on 14 March 2017

Keuntungan Berkuliah di Community College

Post By Neysya Rahma Kurniawati

Istilah community college tidak terlalu dikenal luas di Indonesia sehingga banyak siswa Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah ke Amerika Serikat tidak mengetahui manfaat dari berkuliah di community college sebelum masuk ke universitas. Lalu apa saja keuntungannya?


Baca Juga: College Community: Jalur Menuju Universitas Top di California

Figured 1. Hemat Uang. Sumber: Freepik

Biaya lebih murah

Biaya kuliah yang tidak murah menjadi salah satu hal yang biasanya dipertimbangkan oleh banyak siswa. Biaya di universitas empat (4) tahun jauh lebih mahal dibandingkan dengan community college sehingga banyak yang memilih untuk berkuliah selama satu (1) atau dua (2) tahun pertama di community college untuk menghemat biaya.


Figured 2. Cascadia Community College. Sumber: Cascadia Community College

Akademik yang fleksibel

Siswa bisa lebih mudah beradaptasi dengan dunia perkuliahan dan belajar sesuai dengan kemampuan mereka. Selain itu pelajaran di community college biasanya lebih banyak berupa pelajaran dasar yang memberikan kesempatan pada siswa untuk memperdalam pengetahuan dan mengeksplorasi topik-topik baru tanpa perlu menambah biaya kuliah atau kredit semester.


Program transfer ke universitas

Banyak siswa yang memilih untuk mulai dari community college sebagai batu pijakan untuk bisa masuk ke universitas empat (4) tahun yang ternama. Beberapa community college bahkan memiliki program yang menjamin siswa masuk ke universitas empat (4) tahun jika memenuhi persyaratan masuk.


Figured 2. Kelas di Community College. Sumber: Freepik

Jumlah siswa yang tidak terlalu banyak

Universitas memiliki ribuan murid yang berarti siswa akan berbagi kelas dengan banyak mahasiswa lainnya sehingga dosen tidak bisa memberi perhatian penuh terhadap masing-masing siswa. Di community college, siswa akan lebih mendapatkan perhatian terhadap perkembangan akademik mereka karena ukuran kelas yang lebih kecil.


Dengan biaya yang jauh lebih terjangkau, community college bisa menjadi pilihan bagi siswa yang memiliki anggaran terbatas. Satu (1) atau dua (2) tahun di community college dan tiga (3) atau dua (2) tahun terakhir di universitas merupakan kombinasi yang sangat baik untuk menghemat anggaran.


Baca Juga: Community College – Mitos vs. Realitas

Community college juga membantu siswa dalam beradaptasi baik dengan kehidupan akademik dan kehidupan sehari-hari sebagai seorang mahasiswa pada saat kuliah di Amerika, dengan adanya staf yang siap membantu siswa internasional. Siswa juga bisa sekaligus mengasah kemampuan bahasa Inggris mereka sebagai dasar yang baik sebelum masuk ke universitas. (NRK)

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10