Tips Bagi Orang Tua Yang Anaknya Kuliah di Luar Negeri
Tips For Parents
12 Agustus 2013
Berkarir Bersama SUN Education Group
Bergabung bersama SUN English – Lowongan pekerjaan
15 Agustus 2013

Bidang Studi Spesifik, Unik atau Baru?

Bidang Studi Spesifik, Unik atau Baru?

Bidang Studi Spesifik, Unik atau Baru?

Mengapa anda harus mempertimbangkan Bidang Studi Spesifik, Unik atau Baru?

Kemajuan keilmuan pengetahuan memberikan kesempatan yang luas bagi pelajar untuk menguasai ilmu-ilmu baru tersebut dan menyumbangkan keahliannya bagi kemakmuran umat manusia serta sekaligus menciptakan peluang karir yang berdaya-saing tinggi bagi dirinya sendiri.
Beberapa alasan mengapa para pelajar belum mempertimbangkan untuk mempelajari bidang keilmuan baru, spesifik dan unik adalah: ketidaktahuan mahasiswa/i tentang ketersediaan bidang-bidang baru tersebut, belum tersedianya jurusan-jurusan itu di dalam negeri dan mungkin belum menyadari akan prospek karirnya atau bahkan hanya sekedar mengikuti jejak saudara/teman.

Dibawah ini kami sari – sarikan beberapa Bidang Studi menarik yang Unik dan Spesifik, semoga mampu memberikan wawasan baru dan menarik anda untuk mempelajarinya lebih jauh.

Happy reading!

Actuarial Studies

specific and unique field of studies

specific and unique field of studies

Aktuaria sering dikaitkan dengan Investasi dan Valuasi asset (Investment and Valuation), Risk Management, Asuransi dan Dana Pensiun karena tugas seorang aktuaris memang menghitung secara rinci segala resiko yang berkenaan dengan investasi dan resiko keuangan yang mungkin muncul karena kegiatan ekonomi. Pekerjaan seorang aktuaris tidak akan jauh dari urusan prediksi kalkulasi dan perumusan angka keuntungan dan kerugian atas segala kemungkinan yang akan terjadi pada masa depan, maka itu tugas utama mereka disebut Managing Uncertainty. Aktuaris meramal dan merumuskan masalah keuangan dengan pendekatan matematis dan statistik dan dapat dipertanggungjawabkan dengan rasio dan angka.
Karir Aktuaris menduduki salah satu dari 10 profesi termahal di Amerika. Aktuaris di Indonesia belumlah begitu banyak walau diperlukan di banyak sektor seperti perbankan, perusahaan investasi atau penanaman modal, asuransi, badan-badan keuangan, konsultan keuangan, perumus kontrak, perencana keuangan, dll.

Untuk menjadi aktuaris, ada beberapa tahap yang diisyaratkan yaitu lulus ujian mata kuliah yang disyaratkan oleh Ikatan Aktuaris Indonesia untuk tahap Ajun Aktuaris dan Aktuaris seperti probabilitas, statistik, teori ekonomi, dasar akuntansi, matematika asuransi, selisi resiko, asuransi jiwa dan sebagainya.

Jika siswa cakap dalam matematika dan statistik, siswa harus memperhitungkan profesi aktuaris yang makin langka di tengah-tengah profesi lain yang mulai jenuh. Tentu saja dengan gaji yang menjanjikan.

Sumber : Artikel ini ditulis oleh Macquarie University, Sydney, Australia (CRICOS Provider Code 00002J)

Applied Finance

Jurusan keuangan terapan ini memberikan kesempatan kepada pelajar untuk menjadi tenaga ahli dalam bidang keuangan dengan spesialisasi yang sangat khusus dan terarah seperti Funds Management, Risk Management, Corporate Finance dan Investment and Valuation.

Bidang-bidang keahlian yang bisa diperoleh dengan mempelajari keuangan terapan ini antara lain : Investment Markets and Portfolios, Hedge Funds, Mergers and Acquisitions (M&A), Credit and Lending, Financial Risk Management, Cash Flow Structuring, Corporate, Treasury Management, Derivatives Valuation, Equity Capital Market, Negotiation Finance, Managing Shareholder Value, dll.

Sumber: Artikel ini dikumpulkan dan dirangkum oleh SUN Education Group

Islamic Banking & Finance

bidang studi unik -1

Islamic Banking & Finance adalah pelajaran mengenai Perbankan syariah, yaitu perbankan atau kegiatan perbankan yang konsisten dengan prinsip-prinsip hukum syariah dan aplikasi praktisnya melalui pengembangan ekonomi Islam. Syariah melarang pembayaran tetap atau mengambang atau penerimaan kepentingan tertentu atau biaya (riba) untuk pinjaman uang. Investasi dalam bisnis yang menyediakan barang atau jasa yang dianggap bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam juga haram. Meskipun prinsip-prinsip ini telah diterapkan dalam berbagai derajat oleh negara-negara Islam sejarah karena kurangnya praktek Islam, hanya di akhir abad 20 sejumlah bank syariah dibentuk untuk menerapkan prinsip-prinsip ke lembaga komersial swasta atau semi-swasta dalam komunitas Muslim.

Selama krisis keuangan di AS dan Eropa saat ini, menurut estimasi para ekonom, Islamic Banking and Finance tumbuh 10 sampai 15 persen, sehingga Islamic Banking and Finance merupakan bidang yang tumbuh paling cepat di sektor keuangan, dan saat ini masih sangat jarang personil yang punya kualifikasi untuk memenuhi kebutuhan industri keuangan ini.

Index harga saham syariah (The Dow Jones Islamic Index) didapati tetap berjalan baik walaupun adanya krisis finansial di hampir seluruh dunia, terutama di AS, Eropa dan Asia. Adapun fakta – fakta berikut mengenai Islamic Banking and Finance
1. Pasar perbankan dan keuangan Syariah tumbuh 15 hingga 20% per tahun
2. Ada lebih dari 260 lembaga keuangan Syariah diseluruh dunia
3. Lembaga-lembaga keuangan Syariah diklaim mengelola lebih dari $750 milliar
4. Pertumbuhan luarbiasa ini telah mendorong bank-bank besar
untuk membuka jasa keuangan Syariah untuk memanfaatkan
permintaan ini.
5. Industri keuangan Syariah berpotensi meraup dana simpanan
1,6 milliar Muslim diseluruh dunia, yang diperkirakan
jumlahnya akan mencapai 2,5 milliar pada dekade mendatang

Sumber : Artikel ini ditulis oleh La Trobe University, Australia
(CRICOS Provider Code 00115M)

FORENSIC ACCOUNTING

Berbagai kegagalan yang dihadapi oleh perusahaan dewasa ini mendorong timbulnya suatu kesadaran dibutuhkannya para ahli yang mempunyai keterampilan untuk mengidentifikasi dan bertindak, setelah melihat adanya gejala birokrasi perusahaan yang buruk, manajemen yang salah, penipuan dan kegiatan bisnis yang tidak sesuai dengan kode etik.

Mahasiswa-mahasiswi akuntansi forensik mempelajari metode-metode di dalam pemeriksaan akuntansi, pengumpulan dan analisa data, dan juga sistem metodologi untuk pemeriksaan penipuan dan kegiatan bisnis yang tidak sesuai dengan etika.

Teknik akuntansi forensik digunakan pada industri-industri spesifik seperti perbankan, polisi, kasus penggelapan uang, terorisme keuangan dan perdagangan internasional.
Sumber : Artikel ini ditulis oleh University of Wollongong, Wollongong, Sydney,Australia (CRICOS Provider Code 00102E).

BIOMEDICAL ENGINEERING

Teknik Biomedis adalah sebuah bidang teknik baru yang berhubungan erat dengan kemajuan pesat bioteknologi dan industri pengobatan. Para ahli medis bekerja sama dengan para pekerja di bidang pengobatan dan rumah sakit mengembangkan alat-alat seperti perintis dan sistem semacam Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan scanner dengan ultra-sound, yang mempertinggi diagnosa pengobatan untuk meningkatkan kualitas hidup. Ahli biomedis mempunyai peranan di bioteknologi, baik pada desain peralatan elektronik, dan model untuk membantu analisis di bidang ilmu farmasi, dan area pertanian.

Biomedical engineering

Biomedical engineering

Karir teknik biomedis meliputi jabatan di rumah sakit dan penyedia medis yang menggunakan peralatan elektronik, industri elektronik yang memproduksi peralatan medis seperti scanner maupun peralatan elektronik seperti pengukur gula darah, dan pengukur tekanan darah, industri komputer dan IT dengan kebutuhan yang meningkat di bioinformatik dan database medis, pelengkap industri pengobatan, salah satu industri yang berkembang dengan sangat pesat, dengan kebutuhan yang meningkat untuk desain peralatan elektronik tertentu, dan juga riset baik dalam industri besar maupun dalam institusi riset, pemerintah dan universitas.
Sumber : Artikel ini dikumpulkan dan dirangkum oleh konselor SUN Education Group

BIOMEDICAL SCIENCE

Ilmu biomedis adalah terapan dari ilmu pengetahauan ilmiah ke praktek pengobatan dan perawatan kesehatan. Bidang ini mengembangkan pengetahuan dan keterampilan pada ilmu biologi dan ilmu klinis, menekankan pada penerapan ke pengobatan, riset biomedis, dan pelayaan perawatan kesehatan. Juga menggabungkan studi yang mendalam tentang biologi manusia dengan keterampilan yang maju dalam segala segi ilmu pengobatan laboratorium.

Setelah mempelajari ilmu ini, siswa akan lulus dengan pemahaman yang mendalam mengenai bagaimana tubuh bekerja pada tingkat sel, penyebab penyakit dan teknik diagnosa penyakit secara laboratorium, termasuk bidang yang berkembang pada teknik diagnosa berdasarkan pada molekul. Dengan pengetahuan tentang keterampilan laboratorium secara teori dan praktik, para lulusan akan memenuhi syarat sebagai ahli biomedis, dan mendapatan pekerjaan di rumah sakit, departemen kesehatan, lembaga riset biomedis, organisasi riset perguruan tinggi dan pemerintah, di farmasi, diagnosa, bioteknologi dan industri yang berkaitan dengan kesehatan lainnya.

Sumber : Artikel ini dikumpulkan dan dirangkum oleh konselor SUN Education Group

BIOTECHNOLOGY

Bioteknologi mencakup molekul biologi, bio-informatika, Genomika (ilmu yang mempelajari tentang bahan genetik dari suatu organisme atau virus) dan Proteomika (ilmu yang mempelajari tentang protein, terutama mengenai struktur dan fungsi protein), secara keseluruhan dikenal dengan teknologi biomolekular, dan teknologi-teknologi tertentu seperti yang bisa ditemukan dalam proses fermentasi.

biotechnology

biotechnology

Bioteknologi juga memerlukan pengetahuan terhadap struktur-struktur dan fungsi dari sel-sel, mikroorganisme, binatang atau hewan, dan tumbuhan. Bioteknologi menggunakan pengetahuan pada tingkat molekul dalam merancang strategi untuk memecahkan permasalahan sehari-hari yang sangat pening, seperti mengatasi penyakit dan membuat atau mencipaktan lingkungan yang lebih aman.

Di Australia, pemerintah pusat maupun daerah telah mengeluarkan dana yang besar dengan tujuan mengembangkan bioteknologi sebagai salah satu sumber penghasilan utama bagi negara. Bioteknologi saat ini telah banyak digunakan dalam aplikasi sehari-hari, seperti mencegah, mendeteksi dan menyembuhkan penyakit-penyakit, mendeteksi gen-gen yang berhubungan dengan penyakit manusia, sperti kanker, dan pembuatan obat-obatan dan makanan, contohnya pembuataan insulin dari modifikasi genetika mikroorganisme yang sering dikenal dengan Genetically Modified micro Organism (GMO), pembuatan vaksin untuk keracunan makanan dan penyakit menular dan sebagainya. Bioteknologi juga sering digunakan di industri yang menggunakan proses fermentasi seperti pembuatan bir dan minuman anggur, juga dalam pembuatan enzim-enzim yang bisa menghancurkan pestisida di dalam tanah dan air.

Lulusan dari area ini berkesempatan untuk mendapatkan kerja hampir di seluruah area yang berhubungan dengan bioteknologi dan bio-sains, mulai dari manipulasi gen-gen hewan menyusui sampai dengan pemeriksaan zat-zat beracun di saluran air dan pelindungan terhadap hasil pertanian. Lulusan dari bidang bioteknologi ini bukan hanya bisa bekerja di negara masing-masing, tetapi ada banyak kesempatan di perusahanan-perusahaan

Food & Nutrition

Food & Nutrition

mancanegara, baik perusahaan umum maupun swasta.
Sumber : Artikel ini ditulis oleh RMIT University, Melbourne, Australia
(CRICOS Provider Code 00112A)

FOOD TECHNOLOGY AND NUTRITION

Food technology adalah penerapan sains makanan untuk pemilihan, pengawetan, pengolahan, pembungkusan, distribusi dan penggunaan makanan yang aman, bergizi dan sehat. Para ilmuwan dan ahli teknologi makanan mempelajari keadaan fisik, mikrobiologi dan kandungan kimia di dalam makanan.Tergantung dari bidang spesialisasi masing-masing, para ilmuwan menciptakan cara-cara untuk memproses, mengawetkan, membungkus atau menyimpan makanan, sesuai dengan spesifikasi dan peraturan-peraturan dari industri dan pemerintah. Di beberapa sekolah, ilmu ini telah dimasukkan ke dalam kurikulum pelajaran berdampingan dengan cara memasak, pelajaran tentang gizi dan cara memproduksi makanan dalam skala besar.
Ahli sains makanan sekarang ini pada umumnya terlihat di banyak area yang berbeda-beda termasuk manajemen dari proses produksi makanan, mempertahankan kualitas nutrisi dan kebersihan makanan dan pengembangan produk-produk baru yang lebih menarik dan lezat.
Di dalam industri ini, banyak sekali masalah-masalah yang dihadapi para ahli sains makanan termasuk salah satunya yang paling penting yaitu mempertahankan keamanan dari makanan untuk dikonsumsi. Oleh sebab itu, para lulusan dari program ini akan mempelajari bemacam-macam teknik atau proses yang akan memberikan meereka kesempatan untuk menempati posisi sentral di dalam pabrik penghasil produk atau juga penasihat dalam laboratorium, organisasi pemerinah dan badan regulasi atau pengawasan. Teknologi makanan atau nutrisi kadang dapat juga berfungsi sebagai penjembatan antara perusahaan dengan publik. Beberapa lulusan dari program ini ada juga yang bekerja sebagai teknikal sales ataupun marketing.
Walaupun sangat memenuhi syarat untuk beragam posisi di area spesialis nutrisi, lulusan dari bidang nutrisi dapat juga mencari pekerjaan di luar bidang industri makanan.

Sumber : Artikel ini ditulis oleh RMIT University, Melbourne, Australia
(CRICOS Provider Code 00112A)

CHIROPRACTIC

Istilah Chiropractic mungkin masih jauh dari bayangan dan asing di telinga, namun tradisi Chiropractic telah lama dipraktikan secara tradisional dalam masyarakat kita tanpa kita sadari. Chiropractic merupakan profesi kesehatan ketiga terbesar setelah bidang pengobatan seperti kedokteran dan kesehatan.

Chiropractic merupakan ilmu yang berhubungan dengan struktur tubuh kita dan hubungannya dengan kesehatan. Orang yang menguasai disiplin ilmu ini secara profesional membantu mereka yang memiliki kelainan struktur tubuh baik yang dikarenakan kecelakaan, bawaan yang bisa diperbaiki maupun karena kebiasaan yang dapat terkoreksikan. Struktur tulang merupakan komponen internal dalam tubuh walau terlihat dan terasakan dalam otot dan kulit, maka peran alat-alat seperti fisioterapi dan sinar X tidak dapat terpisahkan. Chiropractic intinya memakai potensi dalam tubuh untuk mengobati penyakit yang timbul karena struktur tubuh yang salah tanpa kita sadari atau cidera. Keadaan tubuh yang salah akan mempengaruhi organ tubuh lainnya, misalnya kelainan tulang belakang akan berpengaruh pada penglihatan dan fungsi saraf lainnya. Chiropractic berhubungan erat dengan sakit punggung dan leher yang dapat disebabkatn trauma, sikap tubuh yang salah atau kelainan tulang belakang.

Saat ini, Chiropractic bekerja sama dengan dokter dalam menangani pasien-pasien yang mengeluhkan sakit punggung dan leher, dan kemungkinan lain yang terkait dengan tulang belakang. Kepercayaan bahwa tubuh mengobati diri sendiri melalui manipulasi dan koreksi tulang belakang menjadi pegangan dalam pengobatan, bahwa tidak semua keluhan dan sakit memerlukan resep obat dan tablet. Tubuh mengobati diri sendiri lewat pemijatan, krim panas, manipulasi struktur tubuh dengan cara yang benar dan profesional.

Sumber : Artikel ini ditulis oleh Macquarie University, Sydney, Australia
(CRICOS Provider Code 00002J)

Commercial Cookery And Patissery

Commercial Cookery & Patissery

Commercial Cookery & Patissery

AQUACULTURE

Aquaculture adalah versi air dari pertanian – produksi spesies air di darat atau laut berbasis ‘peternakan‘. Aquaculture melibatkan budidaya spesies air tawar dan air asin dalam kondisi yang terkendali, dan dapat dibandingkan dengan penangkapan komersial, yang merupakan panen liar. Jenis tertentu budidaya meliputi budidaya ikan, budidaya udang, budidaya tiram, algaculture (seperti budidaya rumput laut), dan budidaya ikan hias. Metode tertentu termasuk aquaponics dan multi-trofik aquaculture, baik yang mengintegrasikan budidaya ikan dan pertanian tanaman. Persyaratan sangat dasar untuk mengambil aquaculture sebagai pilihan karir melibatkan minat pada pelajaran dan juga dalam subjek pertanian umum. Pilihan karir dalam bidang aquaculture berkisar dari pekerjaan teknisi dasar dalam peternakan sampai dengan manajer, biotechnologist dan juga profesional ilmu science terapan.

Sumber : Artikel ini dikumpulkan dan dirangkum oleh konselor SUN Education Group

CULINARY BUSINESS MANAGEMENT

Di dalam pasaran makanan dan minuman modern, seorang manajer bisnis kulinari perlu untuk memahami lebih dari sekedar prinsip-prinsip food production dan servis restoran untuk mengubah sebuah restoran yang baik menjadi sebuah restoran ternama di kota tersebut. Di dalam spesialisasi Culinary Business Management, mahasiswa akan belajar bagaimana mengatur konsep sebuah restoran, merencanakan menu, dan mengembangkan secara tepat kombinasi antara berbagai macam makanan dan wine.

Dalam waktu yang bersamaan, mata pelajaran mahasiswa akan terfokus pada entrepreneurship untuk event dan food preparation management. Dengan penjurusan dalam gelar ini, siswa akan menjadi siap untuk merintis bisnis kuliner sendiri, mengubah sebuah usaha restoran yang sudah ada, atau menjadi seorang manajer untuk hospitality dining establishment dengan percaya diri dan penuh inspirasi.

Spesialisasi ini diperuntukan bagi pelajar yang memiliki minat untuk culinary arts, makanan dan bisnis yang berhubungan, dan untuk mereka yang bercita-cita untuk me-manage restoran atau bekerja untuk perusahaan hotel internasional. Spesialisasi ini mencakup sebuah program magang spesial di salah satu associated Culinary Business Schools untuk menyempurnakan kemampuan kuliner dan manajemen. Lulusan dari jurusan ini sedang banyak dibutuhkan oleh praktisi-praktisi dalam bidang ini.

Sumber: Artikel ini ditulis oleh Les Roches International School of Management, Bluche, Switzerland.

COMMERCIAL COOKERY (CULINARY) AND BAKING PATISSERIE)

Jika ada satu kesamaan dari semua orang di dunia adalah bahwa kita semua menyukai makanan yang enak. Kita semua suka makan, tetapi hanya ada beberapa yang memiliki keahlian dan kemauan untuk menciptakannya. Kita berbicara tentang semua koki hebat yang bekerja di hotel, restoran, resort dan kafe di seluruh dunia yang membuat hidangan dan kue-kue lezat luar biasa. Standar yang tinggi dibutuhkan dalam pencarian koki untuk memasak makanan dan juga kue, di mana koki yang hebat bisa bekerja di mana saja di dunia.

Culinary merupakan kombinasi dari berbagai masakan termasuk daging-dagingan, sauce, sup sampai dengan wine. Sedangkan Baking Pattisserie lebih memfokuskan kepada pembuatan roti, kue, cookies dan pastries.
Kemungkinan karir yang tersedia seperti juru masak komersial, koki patisserie, bisnis restoran, katering, organisasi pelayanan makanan, hotel, butik patisserie, kasino, klub, pub, bar atau kafe, resort dan taman hiburan.

Sumber: Artikel ini dikumpulkan dan dirangkum oleh SUN Education Group

WINE STUDIES

Dalam kurun waktu 30 tahun terakhir ini, tradisi minum wine bukan hanya milik kaum bangsawan saja tetapi telah mejadi milik segala kalangan dari berbagai status sosial di seluruh dunia. Wine shops, wine bars, wine cellars dan berbagai macam restoran yang menyediakan wine banyak sekali ditemukan di kota-kota besar dan mengakibatkan banyak orang menjadi lebih dari sekedar wine enthusiasts (pecinta wine). Banyak di antara mereka yang menjadi tertarik untuk mempelajari sejarah dan proses pembuatan wine dan berharap untuk memiliki karir internasional di industri ini. Perancis adalah negara cikal bakal wine dan dijadikan tolak ukur pembuatan wine yang telah meluas ke seluruh dunia seperti di Chili, Western USA, Afrika Selatan, Australia, Israel dan Canada.

Wine Studies

Wine Studies

Dalam wine studies, calon siswa akan balajar banyak hal meliputi teknologi, mesin dan proses pembuatan dan penyimpanan wine dengan mengunjungi perkebunan anggur (vineyards) terkenal. Hal-hal lain yang akan dipelajari mencakup pelajaran mengenai teknik & kondisi terbaik untuk menanam anggur, jenis-jenis mesin & cara menganalisa (sensory analysis), dan yang tidak kalah penting adalah belajar untuk membedakan wine yang baik dan yang tidak. Komponen penting lainnya adalah belajar Food and Wine Pairing, tehnik memadukan makanan dan wine tertentu untuk menciptakan cita rasa yang terbaik. Konsep ini sangat terkenal di hotel-hotel dan restoran-restoran terkenal di seluruh dunia.

Pilihan karir bagi mereka yang mempelajari wine studies adalah sebagai wine growers, manager wine import/export, sommeliers dan karir lainnya di industri food and beverage. Sommeliers adalah sebuah profesi sebagai ahli wine dan orang-orang terkenal dalam profesi ini biasanya bepergian ke seluruh dunia untuk menawarkan keahlian mereka ke hotel-hotel dan restoran-restoran.
Sumber : Artikel ini ditulis oleh Le Cordon Bleu, Paris, Perancis

CONFECTIONERY MANUFACTURING

Siapa sih yang tidak suka coklat?

Di belakang layar setiap coklat dan setiap permen yang terpampang di rak-rak supermarket terdapat seorang ahli teknologi yang berdedikasi. Selain mempelajari tentang pembuatan coklat dan permen, juga mempelajari bagaimana untuk memastikan mutu yang konsisten dalam setiap produksinya, pengepakan makanan, kebersihan dan sanitasi, nutrisi, kesehatan dan keselamatan kerja,dsbnya.

Spesialisasi di bidang ini akan membuat anda memenuhi persyaratan bekerja di bidang penelitian dan pengembangan; produksi dan kontrol mutu; dan bahkan bisa saja berakhir dengan memiliki bisnis sendiri dan menjalani hari hari anda dengan kreasi-kreasi penyempurnaan permen yang lezat.
Sumber : Artikel ini dikumpulkan dan dirangkum oleh konselor SUN Education Group

COMMUNICATIONS AND THE MEDIA

Komunikasi adalah keahlian yang paling kritis. Komunikasi mempengaruhi pekerjaan, kehidupan kita sehari-hari, hubungan dengan relasi, dan juga kesenangan kita. Mempelajari komunikasi dan media akan membuat anda mampu untuk berkomunikasi, mengerti berbagai tipe dan gaya suatu media yang digunakan sebagai alat komunikasi oleh komunitas kita. Untuk mengerti berbagai macam pesan yang disampaikan, sangat dibutuhkan kemampuan untuk memahami bagaimana cara komunikasi bekerja dalam segala level seperti film, video, perangkat lunak, foto, video game, iklan, kampanye-kampanye publik, situs internet, ataupun yang lainnya. Yang manapun yang membuat anda tertarik, mempelajari bidang komunikasi akan membawa anda untuk bisa mendapatkan karir yang sangat berarti dan juga menawarkan berbagai macam cara untuk berlatih bagi diri anda sendiri dan juga dalam kehidupan professional anda.
Sumber: Artikel ini ditulis oleh Edith Cowan University, Perth, Australia (CRICOS Provider Code 00279B)

DIGITAL ARCHITECTURE

Digital Architecture

Digital Architecture

Digital arsitektur adalah suatu ilmu yang muncul dengan memanfaatkan kemajuan di rancangan teknologi dan teori untuk mengartikan dan menggambarkan bentuk-bentuk baru dari ruang kota dan bangunan. Meskipun tidak ada batasan dalam imajinasi seorang arsitek, teknik dan alat-alat arsitektur tradisional membatasi bentuk yang dapat diterjemahkan dari impian ke kenyataan secara tepat. Teknologi digital kini memperbolehkan para arsitek untuk melangkah di luar batasan ini dan untuk menggambarkan serta membuat bangungan dan ruang yang tidak mungkin dilakukan dengan pena dan kertas maupun perangkat lunak (software) tradisional.

Menjangkau teori arsitektur, penggunaan perangkat lunak dan teknologi baru serta pewujudan proyek yang dirancang secara digital, studi pasca sarjana di bidang digital arsitektur dapat menambah dimensi baru pada pandangan seorang arsitek. Bukan hanya teknologi digital memperluas kisaran bentuk yang dapat diwakili tapi juga mengusulkan keseluruhan metodologi baru dan cara pandangan. Gambaran 3 dimensi (3D) dan perangkat lunak yang ada kini memungkinkan para artsitek untuk memvisualisasikan dan menggambarkan dunia ke ukuran yang paling detil untuk membangun model rancangan kerja mereka tanpa harus meninggalkan meja kerja.

Karena pekerjaannya mencakup penggunaan piranti lunak dan teknologí 3D, kemampuan menggunakan alat-alat ini secara maksimal kian menjadi semakin bernilai. Bidang studi arstitektur digital membuat mereka yang sudah memiliki keterampilan arsitektur untuk lebih meningkatkan peluang kerja mereka dan memperluas pandangan serta kemampuan pribadi mereka. Baik untuk seorang arsitek yang sudah berpengalaman dan ingin mencoba memperbaharui kemampuannya maupun bagi seorang lulusan baru yang berusaha utnuk mendapatkan daya jual lebih di dalam bursa kerja, pemahaman teknologi digital yang baik sangatlah penting.
Sumber : Artikel ini ditulis oleh University of Technology Sydney, Australia (CRICOS Provider Code 00099F)

EARLY CHILDHOOD EDUCATION

Early Childhood Education

Early Childhood Education

Pendidikan anak usia dini merupakan bidang yang berkembang pesat seiring dengan tingginya pertumbuhan Tempat Penitipan Anak (Child Care Centers) dan Sekolah Bermain (Preschools) di kota-kota besar di seluruh dunia termasuk Jakarta. Pendidikan ini dikhususkan pada pemahaman mengenai anak kecil dari semenjak lahir sampai usia delapan tahun. Pendidikan anak usia dini sendiri tidak ditekankan semata kepada pemberian stimulus pengayaan pengetahuan anak, tetapi lebih diarahkan kepada pengembangan potensi dan daya kreatifitas anak, dan yang sangat penting adalah pada pembentukan sikap mental dan kepribadian anak. Hal itu semua akan menjadi pondasi bagi perkembangan watak dan kepribadian anak sampai mereka dewasa dan siap menjalankan berbagai peran kemanusiaan. Bidang pendidikan anak usia dini diarahkan untuk mempersiapkan para pendidik, guru, praktisi dan konsultan di bidang pendidikan anak usia dini.
Sumber: Artikel ini dikumpulkan dan dirangkum oleh SUN Education Group

HOTEL DESIGN AND PROJECT MANAGEMENT

Hotel Design & Project Management

Hotel Design & Project Management

Hotel dan resor secara konstan mengembangkan dan memperbaiki semua fasilitas yang ada dengan efisiensi, kemewahan dan penampilan untuk meningkatkan pengalaman pelanggannya. Belajar untuk mengatur proyek jangka panjang secara efisien dimulai dari awal dengan dasar pemahaman tentang desain arsitektur, interior, dan eksterior untuk fasilitas hospitality, dan manajemen bangunan. Jika mimpi anda adalah untuk memadukan proyek desain sebuah hotel yang terkini, atau untuk berturut serta secara berkesinambungan dalam memajukan fasilitas untuk masa depan lingkungan hidup, maka ini adalah spesialisasi yang tepat untuk Anda. Spesialisasi ini membuka jalur karir seperti development manager, bertanggung jawab untuk proyek renovasi sebuah hotel, hotel designer and masih banyak lainnya.

Hotel Design dan Project Management merupakan sebuah program yang benar-benar baru, yang diciptakan untuk memberikan murid-murid kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih spesifik mengenai project management dan hubungannya dengan desain hotel, restoran, dan yang berhubungan dengan bisnis. Program ini menitikberatkan pada pemahaman mengenai property dengan penekanan khusus dalam manajemen proyek dan kontrak, arsitektur, dan manajemen bangunan.

Sumber: Artikel ini ditulis oleh Les Roches International School of Management, Bluche, Switzerland

IT NETWORK ENGINEERING & TELECOMMUNICATIONS

Telekomunikasi adalah inti dari jaringan teknologi informasi yang didefinisikan sebagai teknologi yang berbasis pada komunikasi tanpa batas. Saat ini, telekomunikasi merupakan salah satu sektor yang berkembang pesat di dunia, baik dalam segi perkembangan teknologi dan juga lapangan pekerjaan. Jaringan telekomunikasi telah berevolusi dari masa lampau berupa telegraf berkembang menjadi telepon hingga sekarang ini telah terhubung dengan suara dan data yang kompleks. Dengan menghubungkan serta mengintegrasikan informasi dan Infrastruktur Teknologi.
Komunikasi (Information Communication Technology – ICT), jaringan komputer konvergen baru ini telah memperkenalkan cara-cara baru untuk menjalankan bisnis, kolaborasi, interaksi, serta cara baru untuk mendapatkan hiburan. Jaringan-jaringan ICT modern ini telah menjadi sumber daya penting bagi kebanyakan perusahaan, instansi-instansi pemerintah dan juga masyarakat pada umumnya.

Jaringan-jaringan ICT yang modern kini telah mendunia, baik nirkabel maupun tidak, dan menampung berbagai jenis muatan seperti suara, data, dan video. Internet yang dapat dinikmati di mana saja adalah salah satu contoh dari sebuah jaringan. Pentingnya jaringan-jaringan seperti ini untuk perekonomian tidak dapat diabaikan begitu saja, karena itu kehandalan infrastruktur jaringan harus dapat dipertangung jawabkan. Dengan makin banyaknya jaringan dan bertambahnya jumlah pengguna maka meningkat pula ancaman-ancaman pada jaringan-jaringan ini, karena itulah sekarang ini keamanan jaringan merupakan komponen terpenting dalam teknik jaringan komputer dan telekomunikasi.

Kompleksitas jaringan-jaringan ICT modern serta layanan yang dimilikinya membutuhkan profesional yang mempunyai kemampuan dalam berbagai area yang meliputi komunikasi data, elektronik, elektromagnetik, pengembangan perangkat lunak, keamanan, serta manajemen. Program-program studi yang menawarkan keahlian-keahlian dalam bidang telekomunikasi, teknik jaringan, desain jaringan serta keamanannya, atau pun ilmu komputer merupakan pilihan-pilihan yang baik yang harus dipilih oleh para pelajar yang ingin memasuki bidang yang menarik ini. Kesempatan berkarir sebagai professional/ahli telekomunikasi dan jaringan meliputi peran-peran yang menantang di berbagai bidang seperti administrasi jaringan, desain dan pengetesan jaringan, penyedia layanan VoIP, desain dan pengembangan jaringan nirkabel, desain jaringan seluler, jaringan optik, dan juga penelitian dalam teknologi telekomunikasi baru, serta banyak lagi yang lain.

Sumber: Artikel ini ditulis oleh Swinburne University of Technology, Melbourne,Australia (CRICOS Provider Code 00111D)

GAMES DESIGN AND  DEVELOPMENT

Games Design & Development

Games Design & Development

Spesialisasi di bidang Games Design and Development ini mengembangkan pemahaman tentang perangkat lunak teknologi (software technology) yang relevan dengan game, juga konsep-konsep ilmiah dari ilmu komputer, termasuk simulasi dan pemodelan game, rekayasa perangkat lunak, interaksi manusia dan komputer, produksi game, graphic design, musik dan efek suara.

Lulusan bidang ini memiliki kualifikasi untuk bekerja di bidang IT yang luas cakupannya, seperti menjadi perancang game, pengembang dan pemrogram game, perancang sistem multimedia, component integrator, konsultan atau manajer proyek.

Sumber : Artikel ini dikumpulkan dan dirangkum oleh konselor SUN Education Group

MECHATRONICS

Teknik mekatronik merupakan perpaduan antara teknologi komputer, elektronik dan mesin. Jurusan yang boleh dikatakan cukup baru dibidang teknik ini memiliki beberapa pengembangan yang menarik seperti yang dapat kita lihat di dalam mesin pengontrolan internet, sistem penggerakan mesin dan juga robot. Seiring dengan keterbatasan sumber daya dan adanya tuntutan industri untuk menyelesaikan proyek yang sangat rumit, maka dewasa ini sangatlah diperlukan para insinyur yang mempunyai kemampuan untuk merancang, menerapkan dan mengoperasikan sistem-sistem ini.
Program pembelajaran ini umumnya akan mencakup banyak latihan dan praktek nyata tentang teknik merancang dengan tujuan mempersiapkan mahasiswa/i untuk memasuki sebuah karir yang menarik di bidang yang sedang sangat berkembang ini. Ahli – ahli mekatronik bekerja sebagai perancang dan merawat mesin dengan menggunakan sistem pengontrolan oleh komputer dan elektronik, contohnya pada pesawat terbang, robot, kendaraan bermotor, kamera, pembangkit listrik dan pertambangan serta mesin – mesin kimia.

Sumber: Artikel ini ditulis oleh University of Wollongong, Wollongong, Australia (CRICOS Provider Code 00102E)

NANOTECHNOLOGY

Nanoteknologi adalah sains untuk mengembangkan teknologi dalam ukuran ultra miniatur (superkecil) – satu nanometer adalah se-per-miliar meter. Bayangkan sebuah jendela inteligen yang mampu berinteraksi dengan lingkungan di luar maupun di dalam sebuah ruangan dengan mendeteksi suhu di luar dan di dalam, kemudian mengantarkan informasi tersebut ke unit pusat, atau alat penyimpan data yang mampu menampung data sebuah CD dalam sebuah media yang hanya berukuran se-per-seribu milimeter. Ini hanyalah beberapa contoh dari nanoteknologi.

Nanoteknologi pada dasarnya berhubungan dengan beberapa bidang ilmu, seperti ilmu dasar fisika dan kimia dan juga ilmu pengetahuan dan ketrampilan teknik. Bidang nanoteknologi yang baru ini mempunyai ruang lingkup yang sangat luas, mulai dari rancangan alat-alat komputer generasi berikutnya, penciptaan bahan-bahan inovatif, sampai dengan pengembangan nano sensor dengan daya deteksi yang sangat kuat.

Banyak industri yang akan menggarap keuntungan dari perkembangan nanoteknologi ini, terutama industri otomotif (teknologi cat dan dempul) dan industri makanan (packaging). Nanoteknologi mempunyai potensi penggunaan yang sangat besar di masa mendatang. Sebuah konsorsium peneliti-peniliti sangat aktif dalam menerapkan penggunaan nanoteknologi ini untuk industri-industri di Victoria. Jumlah ahli nanoteknologi yang dibutuhkan di tahun 2010-2015 diperkirakan sebanyak 0.8-0.9 juta orang di Amerika, 0.3-0.4 juta orang di Eropa dan 0.6-0.8 di Asia Pasifik. Berdasarkan data yang ada, terdapat kekurangan program studi untuk memenuhi kebutuhan jumlah ahli-ahli nano-teknologi dalam waktu 5 sampai 10 tahun mendatang.

Lulusan dengan ketrampilan dan ilmu di bidang nanoteknologi sangatlah diperlukan. Saat ini, telah dilaporkan bahwa adanya kekurangan lulusan yang mempunyai spesialisasi nanoteknologi di bidang kimia, terutama di bidang bio-organik dan bio-non-organik, teknik, pembuatan mikro elektronik dan meteorologi.

Sumber: Artikel ini ditulis oleh RMIT University, Melbourne, Australia (CRICOS Provider Code 00112A)

PORT & MARITIME

Diperkirakan bahwa 90% dari perdagangan dunia dilakukan oleh industri pelayaran internasional dengan 102.194 kapal komersial di seluruh dunia. Indonesia berada di peringkat ke-8 importir terkemuka di dunia dan eksportir barang. Usaha pelayaran berperan penting bagi perekonomian dunia dan mencakup sejumlah disiplin ilmu termasuk perdagangan, ekonomi, hukum, logistik dan manajemen. Bagi yang tertarik untuk bekerja di industri maritim, khususnya pengelolaan pelabuhan, operasi pengiriman, hukum maritim, keselamatan maritim dan perlindungan lingkungan, bidang ini adalah program yang ideal. Kualifikasi ini akan memberikan perspektif strategis industri dan memberikan keterampilan yang diperlukan untuk posisi di level tertinggi dalam industri ultra-kompetitif di seluruh dunia.

Port & Maritime

Industri pelabuhan adalah bagian dari industri logistik internasional dan manajemen yang efektif dari pelabuhan. Industri ini merupakan elemen penting dari rantai pasokan logistik. Kualifikasi ini telah dirancang untuk memenuhi permintaan terhadap profesional pelabuhan dan maritim dengan ketrampilan khusus dan pengetahuan dalam bidang kebijakan pelabuhan, perdagangan internasional dan perdagangan serta hukum. Peluang kerja dalam bidang ini sangat banyak, diantaranya bekerja dalam lingkungan bisnis atau lebih dekat ke dunia perkapalan dan pelabuhan. Setelah menyelesaikan kursus, para siswa akan memiliki pandangan yang utuh mengenai pengelolaan pelabuhan dan terminal pelabuhan serta industri logistik yang lebih luas. Siswa juga akan dapat pindah ke manajemen pelabuhan internasional, kontainer dan operasi pelabuhan, serta manajemen sumber daya manusia tenaga kerja pelabuhan.

Jika tidak tertarik untuk bekerja di lepas pantai (off shore), siswa akan menemukan berbagai macam pekerjaan berbasis di daerah dekat pantai seperti konsultan survei kelautan untuk klasifikasi masyarakat baik pemerintah dan komersial, posisi manajerial dalam perusahaan pengiriman dan industri asuransi kelautan. Pialang kapal dan manajemen kapal juga merupakan bidang kerja utama. Karir lainnya diantaranya termasuk bisnis seperti agen kapal, freight forwarder, broker kapal, penyedia logistik dan perusahaan konsultan swasta.

Sumber: Artikel ini ditulis oleh Liverpool John Moores University (LJMU), UK

LOGISTICS & SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

Cara sederhana untuk mendefinisikan istilah logistic adalah pengiriman barang yang tepat ke tujuan yang tepat pada waktu yang tepat. Setelah berhasil dilakukan, dengan kualitas kerja yang bagus, konsumen akan merasa puas.

Secara keseluruahan, berarti ada beberapa tingkatan dalam mata rantai distribusi supply chain, yang dapat diartikan sebagai sebuah rantai organisasi dan fungsi-fungsinya mencakup mulai dari tahapan berupa bahan mentah, pengiriman ke konsumen sampai ke pelayanan purna jual. Manajemen Mata Rantai Distribusi atau Supply Chain Management menggunakan pendekatan secara manajemen untuk menjadikan rantai distribusi berfungsi secara efektif dan efisien.

Peluang karir di bidang logistik dan mata rantai distribusi sangatlah luas, seperti manajer operasional, manajer proyek, manajer distribusi, manajer produk, para ahli pembelanjaan, manajer fasilitas, dan juga pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan pemasaran dan keuangan. Semua industri membutuhkan keahlian mereka, termasuk pabrik-pabrik, perusahaan konstruksi bangunan serta industri jasa seperti pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Sumber : Artikel ini ditulis oleh Leeds Metropolitan University, United Kingdom

POLICING, INTELLIGENCE & COUNTER TERRORISM (PICT)

Program PICT menawarkan kualifikasi mutakhir dengan membekali para siswa kemampuan untuk bereaksi terhadap isu-isu utama dalam keamanan, menjaga ketertiban dan pertahanan baik lokal, domestik maupun internasional. PICT berfokus pada Policing Global Terrorism, Strategic Policing, Intelligence Analysis dan Interaction of Global Agencies untuk mengatasi kejahatan antar negara dan kegiatan-kegiatan terkait lainnya. Lulusan program ini dapat berkarya di Kepolisian, Badan Intelejen, Angkatan Militer, Industri Keamanan dan Organisasi swasta maupun pemerintah yang berhubungan dengan analisa resiko dan intelejen.

Sumber: Artikel ini dikumpulkan dan dirangkum oleh SUN Education Group

POPULATION SCIENCE DEMOGRAPHY

Program PICT menawarkan kualifikasi mutakhir dengan membekali para siswa kemampuan untuk bereaksi terhadap isu-isu utama dalam keamanan, menjaga ketertiban dan pertahanan baik lokal, domestik maupun internasional. PICT berfokus pada Policing Global Terrorism, Strategic Policing, Intelligence Analysis dan Interaction of Global Agencies untuk mengatasi kejahatan antar negara dan kegiatan-kegiatan terkait lainnya. Lulusan program ini dapat berkarya di Kepolisian, Badan Intelejen, Angkatan Militer, Industri Keamanan dan Organisasi swasta maupun pemerintah yang berhubungan dengan analisa resiko dan intelejen.

Sumber: Artikel ini dikumpulkan dan dirangkum oleh SUN Education Group

RENEWABLE & SUSTAINABLE ENERGY

Renewable and Suitable Energy

Renewable and Suitable Energy

Keilmuwan tentang energi yang dapat diperbaharui (renewable energy) dan energi berkelanjutan (sustainable energy) dapat menjawab tantangan-tantangan yang sedang dan akan kita hadapi sehubungan dengan krisis energi yang dikarenakan ketergantungan pada sumber minyak bumi dan gas alam yang akan semakin menipis. Menurut sejumlah survey internastional, akan tercipta jutaan lapangan kerja baru sebelum tahun 2020 pada industry renewable energy.

Bidang studi ini memperkenalkan konsep-konsep penyimpanan energi (energy storage), efisiensi energi, konversi energi dan energi berkelanjutan, termasuk juga pelajaran mengenai solar architecture serta design rumah yang hemat energi.

Salah satu sumber ernergi alternative utama adalah solar cell (sel pengangkap cahaya matahari) yang juga dikenal sebagai photovoltaics devices, di mana peralatan ini bisa secara langsung mengubah cahaya matahari menjadi listrik dan sanggup menyediakan semua kebutuhan akan tenaga listrik. Ilmu photovoltaics dan solar energy ini mempelajari tentang produksi dan penggunaan solar cells, design dan implementasi dari photovoltaics systems.

Di samping solar cells, teknologi-teknologi lainnya seperti turbin angin dan air, biomass energy, energi yang dihasilkan dari pasang surt dan gelombang air laut, sistem panas bumi (geothermal) dan energi nuklir juga dipelajari.

Sumber: Artikel ini dikumpulkan dan dirangkum oleh SUN Education Group

PEACE & CONFLICT  STUDIES

Peace and conflict studies adalah bidang ilmu sosial yang mengidentifikasi dan menganalisis perilaku kekerasan dan non-kekerasan, serta mekanisme struktural konflik sosial dengan pandangan menuju pemahaman proses-proses yang mengarah pada kondisi manusia yang lebih diinginkan. Studi ini bertujuan untuk memfasilitasi dialog antara individu, kelompok atau masyarakat yang prihatin dengan kondisi perdamaian positif, baik dalam hubungan interpersonal, hubungan masyarakat, dalam organisasi dan negara, atau dengan mengacu pada hubungan internasional. Hal ini membutuhkan pengembangan alat diagnostik untuk analisis situasi sosial dan politik, kapasitas untuk terlibat dalam dan memahami evaluasi program alternatif tindakan dan keterampilan untuk memasukkan nilai-nilai dalam analisis politik.

Lulusan bidang ini mempunyai prospek yang cerah, terutama sebagai : Human Rights Officer, Restorative Justice Program, Conflict Mediation Services, Senior Analyst, Office of the Prosecutor, International Criminal Court (ICC), dsb.

Sumber : Artikel ini dikumpulkan dan dirangkum oleh konselor SUN Education Group

AUDIO ENGINEERING & SOUND PRODUCTION

Audio Engineering & Sound Production

Audio Engineering & Sound Production

Apakah impian Anda adalah untuk merekam, membuat, memproduksi, mengedit, mixing atau mastering musik? Program ini memberikan pemahaman mendalam tentang aspek operasional dan teknis industri dengan penekanan khusus pada studio rekaman dan produksi, produksi live sound dan desain audio.

Bidang studi ini dibangun lebih pada estetika individu dan kreativitas, mengajar keterampilan dalam bisnis dan pengembangan produksi musik dan audio. Siswa akan diberikan keterampilan bertarget audio pasca-produksi, surround sound dan desain PA sistem skala besar.

Program ini memanfaatkan pengetahuan konseptual siswa dan keterampilan teknis untuk memulai dan menyelesaikan soundtrack untuk produksi visual. Hal ini juga memberikan siswa kesempatan untuk kreatif bereksperimen dengan teknik audio dan produksi suara dalam persiapan pertunjukan. Anda akan terlibat dalam penelitian untuk mengembangkan bidang minat dan spesialisasi. Hal ini juga meningkatkan potensi untuk membangun dan mempertahankan peluang praktek secara profesional.

Pilihan karir bagi mereka yang mempelajari Audio Engineering & Sound Production diantaranya : Music Producer, Production Coordinator, Recording Engineer, Studio manager/owner, Sound Effects Editor, ProTools Operator, Music Editor, Sound Designer, Mastering Engineer, etc.

Sumber: Artikel ini ditulis oleh JMC Academy, Australia

RISK MANAGEMENT

Manajemen resiko menciptakan nilai tambah langsung dengan cara identifikasi dan mengurangi faktor -faktor resiko yang dapat menghambat produktivitas. Penanganan formal terhadap resiko dan ketidakpastian sangat diperlukan dalam segala aspek manajemen meliputi: Strategi (Strategy), Keputusan-keputusan Investasi (Investment Decisions), Proyek-proyek (Projects), Pemanfaatan , Kesinambungan Bisnis (Business Continuity), Keamanan Perusahaan (Corporate Security), Kesehatan & Keselamatan (Health and Safety), Kewajiban-kewajiban (Liabilities), Pembiayaan Resiko (Risk Financing).

Sumber: Artikel ini dikumpulkan dan dirangkum oleh SUN Education Group

TRANSPORTATION PLANNING & ENGINEERING

Perencanaan dan rekayasa mengenai sistem transportasi yang efektif terus berlangsung hingga kini adalah tantangan yang menarik untuk mengatasi permasalahan transportasi baik di negara-negara maju maupun berkembang.

Permasalahan ini meliputi: Penggunaan kendaraan pribadi yang meluas; efek-efek transportasi dalam semua aspek lingkungan; kemacetan di jalan-jalan; lahirnya kota-kota baru dan kawasan industri; pergerakan barang-barang; hambatan-hambatan transportasi umum, interaksi nasional dan internasional; potensi dari sistem-sistem baru dan operasi-operasi dalam transportasi.

Isu-isu ini telah menyebabkan bertambahnya permintaan terhadap para profesional transportasi di seluruh dunia. Lulusan bidang ini mempunyai prospek yang cerah, terutama sebagai konsultan transportasi, otoritas publik dan beragam organisasi-organisasi transportasi lainnya.

Sumber : Artikel ini dikumpulkan dan dirangkum oleh konselor SUN Education Group

 

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!