mengurus visa china
Cara Mengurus Visa Pelajar ke China
25 Mei 2021
university of auckland
Wajib Tahu! Universitas Terbaik di New Zealand: University of Auckland
25 Mei 2021

Jurusan Bahasa Bisa Masuk Fakultas Apa Saja? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

jurusan bahasa bisa masuk fakultas apa saja

Jurusan bahasa merupakan salah satu jurusan kuliah di bidang sosial dan humaniora yang bisa kamu pilih jika tidak ingin mengambil jurusan sains dan teknologi. Meskipun banyak orang menganggap ini jurusan yang mudah, nyatanya jurusan ini juga memberikan tantangan tersendiri. Kali ini SUN Education akan membahas seluk beluk mengenai jurusan bahasa, termasuk fakultas di mana jurusan ini berada. 

Jurusan Bahasa

Sebagai bidang studi, jurusan bahasa mempelajari penggunaan suatu bahasa tertentu, termasuk dari sisi linguistiknya. Jurusan bahasa lebih dari sekadar mempelajari bahasa tertentu, namun juga mempelajari struktur dan pola serta asal-usul bahasa tersebut. Jika kamu mengambil jurusan bahasa di Indonesia, biasanya sastra dan budaya juga termasuk dalam kurikulumnya. Ketiga hal tersebut cenderung tidak terpisahkan satu sama lain. 

Berbagai Jurusan Bahasa di Indonesia

Ada banyak pilihan jurusan sastra yang bisa kamu pelajari lebih lanjut di tingkat sarjana di Indonesia. Berikut adalah penjelasan masing-masingnya. 

Bahasa/Sastra Indonesia

Jurusan Bahasa atau Sastra Indonesia mempelajari linguistik dan sastra dengan bahasa Indonesia sebagai objeknya. Pembelajaran akan dimulai dengan pengenalan linguistik dan berbagai aspek bahasa mulai dari menyimak, menulis, berbicara dan memahami wacana. Sebagai bukti kamu ahli dalam Bahasa Indonesia, kamu mungkin akan diminta melakukan Ujian Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) pada akhir pendidikan. 

Bahasa/Sastra Inggris

Menggunakan bahasa Inggris sebagai objeknya, jurusan Bahasa/Sastra Inggris juga mempelajari linguistik, sastra, serta sejarah dan budaya. Beberapa mata kuliah yang akan kamu temukan antara lain Basic English Grammar, Basic English Grammar, dan English Morphology and Syntax. Untuk lulus dari jurusan ini, kamu harus menulis skripsi dalam bahasa Inggris. 

jurusan bahasa bisa masuk fakultas apa saja

Source: Envato

Bahasa Asing

Selain bahasa Inggris, banyak universitas di Indonesia yang menawarkan jurusan bahasa asing seperti bahasa Jerman, Rusia, Jepang, Korea, Arab, dan sebagainya. Secara umum, kamu akan mempelajari linguistik, sastra, dan budaya dari masing-masing negara tersebut. Kamu mungkin juga wajib mengambil ujian kompetensi sebagai salah satu syarat kelulusan dari masing-masing jurusan tersebut. 

Bahasa Daerah

Indonesia sangat terkenal sebagai dengan berbagai bahasa daerah yang tersebar di seluruh penjuru tanah air. Universitas negeri yang berada di daerah umumnya menyediakan program studi khusus yang mempelajari seluk beluk bahasa dan budaya daerah setempat. Beberapa bahasa daerah yang sering menjadi bahan pembelajaran antara lain adalah Jawa, Bugis, Melayu, Minangkabau, Batak, dan Bali. 

Fakultas yang Menyediakan Jurusan Bahasa

Secara umum, jurusan bahasa di Indonesia bisa masuk ke dalam Fakultas Sastra atau yang belakangan berubah menjadi Fakultas Ilmu Budaya. Dalam Fakultas Ilmu Budaya sendiri pendekatan pembelajaran bahasa jauh lebih teoritis dengan berbagai pendekatan budaya. Kamu akan melihat bahasa lebih dari sekadar alat komunikasi, namun juga sebagai bagian dari budaya dengan segala filosofinya. 

Oleh karena itu, setelah lulus dari jurusan bahasa di Fakultas Ilmu Budaya kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Humaniora (S.Hum). Gelar tersebut dianggap lebih mewakili kualitas pengetahuan dan keahlian jurusan bahasa dari sisi humaniora, tidak hanya sastra. Sementara dulu, sewaktu jurusan bahasa masih di bawah naungan Fakultas Sastra, lulusannya akan mendapatkan gelar Sarjana Sastra (SS). 

Jurusan Bahasa di Luar Negeri

Sementara di luar negeri, jurusan bahasa berada dalam program studi yang sangat beragam dan pendekatan yang juga variatif. Jurusan ini bisa berada di fakultas ilmu sosial, fakultas ilmu internasional dan sebagainya. Gelar yang ditawarkan pun sangat beragam, namun umumnya adalah Bachelor of Art (BA) dan Bachelor of Science (BS). 

Beberapa program terkait bahasa dan humaniora di luar negeri termasuk Linguistic dan bahasa modern seperti German, French, Spanish dan lain-lain. Di mana bahasa bisa dipelajari dari sisi linguistiknya saja, atau dengan mendalami bahasa tertentu. 

Prospek Kerja Jurusan Bahasa/Linguistik

Seperti disampaikan sebelumnya jurusan bahasa lebih dari sekadar mempelajari suatu bahasa, namun juga mempelajari bahasa itu sendiri. Oleh karena itu, lulusan jurusan ini memiliki peluang karir yang lebih terbuka dan luas di masa depan. 

Profesor linguistik

Seperti sempat disebutkan sebelumnya, bahasa bukan hanya mempelajari suatu bahasa, namun juga mempelajari “bahasa” itu sendiri. Bahasa merupakan alat komunikasi yang kompleks karena mendapat pengaruh dari subjektif penutur, maupun budaya dan filosofinya. Oleh karena itu, seorang profesor linguistik akan selalu dibutuhkan dalam pendidikan bahasa dan humaniora. 

Penerjemah

Jika kamu mempelajari bahasa asing, kamu sangat berpotensi untuk menjadi penerjemah baik translator atau interpreter. Meski secara sama-sama menerjemahkan bahasa, tugas translator dan interpreter berbeda secara teknis. Translator umumnya menerjemahkan bahasa secara tertulis, sementara interpreter menerjemahkan secara lisan. Jika kamu dapat menerjemah secara spontan, menjadi interpreter akan lebih cocok buatmu. 

Leksikograf

Semua orang pasti mengenal kamus, namun tidak cukup familiar dengan istilah yang satu ini. Leksikograf adalah ahli perkamusan atau orang yang ahli dalam menyusun kamus. Jika suatu kata dan maknanya berkembang dan dipahami secara bersama dalam masyarakat, maka kata tersebut akan ditandai oleh leksikografer untuk dimasukkan ke dalam kamus. Leksikografer juga bertugas untuk selalu memperbarui kesesuaian makna kata pada kamus.

Pengajar Bahasa Asing

Jika kamu mempelajari bahasa asing, salah satu pilihan karir yang dapat kamu ambil ke depannya adalah menjadi pengajar. Kamu bisa bekerja sebagai privat, bergabung dengan lembaga kursus tertentu, maupun menjadi guru di sekolah. 

jurusan bahasa bisa masuk fakultas apa saja

Source: Envato

Ahli Bahasa Forensik

Selama kamu masih terus mau belajar dan menambah keterampilanmu, lulusan bahasa bahkan juga bisa berkarir dalam bidang forensik. Ahli bahasa forensik biasanya terlibat dalam penyelidikan kasus seperti panggilan darurat, ancaman kejahatan, hingga surat wasiat. Dalam tingkat yang lebih tinggi, seorang ahli forensik bahkan bisa bekerjasama dengan agen seperti FBI dan CIA.

Technical Writer

Penulis adalah salah salah satu profesi yang adaptif sehingga juga sangat dibutuhkan di era digital. Sebut saja technical writer yang terlibat dalam pengembangan program komputer. Seorang technical writer akan bekerja sama dengan bagian desain, developer dan penguji untuk memberikan konten terbaik pada sebuah program atau aplikasi. 

Ahli Bahasa Komputasi

Prospek kerja jurusan bahasa di bidang ini mungkin belum banyak ditemui di Indonesia, namun mulai banyak dibutuhkan di luar negeri. Bidang interdisipliner ini menggabungkan bahasa manusia dengan linguistik komputasi untuk dapat memecahkan berbagai masalah. Posisi ini banyak dicari di industri teknologi seperti Kecerdasan Buatan, mesin penerjemah, dan sebagainya. 

Nah, itu dia seluk beluk mengenai jurusan bahasa, mulai dari pilihan, fakultas yang menyediakan, hingga prospek kerjanya. Semoga memberimu pencerahan, ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!.

 

Tinggalkan Balasan