Beasiswa Luar Negeri dari Universitas Terkemuka Dunia yang Mudah Didapat
1 Februari 2021
Pameran Pendidikan Luar Negeri 2021 yang Beralih Virtual: Tetap Terasa Manfaatnya!
3 Februari 2021

“Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Saya?” Ini Jawabannya!

jurusan kuliah yang cocok untuk saya

Sumber: Freepik

“Jurusan kuliah apa yang yang cocok untuk saya ya?”

Pertanyaan ini sering memenuhi isi kepala pelajar tahun akhir di SMA. Tenang, kamu tidak sendirian. Ada ratusan bahkan ribuan pelajar SMA lain yang masih belum menemukan apa yang ingin mereka pelajari di bangku universitas. Nah, kali ini SUN Education akan membantu kamu ini memilih jurusan kuliah yang sesuai dan cocok dengan potensi yang kamu miliki. 

“Jika saya menyukai angka dan perhitungan…”

jurusan kuliah hitungan

Sumber: Freepik

Berikut adalah jurusan kuliah terkait dengan hitungan yang cocok buat kamu, baik di bidang IPA (sains dan teknologi maupun IPS (ilmu sosial dan humaniora). 

Matematika dan Pendidikan Matematika

Matematika yang akan kamu pelajari saat kuliah tentu saja merupakan level matematika yang lebih lanjut. Kamu dapat mengambil jurusan Matematika (murni) maupun Pendidikan Matematika jika ingin menjadi menjadi guru. Setelah lulus dari jurusan Matematika, kamu bisa menjadi Ahli Statistika, Ahli Matematika, Analis Keuangan, hingga guru atau dosen. 

Ilmu Fisika dan Pendidikan Ilmu Fisika

Jurusan Fisika termasuk ranah ilmu yang luas serta banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang industri. Hal ini lataran ilmu fisika identik dengan rumus dan perhitungan sehingga banyak dibutuhkan terutama oleh perusahaan pertambangan, serta minyak dan gas. Selain itu, kamu juga bisa meniti karir sebagai pengajar dan peneliti di bidang fisika. 

Ilmu Ekonomi, Akuntansi, dan Keuangan. 

Ketiga jurusan di atas adalah pilihan yang bisa kamu ambil dalam ranah ilmu sosial dan humaniora. Jurusan-jurusan tersebut berada dalam bidang yang saling terkait satu sama lain dan lulusannya pun selalu dibutuhkan dalam industri. Setelah lulus kamu bisa menjadi Konsultan Ekonomi, Konsultan Keuangan, Akuntan, Analis Keuangan dan sebagainya. 

“Jika saya tertarik dengan bidang kesehatan…”

jurusan bidang kesehatan

Sumber: Freepik

Bidang kesehatan tidak hanya kedokteran, lho! Berikut adalah jurusan kuliah di bidang kesehatan yang cocok untuk kamu pertimbangkan. 

Ilmu Gizi

Jurusan ilmu gizi adalah bagian ilmu kesehatan yang mempelajari pengaruh makanan terhadap kondisi kesehatan seseorang. Kamu akan banyak mempelajari ilmu biologi dan kimia jika mendalami bidang ini. Setelah lulus kamu dapat berkarir sebagai Ahli Gizi, Konsultan Nutrisi dan posisi lainnya yang terkait. 

Farmasi

Jurusan Farmasi termasuk bagian ilmu kesehatan yang cukup populer. Hingga saat ini maupun di masa yang akan datang, kimia dan obat-obatan memiliki pengaruh yang besar dalam kesehatan manusia. Oleh karena itu lulusan jurusan farmasi masih akan selalu dibutuhkan dalam industri kesehatan. 

Radiologi

Bidang kesehatan tentunya membutuhkan tenaga ahli untuk mengenali suatu hal-hal di dalam tubuh manusia menggunakan berbagai alat pemindai. Oleh karena itu, jurusan radiologi sangat dibutuhkan terutama untuk mengetahui adanya suatu kelainan atau penyakit. Selama kuliah, kamu akan banyak menghabiskan waktu di laboratorium. 

“Jika saya tertarik dengan seni dan kreativitas…”

jurusan kuliah yang cocok untuk si kreatif

Sumber: Freepik

Kamu yang tertarik dengan bidang seni dan kreatif cocok untuk melanjutkan studi dalam bidang-bidang berikut di bangku kuliah:

Desain Komunikasi Visual (DKV) atau Desain Grafis

Jurusan ini identik dengan anak-anak yang jago menggambar, padahal tidak selalu demikian. Nyatanya, jurusan desain grafis atau DKV lebih mengedepankan kreativitas dalam visualisasi secara digital. Kamu tentunya akan dilatih untuk terbiasa dengan berbagai alat dan program untuk menunjang kemahiran dan keterampilanmu dalam seni digital. 

Perfilman dan Animasi

Jurusan yang satu ini seringkali tidak terpikirkan oleh pelajar Indonesia yang masih duduk di bangku SMA. Jika kamu mengambil jurusan ini, tentunya kamu akan dihadapkan dengan proses kreatif yang seru di balik layar sebuah karya. Di luar negeri bahkan ada sekolah khusus untuk setiap bagian dalam bidang perfilman. 

Desain Busana

Di luar negeri, jurusan ini disebut dengan Fashion Design di mana kamu akan berfokus bagaimana untuk menghasilkan produk busana. Tidak hanya mendesain dan membuat pola, kamu juga akan mempelajari mulai bagaimana memilih bahan tekstil, proses produksi, pengembangan produk hingga pemasaran. 

“Jika saya ingin berkarir di bidang teknologi informasi…”

jurusan bidang teknologi

Sumber: Freepik

Bidang teknologi informasi cocok untuk kamu yang memiliki ketertarikan terhadap komputer, program, dan seluk-beluk teknologi lainnya. 

Ilmu Komputer (Computer Science)

Jurusan ilmu komputer adalah jurusan yang berfokus pada teori atau ‘sains’-nya komputer seperti cara kerja aplikasi, algoritma dan sebagainya. Jurusan kuliah ini cocok untuk kamu yang memiliki logika dan daya analisa yang tinggi. Lulusan jurusan ilmu komputer selalu dibutuhkan dari waktu ke waktu seiring dengan berkembangnya teknologi komputer.

Teknik Informatika

Meski setali tiga uang dengan jurusan Ilmu Komputer, nyatanya Teknik Informatika memiliki fokus studi yang berbeda. Jurusan ini lebih berfokus pada praktik dan penerapan ilmu komputasi secara profesional. Bagaimana membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi atau program komputer. 

Sistem Informasi

Sistem informasi adalah jembatan yang menghubungkan antara pemilik kebutuhan (industri) dengan programer atau developer. Komputer memiliki ‘bahasa’ tersendiri yang tidak dimengerti oleh orang kebanyakan. Nah, lulusan sistem informasi akan memiliki keahlian untuk menerjemahkan kebutuhan industri sehingga mungkin untuk diwujudkan dan dikembangkan. 

“Jika saya ingin kuliah di bidang pemasaran…”

jurusan kuliah marketing

Sumber: Freepik

Kamu yang senang bertemu dengan banyak orang, berbicara dan senang memasarkan sesuatu cocok untuk mengambil jurusan-jurusan berikut:

Pemasaran (Marketing)

Tahukah kamu bahwa jurusan pemasaran memiliki fokus studi yang luas dengan pilihan karir yang menjanjikan? Kamu dapat berkarir di bagian marketing perusahaan, di bidang Digital Marketing Specialist, hingga menjadi Event Planner. Bagi kamu yang senang memasarkan sesuatu, jurusan Pemasaran adalah jurusan kuliah yang cocok buatmu. 

Hubungan Masyarakat (Public Relation)

Jurusan ini mempelajari bagaimana menjaga hubungan baik dan citra suatu perusahaan atau badan dengan pihak lainnya yang terlibat. Dalam dunia kerja, staf humas akan berhubungan secara langsung dengan klien, partner, hingga investor. Dengan adanya hubungan baik tersebut, proses pemasaran akan dengan mudah dilakukan. 

Marketing Communication

Marcomm atau Marketing Communication adalah jurusan sering ditawarkan di universitas-universitas swasta dengan pilihan program studi yang variatif. Jurusan ini secara spesifik berfokus kepada strategi kreatif pemasaran lewat periklanan di berbagai media. Marcomm merupakan salah satu jurusan yang dicari dalam bidang kreatif dan periklanan, lho!

Sudah menemukan jurusan kuliah yang cocok untuk kamu?

jurusan kuliah yang cocok untuk saya

Sumber: Freepik

Dari berbagai bidang yang dijelaskan di atas, kamu sudah dibekali dengan berbagai jurusan untuk beberapa ketertarikan dan minat. Semoga pertanyaan “Jurusan kuliah apa ya yang cocok untuk saya” sudah dapat terjawab, ya! Jika belum, kamu sebaiknya berdiskusi dengan guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolahmu. Sementara jika kamu berniat melanjutkan studi ke luar negeri, kamu bisa berdiskusi dengan konsultan pendidikan seperti SUN Education lho!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.