on 28 April 2014

Mudahkah Cari Makanan Halal di Australia & New Zealand?

Post By admin

Halal

Itu mungkin hal pertama yang timbul di pikiranmu ketika kamu berpikir tentang studi di Australia atau New Zealand.

Menjadi warga negara dengan 88,2% dari total populasi adalah penganut agama Muslim; orang Indonesia sama sekali tidak memiliki masalah saat mencari produk atau bahan makanan halal.  Pemerintah Indonesia telah menempatkan peraturan ketat atas standar sertifikasi halal bagi produsen ternak dan distributor serta restoran. Namun, ketika kita melangkah keluar ke negara-negara non-Muslim, kita perlu mengetahui penerapan sertifikasi halal di sana.

Di negara-negara seperti di Australia dan New Zealand di mana umat Islam hanya sejumlah kurang dari 2% dari total penduduk, sertifikasi halal diterapkan, namun masih sukar untuk diidentifikasi karena secara visual kadang tidak terlihat berbeda. Sebagai contoh, tidak semua daging yang dijual di supermarket di Australia dan New Zealand disiapkan sesuai dengan ritual keagamaan hukum Syariah dan produk tertentu mungkin mengandung bahan-bahan yang biasa digunakan oleh penduduk lokal seperti alkohol atau produk dari binatang terlarang. Dengan kata lain, Anda perlu tahu apa yang harus dicari dan apa yang harus dihindari ketika mendapatkan produk dan bahan masakan.

Anda mungkin ingin mengetahui skema sertifikasi halal di Australia dan New Zealand.

Halal GroceriesTapi jangan khawatir. Selain sertfikasi halal pada produk dan restoran yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Halal, dan website seperti Zabihah.com yang menyediakan data produk-produk supermarket dan restoran bersertifikasi halal di seluruh Australia dan New Zealand, ada kode global Halal Status E-Codes atau E-Numbers yang tertera di produk di rak-rak supermarket. Menurut Wikipedia, beberapa negara menggunakan kode ini pada produk. Negara-negara itu adalah:

• Negara-negara Uni Eropa – termasuk Austria , Belgia , Bulgaria , Siprus , Republik Ceko , Denmark , Estonia , Finlandia, Perancis , Jerman , Yunani, Hungaria , Irlandia , Italia , Latvia , Lithuania , Luksemburg , Malta , Belanda , Polandia , Portugal , Rumania , Slowakia , Slovenia , Spanyol , Swedia , United Kingdom

• Arab Serikat Teluk – termasuk Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab

• Australia

• New Zealand

• Israel

The E-Codes mengkategorikan makanan dan bahan menjadi 4: Halal, Depends, Musbooh, dan Haram yang berarti:

• Halal. Status halal tidak diragukan.

• Tergantung. Jika dibuat dari tanaman atau mineral, maka bahan itu halal. Jika dibuat dari hewan, kemungkinan tidak halal karena kemungkinan besar tidak disiapkan sesuai dengan hukum Syariah.

• Musbooh – Status halal diragukan. Hindari produk yang mengandung angka-angka ini.

• Haram – Jelas berarti haram.

Halal FoodGuidedways.com memuat daftar e-code dan bahan-bahan halal termasuk memuat daftar yang dapat dibuka di ponsel. Namun jika memiliki salinan e-code berukuran sesuai ukuran dompet, Anda akan lebih mudah mengecek barang yang akan Anda beli di supermarket. Adlan Khalidi telah merancang e-code itu dalam sebuah table yang efisien, klik di sini.

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10