on 1 March 2017

Sekolah Pascasarjana? Belanda Saja

Post By admin

Belanda merupakan salah satu negara populer di Eropa sebagai tujuan pendidikan bagi siswa Indonesia. Kualitas pendidikannya yang tinggi merupakan salah satu alasan banyaknya siswa internasional yang tertarik belajar di Belanda. Ada sekitar 1,200 pelajar Indonesia yang memilih untuk melanjutkan studi di negara kincir angin ini.


Negara ini juga menyediakan lebih dari 2,100 pogram internasional yang dibawakan seluruhnya dalam bahasa Inggris. Bahasa sehari-hari pun bisa menggunakan bahasa Inggris yang merupakan bahasa kedua di Belanda.

Mahasiswa Universitas Stenden belajar bersama di perpustakaan. Sumber foto: UniversityofStenden
Mahasiswa Universitas Stenden belajar bersama di perpustakaan. Sumber foto: UniversityofStenden


Program Pascasarjana S2 / Master di Belanda biasanya berlangsung sekitar satu (1) tahun (60 kredit), namun ada beberapa dengan durasi yang lebih lama, mulai dari 1,5 tahun hingga empat (4) tahun (90-240 kredit). Ada dua (2) jenis universitas di Belanda yaitu universitas riset (Research University) dan universitas ilmu terapan (University of Applied Sciences).

Kampus Twente: http://www.vexpan.nl/nieuws/gastdocenten-gezocht-voor-de-universiteit-twente/
Kampus Twente: http://www.vexpan.nl/nieuws/gastdocenten-gezocht-voor-de-universiteit-twente/


Program Master di universitas riset bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan analitis yang dibutuhkan pada level Pascasarjana sehingga siswa dapat melakukan riset independen baik di bidang yang spesifik maupun di bidang multidisiplin. Sedangkan program Master di universitas ilmu terapan membantu meningkatkan  pengetahuan dan keahlian profesional siswa Pascasarjana. Programnya berfokus dalam meningkatkan kompetensi profesional siswa, kemampuan klinis dan analitis, serta mempersiapkan siswa untuk posisi manajerial dan kepemimpinan di bidang-bidang tertentu.

Saxion: http://www.eurogates.nl/universities/saxion-university-applied-sciences/
Saxion: http://www.eurogates.nl/universities/saxion-university-applied-sciences/


Pada tahun 2014, ada sebelas kampus yang termasuk dalam top 200 universitas terbaik di dunia oleh Times Higher Education. Salah satunya adalah University of Twente yang termasuk dalam peringkat top 200 dunia menurut QS World Ranking. Universitas ini terkenal dalam bidang ICT (Teknologi Informasi dan Komunikasi),  bioteknologi, dan nanoteknologi.


Universitas besar lainnya di Belanda adalah Saxion University of Applied Sciences yang telah berdiri sejak tahun 1875. Universitas ini menempati peringkat sembilan (9) pada tahun 2015 untuk University of Applied Sciences oleh The Keuzegids.  Program yang ditawarkan pun beragam seperti Business, Art, Engineering Hospitality, Gaming, Human Resources, Law, dan lainnya.

Stenden: http://www.masterstudies.com/universities/Netherlands/Stenden-Sciences/
Stenden: http://www.masterstudies.com/universities/Netherlands/Stenden-Sciences/


Selain kedua universitas di atas, salah satu pilihan universitas di Belanda adalah Stenden University of Applied Sciences yang memiliki beberapa sekolah di luar negeri. Universitas ini menempati peringkat sepuluh untuk University of Applied Sciences di Belanda oleh The Keuzegids, hanya satu peringkat di bawah Saxion. Stenden memiliki tiga (3) kampus di Belanda dan empat (4) kampus di negara lain yaitu Bali, Afrika Selatan, Qatar, dan Thailand. Jurusan yang paling populer di Stenden adalah bisnis dan perhotelan.


Tertarik? Kunjungi website University of Twente, Saxion University of Applied Sciences, dan Stenden University of Applied Sciences untuk informasi lebih lanjut mengenai berbagai program yang tersedia. Untuk bantuan dalam mendaftar untuk belajar ke luar negeri, silakan hubungi kantor SUN Education terdekat. (SUN)

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10