Les Roches Jin Jiang, Pintu Menuju Karir di Bidang Hospitality
12 Februari 2018
Langkah Mendapatkan Visa Pelajar di UK
21 Februari 2018

Serba-Serbi Kuliah di Belanda dan Info Beasiswa

Serba-Serbi Kuliah di Belanda dan Info Beasiswa. Begitu banyak alasan mengapa Belanda merupakan destinasi yang menarik bagi siswa internasional untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dikutip dari studyinholland.nl, lebih dari 112.000 siswa internasional, termasuk 1.200 siswa dari Indonesia yang melanjutkan pendidikan ke Negeri Kincir Angin tersebut selama tahun ajaran 2016-17.

Penasaran seperti apa serba-serbi kuliah di Belanda? Berikut informasi tentang kuliah di Belanda dan info beasiswa dari Student Counselor Nuffic Nesso Indonesia, Viddy M. Naufal yang dibagikan pada peserta di seminar bertajuk “Study in Holland and Scholarship Info Session”di acara UK & Europe Education Expo pada Minggu, 11 Februari 2018 di Jakarta:

 

Negara Kedua Berbahasa Inggris

Dilansir dari situs Neso Indonesia, 95% dari penduduk Belanda mahir dalam penggunaan bahasa Inggris, sehingga memudahkan siswa internasional berkomunikasi sehari-hari. Begitu juga dalam pembelajaran di institusi atau universitas, sudah lebih dari 2.100 program untuk sarjana dan pascasarjana yang diajarkan dalam Bahasa Inggris.

 

Orientasi Pendidikan

“Universitas di Belanda enggak ada yang jelek. Semuanya sama baiknya secara kualitas. Yang membedakan adalah fokus program studi dan juga fokus risetnya,” jelas Viddy.

Kuliah di Belanda dan Info Beasiswa

Student Counselor Nuffic Nesso Indonesia Viddy M. Naufal membagikan informasi tentang kuliah di Belanda dan info beasiswa di Belanda. Foto/Dok. SUN

Karena itu, Anda perlu tahu gambaran orientasi pendidikan universitas-universitas di Belanda yang memiliki dua jenis orientasi, yaitu penelitian yang ditawarkan oleh research university dan ilmu terapan yang ditawarkan oleh university of applied sciences.

Research university di Belanda umumnya masuk ke Top 200 peringkat dunia. Jenjang studi yang ditawarkan adalah dari bachelor (sarjana), master (magister), sampai PhD (doktor). Sementara, umumnya, universitas terapan di Belanda tidak masuk ke dalam peringkat dunia, namun bukan berarti kualitas pengajarannya diragukan. Hal ini karena universitas terapan berorientasi pada projek, bukan riset. Maka dari itu untuk jenjang studi hanya dari bachelor sampai master.

 

Peluang Kerja

Sebagai siswa, Anda harus mendaftar ke Dutch Chamber of Commerce untuk izin kerja. Anda berkesempatan untuk bekerja 10 jam per minggu, baik di weekend atau weekdays.

Setelah kelulusan dari kuliah, Anda bisa mengajukan student orientation year visa, yaitu visa untuk Anda tinggal selama setahun. Walaupun visa hanya untuk tinggal satu tahun, tapi Anda bisa tinggal maksimal tiga tahun setelah selesai studi. Visa ini bisa digunakan untuk tujuan cari kerja, magang, atau riset. Jika dalam satu tahun Anda memiliki kerja permanen, nantinya perusahaan wajib mensponsori Anda untuk memperpanjang visa.

 

“Home Away from Home”

Walaupun jauh dari Tanah Air, siswa Indonesia tetap bisa merasa seperti berada di rumah. Anda bisa menemukan makanan-makanan Indonesia, seperti rawon, tempe, ketoprak, dan sebagainya.

 

Biaya Kuliah dan Biaya Hidup

Viddy menjelaskan bahwa biaya kuliah dan hidup di Belanda sangat sepadan bahkan lebih dari apa yang diterima ketika studi di sana. Bahkan, biaya-biaya tersebut lebih rendah daripada di negara-negara berbahasa Inggris lainnya.

Biaya kuliah di Belanda sekitar EUR6.000 – EUR12.000 per tahun untuk sarjana (1 Euro = Rp.16.850 per 14 Feb 2018). Sedangkan pascasarjana sekitar EUR8.000 – EUR20.000 per tahun. Biaya hidup berkisar EUR850 per bulan untuk makan, transportasi, housing, dan keperluan studi. Tapi, Viddy melanjutkan, jika kita menyesuaikan gaya hidup kita seperti warga Belanda, seperti naik sepeda, masak makanan sendiri, biaya hidup bisa diminimalisir menjadi EUR600 – EUR700 per bulan.

Menyesuaikan gaya hidup seperti warga Belanda dapat menekan biaya hidup lebih murah. Sumber: Stuff Dutch People Like

 

Info Beasiswa

Beasiswa untuk studi ke Belanda tersedia banyak sekali, baik dari pemerintah Belanda maupun pemerintah Indonesia. Dari Dutch government, tersedia dari Stuned, Orange Knowledge program, Holland scholarship.

Dari Indonesian government: LPDP, BUDI, MORA, dan lainnya. Dari Dutch Higher Education institutions: OTS, Leiden excellent Scholarship, Saxion Talent Scholarship. Dari European Union: Erasmus-SHARE, dan lainnya.

Anda bisa mendaftar berbagai pilihan beasiswa. Jika Anda lulus semua beasiswa, Anda punya hak untuk memilih salah satu. Jika Anda mendapat beasiswa parsial, Anda bisa saja mencari sumber beasiswa lainnya untuk kebutuhan Anda, dengan catatan si pemberi beasiswa tersebut mengizinkan Anda.

 

Bagaimana Memulai Studi di Belanda?

Ada search engine bernama Study Finder (studyfinder.nl) untuk membantu Anda mencari universitas mana saja di Belanda yang menyediakan program atau jurusan yang diinginkan. Kalau masih merasa belum puas dengan informasi yang ada, Anda bisa mencari informasi mengenai program di universitas yang bersangkutan, publikasi riset dari professor, dan alumni career centre-nya.

Bagi Anda yang ingin mendaftar, terdapat portal dari pemerintah yang ada di universitas untuk siswa bisa daftar sampai empat universitas, yaitu Studylink. Tapi tak semua universitas menggunakan portal ini, sehingga Anda diharapkan untuk bisa cek ke halaman web admission setiap universitas.

Umumnya, lampiran isi formulir aplikasi mencakup ijazah terakhir pendidikan Anda, transkip nilai, English Language certificate (IELTS atau TOEFL), motivation statement, CV, dan reference letter.

 

Waktu yang Tepat untuk Mendaftar Studi dan Beasiswa

Viddy memberikan tips lebih lanjut soal pendaftaran kuliah ke universitas di Belanda. Anda dapat mendaftarkan formulir aplikasi dan dokumen enam sampai sembilan bulan sebelum program studi Anda dimulai. Biasanya di Belanda hanya ada big intake di bulan September tiap tahunnya.

Teruntuk Anda yang ingin mengikuti program beasiswa, hati-hati supaya jadwal pendaftaran studi tidak bertabrakkan dengan jadwal pendaftaran beasiswa. Waktu untuk mendapat Letter of Acceptance (surat penerimaan) universitas berkisar antara empat sampai enam minggu setelah pendaftaran ke universitas. Agar bisa mendapatkan LOA, Viddy menyarankan pada siswa supaya mendaftar dari jauh-jauh hari sebelum deadline pendaftaran beasiswa.

 

Nah, itu dia informasi kuliah di Belanda dan info beasiswa. Ingin lebih mudah mengurus pendaftaran untuk studi di Belanda? Hubungi konselor kami di kantor SUN Education terdekat atau kunjungi SUN Course Navigation untuk mendapatkan informasi mengenai studi di Belanda, serta universitas dan program yang ada. (SJV)

Tinggalkan Balasan