selama 20 tahun.


elena-findeisensiswa-university-of-twente-yang-menciptakan-tenda-tenaga-surya-untuk-pengungsi-sumber-utwente-nlO&H Concepts, sebuah agensi yang terletak di Hengelo, juga bermitra dengan Elena untuk merancang dan memproduksi tenda tersebut. Elena memfokuskan penelitiannya pada konstruksi atap dan penempatan panel surya. Tenda pengungsi ini berukuran 6 x 4 m dan atapnya dilengkapi dengan delapan (8) panel surya dengan total luas permukaan 7m². Tenda ini tidak memiliki bagian yang terbuat dari logam dan memakan waktu sekitar sepuluh menit untuk sepenuhnya mengembang. Bagian dalam tenda ini juga dapat dibagi menjadi kamar-kamar kecil yang dapat menampung maksimal 16 orang.


Elena Findeisen berusia dua puluh lima tahun. Ia adalah seorang siswa program Master di jurusan Teknik Desain Industri, yang mengkhususkan diri dalam Pengembangan Produk Berkelanjutan. Proyek yang dikerjakannya ini diawasi oleh Angele Reinders, profesor bidang Energi Desain Efisien di Fakultas Teknologi Rekayasa, University of Twente. University of Twente, salah satu universitas terbaik di dunia, adalah sebuah universitas riset internasional terkemuka di Eropa. Universitas ini menawarkan berbagai program akademik dan melakukan proyek-proyek penelitian yang bertujuan untuk menangani isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat.


University of Twente adalah salah satu universitas terbaik di dunia dan juga universitas inovatif yang mempersiapkan para pemuda untuk masa depan yang lebih baik. University of Twente memndapatkan peringkat di antara top 1% universitas terbaik di seluruh dunia. (SUN)

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10