Timothy Astandu: Lulus PhD di Usia Muda dan Kontribusinya untuk Negeri
26 Februari 2018
7 DO’s and 3 DON’T`s IELTS Writing Task 1
7 DOs and 3 DON’Ts IELTS Writing Task 1
1 Maret 2018

3 Faktor Utama Alasan Studi di Kanada

3 Faktor Utama Alasan Studi di Kanada. Apa faktor paling penting dalam menentukan negara ketika ingin kuliah di luar negeri? Apakah cukup kualitas pendidikannya saja? Dari ratusan negara di dunia, ada banyak yang menawarkan kualitas pendidikan terbaik. Tapi, tak banyak negara yang juga memberikan kualitas hidup dan peluang karir yang bagus untuk siswa.

Jika Anda masih ragu memilih, Anda patut mempertimbangkan Kanada. Negara terbesar di Amerika Utara ini memiliki tiga faktor utama untuk siswa yang ingin merasakan pengalaman terbaik mereka ketika kuliah di luar negeri, yaitu Live, Learn, dan Succeed. Hal itulah yang dipaparkan oleh Director of Canadian Education International Wely Kustono dalam acara USA and Canada Education Expo yang diselenggarakan SUN Education pada Minggu, 25 Februari 2018 di Jakarta.

alasan studi di Kanada

Director of Canadian Education International Wely Kustono menjelaskan tentang studi dan kerja di Kanada. Foto/Dok. SUN

 

Live (Hidup)

Menyoal kualitas hidup, Kanada menempati posisi yang terbaik dalam G7 (Group of Seven) berdasarkan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) Better Life Index 2015 dan kedua terbaik dalam U.S News and World Report 2018 dengan penilaian mencakup pasar kerja yang baik, ekonomi yang stabil, biaya hidup terjangkau, penduduk yang ramah dan multikultural, serta sistem kesehatan masyarakat yang berkembang dengan baik.

Begitu juga soal keamanan. Berdasarkan data Global Peace Index 2017 (GPI), yang diterbitkan oleh Institute for Economics and Peace, Kanada adalah yang kedelapan yang teraman dari 163 negara dengan penilaian meliputi rendahnya tingkat pembunuhan, kejahatan kekerasan, dampak terorisme dan kematian akibat konflik internal.

Alasan studi di Kanada adalah beberapa kota di Kanada masuk ke jajaran kota teraman di dunia. Sumber: Dailyhive.com

 

Learn (Belajar)

Kualitas pendidikan di Kanada tak usah diragukan lagi. Faktanya, 26 institusi Kanada termasuk yang terbaik di dunia, menurut Times Higher Education’s World University Rankings 2018. Adapun lima sekolah MBA di Kanada berada di posisi 100 berdasarkan Financial Times Global MBA Rankings (2016).

Selain ranking, penelitan dan pengembangan suatu negara membuktikan kualitas pendidikan negara tersebut. Wely menyarankan pada siswa yang ingin meriset kualitas pendidikan di suatu negara atau universitas agar jangan hanya mengacu pada ranking, karena indikator ranking belum tentu mencakup spesifikasi kebutuhan siswa itu sendiri. Melainkan, lihatlah pada kualitas riset dan pengembangannya. Kanada ikut bertanggung jawab sebanyak 2,8% untuk penelitian ilmiah di seluruh dunia dan universitas-universitas di Kanada mengalokasikan 38% penelitian dan pengembangan lebih dari negara OECD lainnya.

Fakta lainnya adalah dari semua negara yang termasuk dalam studi PISA, Kanada adalah negara yang selalu berada di TOP 10 di bidang Science, Mathematics, dan Reading sekaligus.

 

Succeed (Kesuksesan)

Alasan studi di Kanada lainnya adalah negara ini membawa Anda lebih dekat pada pengembangan karir yang luar biasa selama masa studi dan pasca studi. Pada masa studi, Anda berkesempatan untuk bekerja secara on campus, off campus dan co-op, yakni program magang di mana siswa bisa mendapat pengalaman kerja terkait dengan bidang yang dia pelajari.

Menariknya lagi, walaupun banyak negara yang menawarkan kesempatan bekerja setelah lulus, namun hanya Kanada yang memberikan kesempatan kerja setelah lulus selama tiga tahun. Dengan catatan durasi program belajar yang diambil harus dua tahun lebih (syarat dan ketentuan berlaku). Anda juga dapat mengajukan post graduation work permit tanpa harus ada sponsor kerja terlebih dahulu.

“Dalam menentukan destinasi studi ke luar negeri, kualitas pendidikan selalu penting. Tapi jangan hanya berhenti sampai di situ. Pada saat tiga faktor ini dipertimbangkan bersama, semakin banyak orang semakin memahami kelebihan dari pada studi di kanada,” jelas Wely.

Ingin tahu lebih banyak tentang kuliah di Kanada? Hubungi konselor kami di kantor SUN Education terdekat atau kunjungi SUN Course Navigation untuk mendapatkan informasi mengenai universitas-universitas di Kanada. (SJV)

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!