Imigrasi New Zealand Merilis eVisa Terbaru
Baru! eVisa New Zealand
7 Maret 2017
5 Profesi Paling Dibutuhkan di Tahun 2017
5 Profesi Paling Dibutuhkan di Tahun 2017
16 Maret 2017

Kesempatan Beasiswa Parsial di Amerika

Kesempatan Beasiswa Parsial di Amerika

Kesempatan Beasiswa Parsial di Amerika

Kesempatan Beasiswa Parsial di Amerika. Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang jadi tujuan favorit pelajar dari seluruh dunia. Kebanggaan Amerika Serikat yang mengesankan yaitu tujuh dari sepuluh universitas terbaik di dunia menurut peringkat Times Higher Education World University 2013/2014. Negara di belahan bumi sebelah barat ini masih merupakan salah satu destinasi studi yang diminati berbagai pelajar internasional termasuk dari Indonesia. Berdasarkan data Laporan Open Doors 2016 tentang “Pendidikan Internasional” yang dirilis oleh Kedutaan Besar Amerika (November 2016), terdapat 8.728 pelajar Indonesia yang belajar di Amerika Serikat. Tidak heran karena Amerika memiliki standar dan mutu yang sangat baik untuk pendidikan tinggi. Fasilitas kampus yang luas dan lengkap, pengajar yang berkualitas, serta iklim belajar dan meneliti yang mendukung di kampus-kampus pun sangatlah menarik.

Tentu saja, biaya pendidikan di kampus-kampus AS tersebut sangat tinggi. Untuk itu, diperlukan beasiswa bagi pelajar yang meringankan beban biaya selama menempuh masa studi di AS.

Apakah sulit mendapatkan beasiswa studi ke Amerika Serikat? Tidak juga. Di USA Canada Education Expo yang diadakan oleh SUN Education pada tanggal 5 Februari 2017 lalu, ada sesi informasi “Explore Partial Scholarship from TOP Universities in USA” yang disampaikan oleh beberapa perwakilan institusi.

Seminar Info Beasiswa Amerika. Foto/Dok SNews

Di sesi ini dijelaskan adanya beberapa jenis beasiswa seperti Merit Based Scholarship yaitu beasiswa yang diberikan kepada calon siswa dengan nilai rapor SMA di atas rata-rata. Calon siswa diminta untuk menunjukkan nilai raport semester 1-5 atau kelas 10-12 dan nilai tes IELTS™ atau TOEFL®. Beasiswa ini dapat diperbarui (renewable). Contohnya: siswa menerima beasiswa senilai USD7.500 di tahun 1 dan 2 dengan mempertahankan nilai. Jika nilai siswa bagus, maka nominal beasiswa dapat ditingkatkan. Besarnya nilai beasiswa yang ditawarkan oleh tiap institusi beragam. Selain itu ada beasiswa UNESCO Scholarship yang ditujukan bagi siswa yang aktif dalam kegiatan organisasi di mana UNESCO akan memberikan pilihan program magang atau membantu mencarikan program dari berbagai Non-Governmental Organisation (NGO). Juga ada beasiswa untuk tingkat Pascasarjana yang dinamakan Continued Success Scholarship dan Regional Scholarships.

 

Chelsea Feyerherm dari grup INTO menyebutkan tentang beasiswa INTO OSU Merit-Based Scholarship dan INTO OSU Continued Success Scholarship, serta Cascades Continued Success Scholarship dari INTO Oregon State University (OSU). Sementara, INTO Drew menawarkan Regional Scholarships.

Julia Gonchar dari The University of Illinois at Chicago (UIC) menyampaikan tentang Merit-Based Scholarship dan UNESCO Scholarship.

Sandra dari EduCo menyampaikan tentang kesempatan Merit-Based Scholarship dari University of Nebraska Lincoln, dan University of St. Thomas.

Konsultasi dengan Academic Advisor. Foto/INTO OSU

Sandra juga membagi tips untuk sukses dalam studi di luar negeri.  Pertama: lakukan konsultasi dengan academic advisor untuk meminta saran dalam memilih bidang studi yang tepat untukmu. Setelah itu, jaga nilai akademik, jangan tunggu hingga tahun terakhir kuliah untuk mendapatan nilai bagus. Alasan mendapatkan gelar adalah untuk mendapat pekerjaan yang bagus. Mulailah dengan mencari program magang sedini mungkin karena kamu akan bersaing dengan siswa lain. Program magang dapat menjadi awal untuk membuka jejaring. Terakhir, kamu harus pro-aktif dalam mencari kesempatan kerja yang sesuai dengan program studi yang kamu ambil.

Detil beasiswa dapat dibaca di sini:

INTO OSU:

http://www.intostudy.com/en-gb/universities/oregon-state-university/studying/scholarships

INTO Drew:

http://www.intostudy.com/en-gb/universities/drew-university/studying/scholarships

The University Illinois at Chicago:

https://admissions.uic.edu/undergraduate/tuition-financial-aid

University of Nebraska Lincoln:

http://financialaid.unl.edu/scholarships.shtml

University of St. Thomas:

http://www.stthom.edu/Admissions/Undergraduate-Admissions/Scholarships-and-Financial-Aid/Scholarships/Index.aqf

(DAS)

Comments are closed.