on 25 July 2016

Kuliah Sambil Kerja? Pertimbangkan Dulu Untung Ruginya

Post By Neysya Rahma Kurniawati

Kuliah sambil kerja menjadi pilihan banyak mahasiswa terutama yang melanjutkan studi di luar negeri. Beberapa negara memberikan kesempatan pada siswa internasional untuk melakukan kerja paruh waktu. Kesempatan ini tentu menarik bagi siswa baik dalam segi keuangan maupun pengalaman. Namun, sebelum membuat keputusan untuk bekerja paruh waktu, ada baiknya siswa mengetahui untung ruginya.


Keuntungan:


cash
Figure 1. Uang tambahan dari kerja sambilan. Sumber: seanseahsg.com

1. Uang Tambahan
Ini biasanya merupakan alasan pertama bagi siswa yang melakukan kerja sambilan. Pemasukan tambahan ini dapat membantu siswa baik dalam mebantu pembiayaan kuliah maupun biaya hidup sehari-hari.


2. Pengalaman Kerja
Pengalaman kerja ini bisa menjadi niali tambah bagi mahasiswa setelah lulus terutama bila mereka mendaptkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang studi yang dipelajari.


parrt-time-working
Figure 2. Mengatur Waktu. Sumber: jobsearchingexpert.com

3. Hidup Seimbang
Dengan melakukan kerja sambilan saat kuliah, siswa akan lebih mudah membagi waktunya antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.


4. Budaya
Bekerja paruh waktu memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih mudah beradaptasi dengan berbaur dan bertemu masyarakat lokal yang mempermudah mereka belajar mengenai budaya dan bahasa setempat.


Kerugian:


1. Kendala Waktu
Pembagian waktu untuk belajar dan bekerja bisa membebani siswa jika tidak diatur dengan seimbang. Hal ini bisa berpengaruh pada hasil studi yang merupakan hal yang lebih penting bagi siswa.


work-while-studying
Figure 3. Pekerjaan yang tidak sesuai. Sumber: cmuniversity.org

2. Pekerjaan Tidak Sesuai
Tidak semua pekerjaan berguna untuk ditaruh di dalam CV. Pekerjaan yang dilakukan haruslah sesuai dengan bidang studi yang dipelajari agar pengalaman yang diperoleh bisa digunakan berguna setelah lulus nantinya. Namun, mencari pekerjaan paruh waktu yang sesuai jurusan tidak mudah sehingga siswa biasanya melakukan pekerjaan yang tidak memiliki hubungan dengan bidang studi yang dipelajari.


3. Hidup Tidak Seimbang
Meskipun nantinya siswa bisa memiliki hidup seimbang, mereka harus membiasakan diri selama masa kuliah. Tidaklah mudah membagi waktu antara pekerjaan dan kehidupan sebagai mahasiswa. Meskipun pekerjaan paruh waktu tidak terlalu emmakan waktu, namun rutinitas sebagai mahasiswa sudah cukup mengambil waktu mereka.


Jika Anda ingin kuliah sambil bekerja paruh waktu, pastikan Anda bisa mengatur waktu dan keuangan dengan baik sehingga pekerjaan paruh waktu tidak menjadi beban yang mempengaruhi studi. (NRK)

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10