Vita Student
28 Juli 2022
makanan khas singapura
Wajib Coba 5 Makanan Khas Singapura Pas Kuliah di Sana!
8 Agustus 2022

Jurusan Sastra Inggris – Syarat Masuk, Prospek Kerja dan Lain-lain

Jurusan sastra Inggris atau dikenal dengan jurusan sasing merupakan salah satu jurusan di dalam Fakultas Ilmu Budaya. Jurusan ini merupakan salah satu jurusan favorit buat anak SMA. Pasalnya, mau datang dari jurusan IPA atau IPS, semua bisa masuk ke jurusan sasing ini. That’s why, kompetisi buat masuk jurusan ini nggak pernah padam. Meski jadi favorit calon mahasiswa, tapi masih banyak lho yang bingung gimana masuk jurusan ini, apa saja yang dipelajari, hingga prospek kerja peraih gelar sarjana sastra Inggris. Daripada bingung, yuk, kita bahas tuntas tentang jurusan sastra Inggris! Ssst.. bakal ada penjelasan kelebihan dan kekurangan jurusan sastra inggris juga, lho!

Syarat menjadi mahasiswa jurusan sastra Inggris

jurusan sastra inggris

Sastra Inggris adalah bidang ilmu yang mempelajari bahasa Inggris. Tak hanya dari sastranya saja, tapi juga dari sisi linguistiknya. Makanya, semasa menjadi mahasiswa sastra Inggris, kamu akan banyak mengaji berbagai karya seperti puisi, novel drama, film berbahasa Inggris. Nggak sampai di situ kamu pun akan membahas tentang negara-negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa ibunya.

Dari pengertian jurusannya saja kita bisa menyimpulkan, untuk menjadi calon peraih gelar sarjana sastra Inggris tentunya kamu harus menyukai sastra dan budaya Inggris, nggak ketinggalan memiliki skill berbahasa Inggris yang baik. Jurusan ini bisa dipelajari di universitas dalam maupun luar negeri. Kalau kamu berminat kuliah jurusan ini di luar negeri, jangan lupa ketahui persyaratannya, ya! 

BACA JUGA: Hal-hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Kuliah Jurusan Psikologi

Yang dipelajari dalam jurusan sastra Inggris

Apa saja sih yang dipelajari dalam jurusan sastra Inggris? Apakah akan membahas sastra klasik Inggris saja? Nope, kamu nggak hanya akan belajar sastra Inggris saja, tetapi juga dari sisi linguistiknya. Nantinya kamu akan mempelajari tentang Media Discourse, Literary Criticism, Diction in Discourse, dan lain-lain. 

Selain itu, kamu juga akan sedikit mengenal ilmu psikologis, budaya, sosiologi bahkan berbagai macam ideologi yang ada di dunia. Nggak sembarangan, ilmu-ilmu tambahan ini justru dapat mendukung kemampuan kamu dalam menganalisis berbagai karya sastra. Nanti pasti cara kamu menyikapi dan memandang cerita-cerita di novel atau film jadi lebih kaya dan nggak akan sama seperti dulu deh!

Kelebihan dan kekurangan jurusan sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris

Kamu pasti penasaran kelebihan dan kekurangan jurusan sastra Inggris. Kelebihannya, tentunya kamu akan memiliki skill berbahasa level dewa! Apalagi bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang artinya kamu punya peluang untuk berkarir secara global atau di perusahaan multinasional. Bagi kamu yang suka membaca dan menganalisis, tentunya jurusan ini cocok banget. Soalnya kebanyakan nanti kamu akan belajar menganalisis segala bentuk karya sastra hingga film. Kamu pun akan terlatih menjadi orang yang teliti dan memiliki sudut pandang yang luas. Prospek kerja seorang peraih gelar sarjana sastra Inggris juga bagus jadi kamu ngga meragukannya lagi.

Kekurangannya tentu jurusan ini merupakan jurusan yang favorit karena bisa dimasuki oleh lulusan IPA maupun IPS karena itu jangan heran kalau passing grade-nya cukup tinggi. Kamu juga harus memiliki skill bahasa Inggris yang mumpuni dari segi reading, writing, listening hingga speaking yang kuat. Lemah salah satunya saja kamu akan tertinggal jauh dalam perkuliahan. Jadi itulah kelebihan dan kekurangan jurusan sastra Inggris.

BACA JUGA: Ingin Kuliah Jurusan Hubungan Internasional? Ketahui Dulu Persyaratan Masuknya!

Kesempatan kuliah jurusan sasing di luar negeri

Selain di Indonesia, jurusan sastra Inggris ini bisa kamu ambil di universitas luar negeri. Nantinya kamu lulus dengan menyandang gelar BA in English Literature. Perlu kamu perhatikan, untuk masuk universitas di luar negeri kamu harus punya nilai akademis yang diakui secara internasional. Baik itu dari A-Level, GCSE atau International Baccalaureate. Untuk A-Level, tentunya kamu harus memiliki nilai dari mata pelajaran English Literature atau English Language & Literature. Nggak sampai di situ saja, kamu juga harus lulus persyaratan bahasa Inggris sesuai dengan jurusan yang kamu pilih.

Seperti English Literature ini, tentunya kampus meminta nilai bahasa Inggris yang lebih tinggi dari pada jurusan lain. Kebanyakan universitas meminta hasil tes IELTS dengan nilai 7,0 atau iBT TOEFL dengan total nilai minimal 109-120. Cukup tinggi bukan? Tapi, dijamin deh kuliah jurusan sasing di luar negeri itu justru punya banyak manfaat buat kamu. Kamu bisa mengasah skill berbahasa Inggris setiap saat selama berkuliah di sana. Bahkan kamu sampai bisa memahami bahasa Inggris meski diucapkan dari berbagai aksen!

Terakhir, keuntungan kuliah jurusan sastra Inggris di luar negeri adalah kesempatan karir global buat kamu pastinya terbuka lebar. Dengan mengantongi gelar kuliah di luar negeri, tentunya kamu akan dinilai lebih eligible. Bahkan beberapa negara juga menawarkan Post-Study Work Visa yang memberikanmu kesempatan bekerja di sana selama hampir 2 tahun! Seru banget, kan?

Lulusan sasing kerja apa?

gelar sarjana sastra inggris

Banyak banget yang penasaran, lulusan sastra Inggris kerjanya apa, ya? Ternyata banyak banget lho pilihan karir buat mereka! Nantinya kamu bisa menjadi diplomat, editor, content writer, novelis, jurnalis dan banyak lagi. Buat kamu yang kuliah di luar negeri, prospek kerjanya bahkan bisa lebih luas lagi. Nggak hanya di negara sendiri, kamu bahkan punya peluang bekerja secara global. Mau lanjut S2? Bisa juga! Apalagi kalau kamu sudah punya pengalaman bekerja selama 2 tahun, kamu bisa langsung apply untuk S2. Jadi, nggak perlu khawatir memikirkan tentang jenjang karir kamu saat memilih jurusan ini, ya.

Itu dia penjelasan lengkap soal jurusan sastra Inggris. Buat kamu yang berminat, sebaiknya persiapkan dengan matang dari sekarang, ya. Mau kuliah jurusan ini di luar negeri? Yuk, konsultasi GRATIS dengan SUN Education! Kamu juga bisa cek jurusan-jurusan kuliah lain di SUN Mobile App. Aplikasi wajib buat mahasiswa ini sudah tersedia di Google Play dan App Store juga bisa di download GRATIS, lho!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan