on 7 January 2017

Kuliah Sambil Kerja di Selandia Baru

Post By Neysya Rahma Kurniawati

Bekerja paruh waktu saat kuliah di luar negeri bisa menjadi cara yang baik untuk mendapatkan pengalaman kerja di Selandia Baru dan membantu siswa saat belajar di luar negeri. Selain pengalaman kerja, siswa juga akan mengembangkan keterampilan seperti komunikasi, kerja sama tim, ketepatan waktu, dan keterampilan interpersonal, serta kemampuan bahasa Inggris.


Figured 1. Bekerja paruh waktu sebagai mahasiswa. Sumber: freepik
Figured 1. Bekerja paruh waktu sebagai mahasiswa. Sumber: freepik

Pada saat ini, pelajar full time dapat bekerja part time 20 jam per minggu selama masa kuliah dan bekerja full time 40 jam selama masa liburan. Bahkan setelah lulus, pelajar internasional masih diperbolehkan bekerja selama satu (1) tahun.


Sebelum melakukan kerja sambilan, pelajar diharuskan mendapat ijin dari kantor imigrasi Selandia Baru, di mana ada biaya yang diperlukan untuk memperolehnya. Gaji yang didapatkan selama kerja sambilan sekitar NZD10 – NZD15 per jam.


Baca Juga: Apa Sih Keuntungan Magang sebagai Siswa Internasional?


Bekerja selama masa studi

Untuk bekerja hingga 20 jam per week, siswa harus memenuhi persyaratan tertentu. Persyaratan yang paling umum adalah:


  • Program studi yang diambil harus berdurasi minimal dua (2) tahun
  • Studi mengarah ke kualifikasi Selandia Baru yang mendapat poin di bawah Skilled Migrant Category
  • Siswa mengambil kursus bahasa Inggris yang memenuhi persyaratan dan disetujui oleh Imigrasi Selandia Baru.


Figured 2. Pengalaman kerja saat menjadi mahasiswa. Sumber: www.studyinnewzealand.govt.nz
Figured 2. Pengalaman kerja saat menjadi mahasiswa. Sumber: www.studyinnewzealand.govt.nz

Dalam kasus tertentu, beberapa siswa mungkin diperbolehkan untuk bekerja lebih dari 20 jam seminggu. Siswa program Master dan penelitian atau program Doktor di Selandia Baru dapat bekerja penuh waktu selama masa studi.


Bekerja selama masa liburan

Selama masa liburan, siswa yang memenuhi syarat dapat bekerja penuh waktu. Siswa dapat bekerja penuh waktu jika program yang diambil berdurasi satu (1) tahun akademik dan bernilai 120 kredit atau lebih.


Jika program yang diambil adalah program penuh waktu selama satu (1) tahun akademik namun bernilai kurang dari 120 kredit, siswa bisa bekerja penuh waktu selama libur Natal dan Tahun Baru.


Baca Juga: Kerja Sambilan di Australia


Selandia Baru memiliki berbagai jenis industri yang menawarkan kerja paruh waktu dan kerja lepas. Beberapa institusi pendidikan juga menawarkan pekerjaan paruh waktu seperti mengajar, memberi bimbingan belajar, atau tugas administrasi.


Magang berbayar adalah cara untuk mendapatkan pengalaman kerja dan memperluas jaringan di bidang yang berkaitan dengan program studi yang diambil. Melakukan pekerjaan sukarela juga bisa memberi nilai tambah dalam CV.


Artikel ini disadur dari http://nzstudywork.immigration.govt.nz/work-rules-for-students/working-on-a-student-visa/

(NRK)

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10