on 18 March 2017

Program Animation: Bebaskan Imajinasimu

Post By Neysya Rahma Kurniawati

Masih ingat dengan salah satu animasi tersukses di tahun 2016 Moana? Film yang mengangkat kisah masyarakat Polynesia yang diciptakan oleh Disney ini mengundang decak kagum dengan desain animasinya yang mengagumkan.

Figured 1. Moana. Sumber: Disney
Figured 1. Moana. Sumber: Disney


Baca Juga: Apakah Film Bisa Membantu Memilih Jurusan?

Tidak hanya Disney, Pixar dan DreamWorks juga merupakan dua (2) studio animasi terkemuka yang menerbitkan film animasi yang terkenal. Selain film, animasi pun digunakan di berbagai game komputer terkenal seperti GTA V, The Last of Us, Battlefield, dan lainnya.


Figured 2. Animation di RMIT. Sumber: RMIT
Figured 2. Animation di RMIT. Sumber: RMIT

Dibalik film animasi dan game komputer tersebut, ada orang-orang bertangan dingin yang tentunya memiliki keahlian dan ketelitian yang sangat baik. Untuk siswa yang berminat dengan dunia animasi, jurusan animasi disediakan oleh universitas-universitas terkemuka seperti University of West-England di UK, Southern New Hampshire University,  Florida International University , dan Academy of Art University di USA, serta RMIT dan UTS di Australia.


Untuk memasuki jurusan animasi, minat yang kuat dalam menggambar dan seni, imajinasi yang luas, serta teknologi komputer sangat direkomendasikan. Pelajaran inti yang biasanya diajarkan meliputi dasar animasi dan prinsip desain, animasi 2D dan 3D, modeling lanjutan, produksi studio dan teknik studio, life drawing, tekstur dan pencahayaan, dan digital imaging. Selain itu, siswa juga akan diajarkan mengenai storytelling dan scriptwriting, desain dan pengembangan karakter, storyboarding, desain dan gambar untuk animasi, dan teknik kamera dan pencahayaan.


Figrued 3. Tugas seorang modeller. Sumber: awn.com
Figrued 3. Tugas seorang modeller. Sumber: awn.com

Ada beberapa karir di bidang animasi 3D yang tersedia bagi para lulusan jurusan animasi seperti animator (bertugas memberi keyframe untuk menghidupkan karakter), modeler (bertugas membuat semua hal di dalam animasi menjadi model 3D), texture artists (bertugas memberi tekstur sehingga terlihat seperti asli), dan lighting people (bertugas menentukan posisi cahaya dalam animasi). Selain itu, para lulusan bisa memilih menjadi illustrator (bertugas membuat ilustrasi), concept and composite artist (bertugas membuat konsep dan menyusun konsep tersebut). dan banyak lainnya.


Baca Juga: Daftar Art and Design di Huddersfield ISC Kini Tanpa Portofolio

Tertarik dengan jurusan kuliah yang satu ini? Konselor SUN Education bisa membantumu dalam menemukan universitas yang tepat serta memberi bantuan dari proses pendaftaran hingga pengurusan penjemputan di bandara negara tujuan. Jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan hubungi konselor kami di kantor SUN Education terdekat. (NRK)

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10