on 19 March 2017

Faktor-Faktor Penolakan Visa Pelajar

Post By Neysya Rahma Kurniawati

Surat penerimaan dari universitas sudah diperoleh. Visa kuliah ke luar negeri sedang diproses. Baju dan perlengkapan lainnya sudah tersusun rapi di dalam koper, Kini kamu hanya tinggal menunggu mendapatkan visa tersebut dari kedutaan. Namun sayangnya kamu mendapat kabar bahwa visa ditolak sehingga kamu gagal berangkat di tanggal yang diinginkan. Apa yang membuat visa pelajar ditolak? Berikut hal-hal yang bisa menjadi faktor penolakan visa pelajar.


Baca Juga: 6 Tips Untuk Pengurusan Visa yang Lebih Efektif

Figure 1. Status finansial yang tidak baik. Sumber: ipvm.com
Figure 1. Status finansial yang tidak baik. Sumber: ipvm.com
  1. Status Finansial yang Tidak Baik

Ini adalah alasan yang paling sering dijumpai dalam kasus penolakan visa. Setiap negara memiliki peraturannya masing-masing dan terus berkembang. Pastikan kamu mengacu pada peraturan terkini dan sesuai dengan latar belakang yang kamu miliki. Jika kamu mendapatkan beasiswa, periksa apakah jenis beasiswa yang didapat merupakan beasiswa penuh (biaya kuliah dan biaya hidup) atau hanya beasiswa sebagian (mencakup sebagian atau hanya biaya kuliah atau biaya hidup) yang membantu mengetahui jika kamu perlu melampirkan bukti keuangan pribadi atau tidak.


  1. Kurang Persiapan Wawancara

Wawancara memang tidak selalu menjadi persyaratan wajib untuk proses visa pelajar di setiap negara. Namun ada baiknya untuk mengenali proses visa di negara tujuan sehingga jika dibutuhkan kamu sudah mengetahui beberapa fakta mengenai negara, kota, sekolah, atau universitas tujuan, dan program studi yang diambil.


Figure 2. Kemampuan bahasa Inggris yang kurang. Sumber: Freepik
Figure 2. Kemampuan bahasa Inggris yang kurang. Sumber: Freepik
  1. Kemampuan Bahasa Inggris yang Tidak Memadai

Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar yang populer digunakan di luar negeri. Setiap negara memiliki persyaratan nilai bahasa Inggris tertentu untuk setiap level pendidikan yang harus dipenuhi. Silakan mengacu pada peraturan negara yang dituju. Kemampuan berbahasa Inggris biasanya ditunjukkan melalui nilai IELTS™, TOEFL®, Pearson® Test, atau tes resmi lainnya yang ditentukan oleh negara masing-masing.


  1. Hasil Medical Chek-Up yang Tidak Baik

Beberapa negara memiliki ketentuan tersendiri terkait dengan jenis medical check-up yang dibutuhkan. Pastikan hasil medical check-up yang kamu miliki baik.


Baca Juga: Ingin Kuliah Sambil Kerja di Amerika? Cermati Dulu Jenis Visanya

Untuk membantu kamu dalam menyesuaikan antara peraturan visa negara yang dituju dengan latar belakang yang kamu miliki, silakan hubungi kantor SUN Education terdekat. (NRK)

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10