wisata Singapura
Rekomendasi Wisata Budget-Friendly Buat Mahasiswa di Singapura
12 Agustus 2022
Peluang Kerja Jurusan Hukum
5 Peluang Kerja Jurusan Hukum yang Paling Menjanjikan
16 Agustus 2022

Inilah Mata Kuliah Teknik Industri, Catat Ya!

Mengetahui mata kuliah teknik industri sangat penting buat calon mahasiswa jurusan ini. Dengan mengetahui mata kuliahnya, kamu bisa mempersiapkan dengan mengasah pengetahuan kamu. Apalagi di pelajaran-pelajaran yang menjadi dasar mata kuliah teknik industri. Namun, perlu kamu ketahui kalau jurusan teknik industri ini merupakan cabang ilmu yang lebih “sosial” dibandingkan yang lainnya karena berhubungan dengan penerapan dan cakupan bahasannya. Seperti apa sih mata kuliah teknik industri? Yuk, baca selengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika di Tahun Pertama di Singapura

Mata kuliah teknik industri

Mata kuliah teknik industri

Jurusan teknik industri mempunyai tujuan dalam memberikan skill dalam melakukan analisis serta memberikan solusi dalam masalah industri. Untuk mewujudkan tujuan ini, makanya mata kuliah teknik industri pun dirancang sedemikian rupa untuk memberikan materi-materi ini.

Pada semester pertama, tentunya mata kuliah yang kamu dapat akan sangat mendasar seperti Kalkulus, Pengantar Teknik Industri, Probabilitas, Aljabar, Kimia, Teknik Menggambar dan lainnya. Barulah di semester kedua kamu akan mempelajari Basic Programming, Konsep Keteknikan Peradaban, hingga Mekanik Teknisi. Di Indonesia, gelar sarjana teknik industri bisa ditempuh dalam 4 tahun. Buat kamu yang mau kuliah di luar negeri, durasinya bahkan bisa lebih singkat lagi, lho!

 

Teknik industri belajar apa aja?

Belajar apa aja?

Teknik industri belajar apa aja, sih? Seperti yang dibilang sebelumnya, jurusan ini nggak terlalu teknik banget. Bidang ini mempelajari tentang proses industri dari kacamata teknik dan manajemen. Jadi, jangan heran kalau mahasiswa dari jurusan teknik lain yang bilang jurusan ini “nggak teknik banget”. 

Coba deh kamu lihat mata kuliah teknik industri, banyak yang mata kuliahnya menekankan pada sisi manajemen dari suatu industri. Jadi, kamu nggak hanya belajar soal mesin manufakturnya saja, tapi juga sistem manajemen dari sebuah pabrik. Nah, bagi kamu yang berminat mendalami bidang manajemen dan teknik, jurusan teknik industri ini bisa jadi pilihan kamu. Sekarang udah tahu kan teknik industri belajar apa aja?

BACA JUGA: Biaya Kuliah Jurusan Teknik Mesin di 5 Uni Top Australia

Prospek kerja teknik industri

Prospek kerja teknik industri

Industri merupakan sektor ekonomi yang fundamental di semua negara di dunia. Pertumbuhan industri yang terus meningkat membuat lapangan pekerjaan untuk peraih gelar jurusan teknik industri ini tetap terbuka lebar bahkan setelah kamu lulus kuliah. Lalu karir apa saja sih yang tersedia buat lulusan teknik industri?

Prospek kerja teknik industri bisa membawamu bekerja di divisi Quality Control untuk memastikan sistem produksi sesuai dengan standarisasi pabrik, divisi sistem informasi dimana kamu mengolah informasi, atau divisi produksi yang berhubungan dengan pengendalian dan optimalisasi sebuah proses manufaktur juga karir lain yang masih terbuka lebar untuk peraih gelar sarjana teknik industri ini. Jadi, prospek kerja teknik industri mana yang kamu pilih?

Bisakah kuliah jurusan teknik industri di luar negeri?

Bisakah kuliah jurusan teknik industri di luar negeri

Bisa dong! Kamu punya pilihan untuk kuliah jurusan teknik industri di universitas luar negeri. Bedanya apa dengan kuliah di Indonesia? Meski sebenarnya bidangnya sama, tetapi sudut pandang dan metode pengajaran dosennya jelas berbeda. Selain itu biasanya durasi untuk jurusan Industrial Engineering ini lebih cepat dibandingkan di Indonesia, sekitar tiga tahun saja.

Buat kamu yang berminat kuliah jurusan teknik industri di luar negeri, jangan lupa untuk siapkan semuanya bersama SUN Education. Informasi tentang jurusan teknik industri dan lainnya juga bisa kamu dapatkan di SUN Mobile App yang bisa kamu download secara GRATIS dari Play Store maupun App Store. Jadi tunggu apa lagi, download SUN Mobile App sekarang juga!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan