on 21 December 2016

Mengenal Kebudayaan dan Kebiasaan di Inggris (Bagian 1)

Post By Neysya Rahma Kurniawati

Untuk menghindari gegar budaya atau culture shock, para calon mahasiswa internasional yang kuliah di UK, wajib mencari tahu informasi mengenai negara dan kota tujuan mereka. Inggris memiliki budaya dan sejarah yang kental serta kebiasaan sehingga mengenali budaya dan kebiasaan mereka dapat membantu resiko gegar budaya dan beradaptasi dengan lebih mudah.


Figure 1. Kehidupan kampus di Inggris. Sumber: University of Bristol
Figure 1. Kehidupan kampus di Inggris. Sumber: University of Bristol

Kehidupan Kampus


Kehidupan di kampus biasanya cukup santai dan informal di mana siswa bisa berbincang hangat dengan para staf kampus baik mengenai masalah akademik maupun non-akademik. Meskipun tidak semua professor bersikap ramah dan terbuka, kamu tetap akan menikmati perbincangan dengan profesor lainnya. Kamu juga bisa mengunjungi layanan dukungan bagi mahasiswa internasional dan bergabung dengan kelompok mahasiswa baik dari negara asal maupun lainnya.


Baca Juga: Tips Untuk Mendapatkan Pengalaman Studi yang Menakjubkan di Inggris

Bertemu dan Bersosialisasi


Masyarakat Inggris terkadang lebih suka jabat tangan yang sedikit formal dengan kontak mata. Selain itu bertanya mengenai usia dan keuangan merupakan hal yang dianggap tidak sopan, jadi bicarakan hal lain seperti kabar ataupun cuaca. Meskipun pada awalnya masyarakat Inggris tampak tidak ramah, namun mereka akan menjadi lebih hangat saat kamu sudah terbiasa dan mengenal mereka.


Figure 2. Tata cara makan continental. Sumber: haivuong.com
Figure 2. Tata cara makan continental. Sumber: haivuong.com

Tata Cara Makan


Tata cara makan di Inggris yaitu tata cara kontinental yaitu garpu di sebelah kiri dan pisau di sebelah kanan. Setelah selesai makan, letakkan kedua peralatan makan tersebut secara berdampingan di sebelah kanan bawah di atas piring. Namun, tradisi ini tidak banyak digunakan jika kamu lebih memilih makan di kafe, restoran-restoran kecil, ataupun di tempat makan non-Inggris yang tidak memerlukan peralatan makan.


Figure 3. Olahraga di Inggris. Sumber: blueworldgardener.co.uk
Figure 3. Olahraga di Inggris. Sumber: blueworldgardener.co.uk

Olahraga


Jika berbicara tentang Inggris, penggila olahraga akan langsung menyebutkan nama-nama klub sepak bola terkenal di Inggris. Masyarakat Inggris memang mencintai olahraga terutama sepak bola. Mereka umumnya memiliki tim favorit masing-masing dan memenuhi stadium, pub, ataupun rumah mereka untuk menonton bersama. Selain sepak bola, olah raga lain yang juga terkenal di Inggris seperti rugby, pacu kuda, tinju, cricket, dan atletik.


Baca Juga: Mendapat Pengalaman Kerja Sebagai Siswa Internasional di UK

Inggris juga banyak memiliki taman yang bisa digunakan untuk lari. Universitas-universitas menawarkan fasilitas olah raga dan klub mulai dari sepak bola hingga tari perut. Kamu juga bisa berpetualang menaiki pegunungan di Inggris seperti Mount Snowdon di Wales Utara.


Budaya dan kebiasaan masyarakat Inggris dalam berpakaian, hiburan, berakhir pekan, dan beretiket akan dibahas di bagian 2. (NRK)

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10