biaya kuliah jurusan aktuaria
Berapa Sih Biaya Kuliah di Jurusan Aktuaria Kampus Terkemuka Australia?
11 Juli 2022
biaya kuliah di university of sydney
Psst.. Ini Biaya Kuliah Ilmu Seni yang Top di University of Sydney!
12 Juli 2022

Ilmu Pertanian dan Ekonomi dalam Mata Kuliah Jurusan Agribisnis

hasil pertanian

Buat kamu yang memiliki passion menjadi pebisnis dan mau melanjutkan studi di bidang tersebut, kita bahas jurusan agribisnis yuk! Biar makin siap masuk ke jurusan ini, kita bahas mulai dari mata kuliah jurusan agribisnis sampe peluang karir lulusannya. Simak terus artikelnya ya!

Sesuai namanya, istilah agribisnis menggabungkan 2 bidang studi. Yaitu, bagaimaana kamu mampu mengelola bisnis yang berhubungan dengan hasil pertanian. Tapi kamu bukan hanya berurusan dengan bisninya saja loh. Kamu juga harus memahami proses dari awal pembibitan, pengolahan hasil panen, hingga produk tersebut siap masuk ke pasar.

Itu mengapa, jurusan Agribisnis di Indonesia bisa terbagi ke dalam 2 fakultas yang berbeda, yaitu Fakultas Pertanian atau Fakultas Ekonomi.

mata kuliah jurusan agribisnis

 

BACA JUGA: Ini Syarat Umum Masuk Jurusan Pertanian buat Mahasiswa Asing!

 

Pilihan mata kuliah jurusan agribisnis

Sebagai seorang calon mahasiswa jurusan Agribisnis, tentunya kamu penasaran apa saja mata kuliah yang akan kamu temukan nantinya di kelas. Sebagian besar, materi perkuliahan akan berhubungan dengan ilmu biologi, ilmu pertanian, dan ilmu ekonomi. Dengan mempelajari materi tersebut, kamu menjadi harapan dalam menggerakan perekonomian masyarakat dari sektor pertanian.

1. Pengantar Ilmu Pertanian

Materi ini tentunya menjadi mata kuliah jurusan agribisnis yang wajib kamu kuasai di awal perkuliahan. Di sini, kamu akan berkenalan dengan sistem pertanian yang dasar, mulai dari kondisi lahan pertanian hingga proses panen.

2. Pengantar Ilmu Teknologi Pertanian

Setelah mendapatkan dasar-dasar dari ilmu pertanian, kamu perlu memahami bagaimana peran teknologi mampu meningkatkan produksi hasil tani dan memudahkan tugas manusia. Selain itu, lewat teknologi ini juga menyeimbangkan proses panen yang lebih ramah lingkungan. 

3. Pengantar Ilmu Ekonomi

Sebagai akar dari jurusan agribisnis, kamu akan memahami prinsip dasar dan ilmu ekonomi. Kamu akan memahami bagaimana hasil tani dapat mempengaruhi kondisi perekonomian mulai dari mikro hingga makro. Selain itu, kamu juga akan mengenal prinsip dasar dari ekonomi kerakyatan karena nantinya proses panen bergantung pada masyarakat di area pertanian.

mata kuliah jurusan agribisnis

4. Koperasi dan Usaha Pertanian

Karena di dalam agribisnis kamu akan banyak melibatkan masyarakat dari berbagai kelas ekonomi, penting untuk memahami proses dan prinsip dari sistem koperasi. Dari bentuk koperasi ini, nantinya diharapkan para petani juga mampu membangun bisnis sendiri lainnya, yang akhirnya kamu mampu menggerakan roda perekonomian dari hulu hingga hilir.

5. Pemasaran Hasil Pertanian

Sesuai namanya, kamu akan mempertajam kemampuan memasarkan suatu produk dari mata kuliah jurusan agribisnis yang satu ini. Sebab, pemasaran sangat erat dengan bisnis dan saling mengisis satu sama lain, termasuk dalam dunia agribisnis.

6. Komunikasi dan Penyuluhan Pertanian

Bukan hanya mengasah kemampuan bisnis dan pertanian, kamu juga harus mampu menguasai skill komunikasi yang baik. Tujuannya, selain penting untuk kerjasama antar tim, kamu harus mampu menggerakkan dan menyamakan sudut pandang di setiap elemen masyarakat ketika nanti sudah terjun di pekerjaan.

mata kuliah jurusan agribisnis

BACA JUGA: Ini Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak SMK!

Alasan memilih jurusan agribisnis

Sebagai negara agraris, Indonesia kaya akan berbagai jenis komoditas di bidang pertanian. Namun, belum semua lapisan merasakan keuntungan dari kayanya sumber daya alam hortikultua kita. Selain itu, kebanyakan orang masih memandang sebelah mata untuk mengelolan indsutri di bidang pertanian.

Seorang lulusan jurusan agribisnis nantinya menjadi harapan negara agar bisa mengelola pertanian jadi industri 4.0. Bagaimana para petani mampu melihat peluang dan memanfaatkaan era teknologi dalam memaksimalkan hasil panennya.

mata kuliah jurusan agribisnis

Salah satu tantangan yang harus kamu benahi adalah mengatur sistem supply chain yang terstruktur.  Mulai dariproses panen di lahan pertaninan, jalur distribusi, pengelolaan petani, hingga menjaga kualitas produk saat sampai di tangan pelanggan. Dengan begini, petani bisa hidup lebih makmur dan mendorong upaya menghasilkan hasil tani yang lebih baik.

 

Itulah sedikit gambaran tentang perkuliahan agribisnis. Setelah kamu tahu apa saja mata kuliah jurusan agribisnis yang akan kamu hadapi, harapannya kamu bisa lebih siap dan tambah semangat memasuki jurusan ini!

Nah, tambah seru lagi karena banyak pula universitas luar negeri yang menawarkan jurusan agribisnis. Kalau kamu mau tau lebih banyak apa saja universitas yang menyediakannya, langsung aja konsultasi bersama SUN Education. Selain informasinya lengkap, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya alias GRATIS!

 

Cek juga SUN E-Guide Book untuk mencari tahu lebih jauh tentang informasi program beasiswa di universitas luar negeri. Kamu bisa akses langsung dari gadget kamu, kapan pun dan di manapun! Tambah seru lagi karena ini semua dijamin GRATIS! 

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Tinggalkan Balasan