kehidupan mahasiswa arsitektur
5 Hal yang Identik dengan Kehidupan Mahasiswa Arsitektur!
12 November 2021
SUNEnglish_SeminarBandung
Seminar Sun English Bandung
15 November 2021

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kuliah di Kanada, Salah Satunya dengan Seneca College

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kuliah di Kanada, Salah Satunya dengan Seneca College

Sumber: Pexels

Menyiapkan kuliah di luar negeri itu butuh lebih banyak persiapan daripada kuliah di negeri sendiri, lho. Kamu harus menyiapkan diri untuk menghadapi kehidupan hingga sistem pendidikan yang belum kamu temui sebelumnya. Belum lagi kamu harus menyiapkan persyaratan masuk universitas yang kamu tuju. Bukan hanya mengikuti tes ujian masuk seperti universitas di Indonesia, ada persyaratan secara akademis dan Bahasa Inggris yang harus kamu penuhi juga. Jika Kanada merupakan negara tujuanmu, apply ke Seneca College bisa menjadi jalan ninjamu dalam mempersiapkan diri sebelum masuk universitas di Kanada. Yuk, kita simak hal-hal apa yang harus kamu siapkan sebelum kuliah di Kanada berikut ini!

1.Rencana Keuangan yang Matang

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kuliah di Kanada, Salah Satunya dengan Seneca College

Sumber: Pexels

Sebagai mahasiswa internasional, kamu harus pintar dalam keuangan. Perbedaan kurs ditambah dengan living cost antara Kanada dan Indonesia membuat kamu harus menghabiskan uang lebih banyak. Makanya, salah sedikit dalam perencanaan keuangan, bisa-bisa kebutuhan kamu bisa nggak terpenuhi.

Mumpung masih di Indonesia, kamu bisa banyak-banyak browsing untuk mengetahui living cost di Kanada. Manfaatkan status mahasiswamu untuk membuat kartu transportasi untuk student sehingga dana untuk transportasi kamu bisa lebih murah. Kamu juga bisa menanyakan living cost hingga biaya-biaya lainnya dengan konsultan dari SUN Education supaya dana yang disiapkan tepat.

2. Akomodasi yang Sesuai dengan Kebutuhan 

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kuliah di Kanada, Salah Satunya dengan Seneca College

Sumber: Pexels

Menjadi mahasiswa internasional, tak lepas dari kebutuhan akomodasi. Akomodasi ini harus sesuai dengan kebutuhanmu, misalnya dekat dengan kampus, atau sesuai dengan budget yang sudah kamu rencanakan. Beberapa universitas di Kanada menyediakan akomodasi berupa asrama untuk mahasiswanya. Biasanya harganya sudah termasuk ke dalam institutional fee yang dibayarkan setiap tahunnya. Kalau kamu mau lebih hemat, bisa memilih akomodasi di pinggiran kota atau shared accommodation dengan mahasiswa lainnya.

3. Asuransi Kesehatan 

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kuliah di Kanada, Salah Satunya dengan Seneca College

Sumber: Pexels

Jauh dari keluarga, kamu wajib menyiapkan asuransi kesehatan. Terkadang, dalam masa penyesuaian dengan iklim di Kanada, belum tentu tubuh bisa terbiasa. Penyakit-penyakit seperti flu pun bisa menghinggap. Nah, di sini lah peran asuransi kesehatanmu akan terpakai. Dengan asuransi kesehatan ini, kamu nggak perlu membayar biaya pengobatan lagi. 

Asuransi kesehatan ini biasanya harus kamu buat jauh-jauh hari sebelum berangkat. Pastinya akan sangat bingung memilih asuransi kesehatan yang polisnya sesuai dengan kamu. Makanya, sebelum kamu berangkat, sebaiknya konsultasikan asuransi kesehatan mana yang cocok denganmu. Jangan sampai tertipu dengan asuransi kesehatan bodong, ya!

4. Pelajari Gaya Hidup dan Budaya Kanada

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kuliah di Kanada, Salah Satunya dengan Seneca College

Sumber: Pexels

Gaya hidup dan budaya di Kanada dan Indonesia pastinya berbeda sekali. Nggak jarang hal ini membuat banyak mahasiswa internasional mengalami culture shock bahkan sampai homesick berkepanjangan. Untuk itu, penting banget untuk kamu mempelajari gaya hidup dan budaya di Kanada sebelum berangkat.

Kamu bisa mempelajarinya lewat website-website atau bertanya dengan sesama mahasiswa dari Indonesia yang sudah berkuliah di sana. Sesampainya di sana, perkaya pengetahuan kamu tentang budaya mereka dengan bergaul dengan warga lokal, mengunjungi cafe-cafe lokal sampai mengikuti festival yang diadakan. Dijamin kamu lebih mudah beradaptasi dan tentunya kehidupan selama berkuliah jadi lebih nyaman dan lancar!

5. Apply ke Seneca College

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kuliah di Kanada, Salah Satunya dengan Seneca College

Sumber: Wikimedia

Salah satu kegagalan yang sering mahasiswa internasional hadapi adalah kurang memenuhi persyaratan akademis atau Bahasa Inggris dari universitas mereka tuju. Supaya kamu nggak gagal, ada baiknya kamu mengikuti program dari Seneca College guna menyiapkan diri sebelum kuliah. Apalagi program yang disiapkan oleh Seneca College juga banyak dan bisa kamu pilih sesuai dengan jurusan yang kamu ambil. 

Nggak hanya menyiapkan diri secara akademis, staff dari Seneca College juga akan memberikan bimbingan belajar sampai persiapan ujian dengan dukungan pembelajaran secara online. Jadi kamu bisa terus menyiapkan diri dengan mengikuti pembelajaran online dimanapun kamu berada. Setelah terdaftar di Seneca College, kamu akan mengikuti masa orientasi supaya lebih dekat dengan sesama siswa, kampus, juga program-program yang ada.

Jika kamu menemukan banyak kebingungan dalam mendaftar kuliah di luar negeri, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan SUN Education. Mulai dari dokumen persyaratan kampus, visa, hingga akomodasi bisa kami bantu, lho! Kuliah luar negeri bukan sekedar impian, wujudkan dengan SUN Education!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu

Tinggalkan Balasan