7 Alasan Kenapa Irlandia Adalah Pilihan Tepat Untuk Kuliah di Luar Negeri
11 November 2016
Parents Seminar: Mendampingi Anak Mencapai Keterampilan Abad 21
12 November 2016

5 Tips Sederhana Agar Fasih Berbicara Bahasa Inggris

Meskipun menjadi fasih dalam berbicara bahasa Inggris tidaklah mudah bagi kita yang terbiasa berbicara menggunakan bahasa Indonesia, Jangan kuatir, tim pengajar di SUN English telah menyusun 5 tips sederhana untuk membantumu menguasai teknik berbicara bahasa Inggris dengan lebih baik.


speak-english-fluently-and-effectively

Figure 1. Ucapkan dengan penuh percaya diri. Sumber: Freepik

  1. Perspektif Berbeda

Hentikan pikiran bahwa kamu adalah seseorang yang belajar bahasa Inggris dan mulailah berpikir bahwa kamu adalah seorang yang berbicara dalam bahasa Inggris. Ini akan membantu memberikan kepercayaan diri dan membantu menggunakan bahasa Inggris yang telah kamu pelajari dengan lebih efektif.


Kamu juga harus mulai berpikir dalam bahasa Inggris, misalnya saat kamu memikirkan kata “meja” kamu akan memikirkan kata tersebut dalam bahasa Inggris. Ada baiknya untuk memulai memikirikan sesuatu dalam bahasa Inggris.


Baca Juga: Tips IELTS Skor Tinggi Bag.1


  1. Grammar Bukanlah Segalanya

Grammar yang baik memang diperlukan, namun grammar  akan membuat kamu bingung dan tidak percaya diri saat berbicara dalam bahasa Inggris. Kamu akan menghabiskan waktu berpikir tentang susunan kalimat yang baik daripada langsung mengucapkannya seperti seorang penutur asli. Tingkatkan kepercayaan dirimu dan mulailah berbicara dan berpikir dalam bahasa Inggris.


  1. Pelajari Frasa

Meskipun kosakata yang kamu miliki banyak, kamu juga harus mengerti bagaimana memasukkan kata tersebut ke dalam kalimat. Jika kamu mengetahui 1000 kata, kamu mungkin tidak bisa mengucapkan satu kalimat yang benar. Namun jika kamu tahu satu frasa, kamu bisa menyebutkan banyak kalimat dengan benar. Jadi, pelajari lebih banyak frasa dan cara pengucapannya.


Figured 2. Jangan menerjemahkan. Sumber: www.wpexplorer.com

Figure 2. Jangan menerjemahkan. Sumber: www.wpexplorer.com

  1. Jangan Diterjemahkan

Tata bahasa Indonesia dan bahasa Inggris berbeda sehingga ketika kamu menerjemahkan kalimat dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris kata per kata akan membuat suatu kalimat yang salah. Jadi, seperti tips nomor 3, pelajari lebih banyak frasa dan kalimat sehingga kamu tidak perlu menerjemahkan yang ingin kamu ucapkan.


Figured 3. Berlatih setiap hari. Sumber: www.speaktoday.com

Figure 3. Berlatih setiap hari. Sumber: www.speaktoday.com

  1. Berlatih Berbicara

Mungkin kamu sudah membaca dan mendengarkan semua hal berbahasa Inggris, namun tidak akan ada gunanya jika kamu tidak langsung melatih kemampuan berbicara setiap hari. Cari teman yang juga ingin melatih kemampuan berbicara mereka atau yang sudah fasih ataupun penutur asli bahasa Inggris untuk menjadi lawan berbicaramu.


Baca Juga: Tips IELTS Skor Tinggi Bag.2


Tingkatkan kepercayaan dirimu saat berbicara dalam bahasa Inggris. Minta teman atau tutormu untuk sesekali memberi koreksi agar kamu tahu cara berbicara yang lebih benar. Selain itu, untuk les bahasa Inggris dan memperlancar kemampuan berbahasa Inggris, hubungi kantor SUN English di (62-21) 4585 5238(NRK)

 

Tinggalkan Balasan