on 1 March 2017

Tips Untuk Mendapatkan Pengalaman Studi yang Menakjubkan di Inggris

Post By Neysya Rahma Kurniawati

Kuliah di Inggris tentunya menjadi salah satu pengalaman yang menarik bagi siswa internasional. Inggris memang menawarkan kualitas pendidikan yang sangat baik, pemandangan yang indah, kekayaan budaya dan sejarah, multikulturalisme, dan banyak hal lainnya yang akan menjadi bagian dari pengalaman belajar.


Meskipun kamu telah mempersiapkan segala hal dalam menghadapi perbedaan budaya dan hidup mandiri, ada kalanya semua hal baru membuat kamu mengalami gegar budaya dan tidak dapat menikmati pengalaman ini sepenuhnya. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk dapat membuat pengalaman belajar kamu menjadi lebih menakjubkan?


Baca Juga: Ingin Kuliah di Inggris Tapi Takut Mahal? 10 Kota Ini Membantu Menghemat Biaya (Bagian 1)

Figure 1. Terlibat dalam kegiatan sosial. Sumber: University of Michigan
Figure 1. Terlibat dalam kegiatan sosial. Sumber: University of Michigan
  1. Terlibat dalam kehidupan sosial


Belajar memang tujuan utama namun menikmati kehidupan sosial di negara baru juga penting. Ikuti perkumpulan mahasiswa, klub, atau kegiatan kampus lainnya yang memberi kamu kesempatan berkenalan dan memperluas pertemanan dengan berbagai mahasiswa dari berbagai jurusan dan negara termasuk siswa lokal. Siswa lokal dapat membantumu mengenal negara dan kota tempat kamu berada dengan lebih baik dan siswa internasional bisa menjadi teman berbagi saran atau cerita dalam menghadapi kesulitan sebagai siswa internasional. Mereka juga bisa menjadi teman bertualang menelusuri dalam ataupun luar kota.


Figure 2. Bepergian dan bertualang. Sumber: toptraveldestinationdeals.com
Figure 2. Bepergian dan bertualang. Sumber: toptraveldestinationdeals.com
  1. Bepergian


Kamu berada di salah satu negara dengan budaya dan sejarah yang kental serta benua yang bisa kamu kunjungi dengan kereta dan ferry. Ambil kesempatan ini untuk mengunjungi berbagai negara di Eropa atau bertualang mengunjungi kota-kota di Inggris. Gunakan waktu libur mu mengunjungi negara-negara Eropa seperti Belanda, Jerman, Swiss, dan Perancis. Bepergian ke tempat baru ini bisa membantumu melepas stres setelah belajar.


  1. Menikmati perubahan


Beristirahat setelah seharian belajar juga penting. Ini juga akan membantumu merasa lebih segar dan siap untuk kembali belajar. Sistem belajar yang berbeda bisa membuat seseorang tidak siap dan kewalahan. Kamu dituntut untuk belajar sendiri dan pengetahuanmu akan diuji nantinya berbentuk ujian atau esai. Jangan biarkan perbedaan ini membuat pengalamanmu menjadi tidak baik, lebih baik nikmati perubahan yang ada.


Banyak mahasiswa internasional yang sibuk membandingkan harga dalam Poundsterling dengan harga dalam mata uang negara asal mereka. Tinggal di Inggris memang mahal terutama jika kamu tidak tahu cara berhemat. Memusingkan hal ini juga tidak memberi sesuatu yang positif pada pengalaman belajar kamu.


Figure 3. Menelusuri semua tempat. Sumber: aiesecnycexchangeblog
Figure 3. Menelusuri semua tempat. Sumber: aiesecnycexchangeblog
  1. Coba hal-hal baru


Makanan yang berbeda tentu merupakan tantangan tersendiri bagi mahasiswa internasional. Ini kesempatanmu untuk menikmati penganan khas Inggris ataupun makanan lainnya yang ditawarkan oleh negara yang terkenal dengan aksen British yang indah ini. Ikuti tradisi minum teh di Inggris, coba jajanan baru, cari fish and chips yang terbaik, nikmati kari di berbagai restoran.


Baca Juga: Mendapat Pengalaman Kerja Sebagai Siswa Internasional di UK

  1. Jadi seorang turis


Simpan memori belajar di luar negeri dengan mengambil foto di tempat-tempat ikonik di Inggris. Kamu juga bisa membuat blog dan berbagi pengalaman belajar dan bepergianmu dengan jutaan orang lainnya yang bisa saja juga berencana untuk mengunjungi Inggris sehingga secara tidak langsung kamu membantu mereka. (NRK)

Please rate this

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10