on 1 March 2017

Ingin Kuliah di Inggris Tapi Takut Mahal? 10 Kota Ini Membantu Menghemat Biaya (Bagian 2)

Post By Neysya Rahma Kurniawati

Kuliah di Inggris, negara yang terkenal dengan aksen yang indah ini menjadi salah satu negara populer sebagai destinasi pendidikan siswa internasional. Ya, Inggris memiliki banyak universitas dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Inilah artikel bagian ke-2 yang menjabarkan 5 kota di Inggris yang sesuai dengan budget yang tidak terlalu besar.


Tidak usah takut, London bukanlah satu-satunya kota dengan universitas berkualitas di Inggris. Menurut 2016 Student Living Index yang dirilis di tahun 2016 oleh Natwest, ada total 10 kota di Inggris dengan biaya lebih terjangkau yang bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin berkuliah di negara yang terkenal dengan jam BigBen-nya ini.


Baca Juga: Ingin Kuliah di Inggris Tapi Takut Mahal? 10 Kota Ini Membantu Menghemat Biaya (Bagian 1)

Figured 1. Kota York. Sumber: wikipedia
Figured 1. Kota York. Sumber: wikipedia
  1. York

Pendapatan rata-rata per term: £1,357.38

Biaya tempat tinggal (per minggu): £113.92

Biaya tagihan (per minggu): £9.38

Biaya jalan-jalan (per minggu): £6.42


York adalah kota yang hidup dan ramah bagi siswa terutama siswa internasional. Kota yang dikenal dengan University of York ini adalah sebuah kota kontemporer, menawan dan menjadi ikon, serta dikenal akan sejarah dan warisan budaya yang kaya. Dengan populasi sekitar 200.000, kota ini cukup besar untuk terasa ramai, dan cukup kecil untuk menjadi kota yang ramah serta mudah untuk bersepeda dan berjalan-jalan.


  1. Cardiff

Pendapatan rata-rata per term: £1,136.52

Biaya tempat tinggal (per minggu): £81.47

Biaya tagihan (per minggu): £10.45

Biaya jalan-jalan (per minggu): £4.69


Rumah bagi Cardiff University ini menjadi salah satu pilihan kota dengan biaya hidup rendah. Transportasi umum yang ditawarkan tidak mahal dan kebanyakan siswa lebih memilih untuk bersepeda atau berjalan kaki sambil menikmati kota ini.


Figured 2. University of Nottingham. SUmber: University of Nottingham
Figured 2. University of Nottingham. Sumber: University of Nottingham
  1. Nottingham

Pendapatan rata-rata per term: £1,270.57

Biaya tempat tinggal (per minggu): £105.72

Biaya tagihan (per minggu): £6.52

Biaya jalan-jalan (per minggu): £7.36


Kota ini dikenal dengan kehidupan malan yang semarak dan fasilitas perbelanjaan yang baik. Transportasi umum seperti bus tidaklah mahal sehingga siswa bisa menjelajah kota dengan biaya terjangkau. University of Nottingham merupakan salah satu universitas terkemuka di kota ini.


  1. Birmingham

Pendapatan rata-rata per term: £1,284.29

Biaya tempat tinggal (per minggu): £104.62

Biaya tagihan (per minggu): £9.56

Biaya jalan-jalan (per minggu): £5.02


Kota yang merupakan kota pelajar terbesar kedua di Inggris ini menjadi rumah bagi Birmingham City University dan University of Birmingham. Dengan budaya kosmopolitan dan banyaknya restoran, teater, dan tempat pertunjukan musik membuat kota yang berbiaya terjangkau ini menjadi tempat yang cocok untuk tinggal dan belajar.


  1. Dundee

Pendapatan rata-rata per term: £1,319.89

Biaya tempat tinggal (per minggu): £94.49

Biaya tagihan (per minggu): £12.99

Biaya jalan-jalan (per minggu): £5.97


Kota yang menjadi rumah bagi University of Dundee ini juga menjadi rumah bagi perusahaan seperti DC Thomson, penerbit Press and Journal, the Beano, dan the Dandy. Kota ini juga berlokasi di Firth of Tay dan pegunungan (Highlands) yang dapat dijangkau dengan mudah untuk kegiatan outdoor.


Baca Juga: Tips Mengatasi Culture Shock Saat Kuliah di Luar Negeri

Dengan pilihan kota di luar London sebagai tujuan pendidikan kamu, kota mana yang akan kamu pilih? Untuk informasi lebih lanjut tentang kuliah di Inggris, silakan hubungi konselor kami di kantor SUN Education terdekat. (NRK).

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10