on 1 March 2017

Ingin Kuliah di Inggris Tapi Takut Mahal? 10 Kota Ini Membantu Menghemat Biaya (Bagian 1)

Post By Neysya Rahma Kurniawati

Kuliah di Inggris menjadi salah satu negara populer sebagai destinasi pendidikan siswa internasional. Ya, Inggris memiliki banyak universitas dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Namun, Inggris terutama ibukotanya London, termasuk sebagai salah satu negara dengan biaya hidup termahal di dunia sehingga kamu dengan biaya terbatas mungkin ingin berpikir ulang dalam menentukan negara tujuan.


Tidak usah takut, London bukanlah satu-satunya kota dengan universitas berkualitas di Inggris. Menurut 2016 Student Living Index yang dirilis di tahun 2016 oleh Natwest, ada 10 kota di Inggris dengan biaya lebih terjangkau yang bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin berkuliah di negara yang terkenal dengan jam BigBen-nya ini.


Baca Juga: Mendapat Pengalaman Kerja Sebagai Siswa Internasional di UK

Figured 1. Kota Portsmouth. Sumber: www.showcaseoutdoor.co.uk
Figured 1. Kota Portsmouth. Sumber: www.showcaseoutdoor.co.uk
  1. Portsmouth

Pendapatan rata-rata per term: £1,516.98

Biaya tempat tinggal (per minggu): £101.61

Biaya tagihan (per minggu): £12.93

Biaya jalan-jalan (per minggu): £7.42


Meskipun biaya tempat tinggalnya sedikit lebih mahal dibandingkan rata-rata biaya tempat tinggal di kota Inggris lainnya, namun siswa mendapatkan 25% jam lebih banyak untuk kerja paruh waktu. Meskipun jam bekerja lebih banyak, siswa masih memiliki waktu untuk bersosialisasi karena kota ini juga disebut sebagai salah satu kota paling sosial. University of Portsmouth merupakan salah satu universitas terbesar di kota ini.


  1. Liverpool

Pendapatan rata-rata per term: £1,425.01

Biaya tempat tinggal (per minggu): £99.35

Biaya tagihan (per minggu): £8.90

Biaya jalan-jalan (per minggu): £6.81


Permintaan untuk akomodasi di kota ini meningkat cepat. Liverpool adalah tempat yang ramah dan murah bagi siswa internasional dengan banyak kesempatan kerja paruh waktu. Kota ini memiliki dua (2) universitas yang terkenal yaitu University of Liverpool dan Liverpool John Moores University.


  1. Newcastle

Pendapatan rata-rata per term: £1,421.36

Biaya tempat tinggal (per minggu): £101.55

Biaya tagihan (per minggu): £9.05

Biaya jalan-jalan (per minggu): £7.81


Newcastle upon Tyne dikenal sebagai kota yang ramah dan hidup. Siswa bisa menikmati kehidupan malam yang ramai, fasilitas perbelanjaan yang fantastis dan standar hidup yang sangat baik dengan biaya yang relatif rendah. Dua (2) universitas terkenal di kota ini adalah Newcastle University dan Northumbria University.


Figured 2. Kota cantik Belfast. Sumber: flybe.com
Figured 2. Kota cantik Belfast. Sumber: flybe.com
  1. Belfast

Pendapatan rata-rata per term: £1,171.86

Biaya tempat tinggal (per minggu): £73.81

Biaya tagihan (per minggu): £10.77

Biaya jalan-jalan (per minggu): £7.84


Kota yang menjadi rumah bagi Belfast’s Queen University ini menjadi salah satu kota dengan biaya hidup terjangkau di Inggris. Belfast’s Queen University sendiri berlokasi di ‘Golden Mile’ dengan lokasi strategis yang berjarak tidak jauh dari bar, klub, restoran, dan pub. Kota ini juga memberikan kesempatan luas bagi siswa yang ingin bekerja paruh waktu.


  1. Exeter

Pendapatan rata-rata per term: £1,405.53

Biaya tempat tinggal (per minggu): £117.25

Biaya tagihan (per minggu): £8.48

Biaya jalan-jalan (per minggu): £6.59


Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Irlandia Adalah Pilihan Tepat Untuk Kuliah Di Luar Negeri

Kota yang terkenal dengan University of Exeter nya ini memancarkan kreativitas dengan sejumlah besar teater dan tempat pertunjukan musik yang menjadi salah satu alternatif hiburan bagi siswa. Siswa juga bisa berpartisipasi dengan kegiatan luar ruangan termasuk bersepeda dan kano atau menyusuri bangunan-bangunan kuno seperti Katedral Exeter.

Ingin tahun lima (5) kota dengan biaya terjangkau lainnya? Simak pembahasannya di Bagian 2 dari artikel ini. (NRK)

 

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10