Kuliah Program Double Major Murdoch di Kaplan Singapura
Kuliah Program Double Major Murdoch di Kaplan Singapura
10 Mei 2017
Program Sarjana Manajemen Hotel Di Institut Glion
Program Sarjana Manajemen Hotel Di Institut Glion
12 Mei 2017

Ingin Jadi Dokter, Ini Hal Penting Yang Perlu Kamu Ketahui

Ingin Jadi Dokter, Ini Hal Penting Yang Perlu Kamu Ketahui

Menjadi seorang dokter adalah impian banyak orang. Bagaimana tidak? Seseorang dengan profesi dokter biasanya dianggap pintar, memiliki gaji besar, serta pekerjaannya dipandang mulia karena mampu menolong, bahkan menyembuhkan orang yang sedang sakit. Tapi, nyatanya menjadi seorang dokter bukan soal itu saja.

“Menjadi dokter bukan hanya pekerjaan. Ini adalah panggilan yang membawa kamu masuk,” ungkap Rudy Bilous, seorang professor dan juga Dekan Clinical Affairs di Newcastle University Medicine Malaysia, dalam seminarnya yang bertajuk “So, You Want To Be A Doctor?” pada acara World Top 250 Prestigious Expo yang diselenggarakan SUN Education Group di Hotel Mercure Alam Sutera, Tangerang, pada Sabtu (6/5/2017).


Rudy Bilous membawakan materi di seminarnya yang bertajuk “So, You Want to Be A Doctor?” di Hotel Mercure Alam Sutera, Tangerang pada Sabtu (6/5/2017) / Sumber: Dok. SUN

Seminar ini mengupas lebih dalam tentang hal apa saja yang penting diketahui dan dipersiapkan dibalik profesi dengan seragam jas putih tersebut. Dalam presentasinya, Rudy menegaskan bahwa seseorang yang ingin menjadi dokter harus memiliki alasan yang kuat dan yakin dengan kemampuan diri, bukannya alasan yang mengada-ngada atau terpaksa. Misalnya, alasan menjadi dokter hanya karena suka dengan drama tentang medis di televisi atau karena latar belakang keluarga berprofesi dokter. “Sebelum masuk ke dalam sekolah kedokteran, tanyakan pada diri sendiri. Apa yang saya sukai? Apa yang memotivasi saya? Apa kekuatan dan kelemahan saya?” lanjut Rudy.


Satu hal yang perlu disadari bahwa menjadi seorang dokter berarti harus siap dalam menjalani proses yang panjang dan mengemban tanggung jawab yang besar. Rudy sendiri mengakui bahwa profesi ini menuntut waktu secara emosional dan fisik, lantaran para calon dokter pastinya akan menempuh “perjalanan” yang tidak mudah, seperti membutuhkan biaya pendidikan dan pelatihan yang besar, serta program sarjana yang panjang dan intens.


Belum lagi setelah lima tahun lulus sarjana kedokteran, hal tersebut hanyalah permulaan, karena dikatakan Rudy bahwa para lulusan ini harus mengikuti persaingan untuk training khusus yang bisa saja sulit. Tak sampai di situ, ketika resmi menjadi dokter pun mereka harus siap pada situasi dan reaksi yang tidak terduga, seperti halnya menghadapi pasien yang sekarat, bahkan sampai pada kematian pasien.


Mahasiswa di New Castle Medicine Malaysia / Sumber: situs New Castle UK University

Maka dari itu, menjadi dokter, lanjut Rudy, bukan hanya soal menjadi cerdas, tahu segala hal, dan bekerja keras. Para dokter juga membutuhkan softer skills. Apa saja itu?
Rudy menyebutkan bahwa seorang dokter harus mampu berkomunikasi secara jelas dan penuh perhatian dengan semua pasien. Selanjutnya, seorang dokter juga harus memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik dan mampu memecahkan masalah. Dalam hal ini artinya seorang dokter harus mampu mengatasi ketidakpastian mengenai suatu kondisi, mengenal keterbatasan diri sendiri, tapi tetap berusaha memperbaiki diri. Hal lain yang penting terkait dengan softer skills adalah seorang dokter harus mempunyai integritas dan kerja sama yang baik.


“Anda harus memiliki integritas, kejujuran, dapat dipercaya, dan Anda harus bisa bekerja dalam tim, dengan orang lain,” lanjut Rudy.


Rudy memberikan tips bagi siswa yang masih duduk di bangku sekolah dan ingin melanjutkan pendidikan kedokteran di universitas agar mulai dari persiapan ujian masuk universitas dengan baik, seperti membaca pertanyaan dengan cermat, jangan menghafal, konsentrasi pada dasar pemahaman, mempersiapkan berbagai topik studi, dan mampu berlapang dada untuk menerima kegagalan.


Pastikan juga memilih institusi yang tepat dalam belajar. Jika kamu berminat untuk melanjutkan kuliah kedokteran, salah satu universitas dengan jurusan kedokteran yang memiliki kualitas pengajaran terbaik adalah Newcastle University Medicine Malaysia.


Kampus Newcastle University Medicine Malaysia (Sumber: situs Newcastle University UK)

Pada 2015, Universitas Newcastle Medicine Malaysia dikonfirmasi sebagai salah satu universitas kedokteran terkemuka di dunia oleh Leiden Ranking – peringkat kinerja penelitian internasional yang sangat dihormati. Ini menempatkan Fakultas Ilmu Kesehatan Newcastle di 50 besar di dunia untuk ilmu biomedis dan kesehatan. Universitas ini memiliki pendidikan kedokteran umum untuk semua jenis dokter.


Untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Newcastle Malaysia Medicine University, kunjungi situs resminya www.ncl.ac.uk. Untuk bantuan dalam pengurusan studi luar negeri, silakan hubungi kantor SUN Education terdekat. (SJV)

 

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!