Science / Sains
Science / Sains
9 Juni 2022
Medicine / Kedokteran
Medicine / Kedokteran
10 Juni 2022

Mata Kuliah Administrasi Publik Apa Saja, Sih?

Mata Kuliah Administrasi Publik Apa Saja, Sih?

Kamu bingung mau ambil jurusan apa untuk kuliah nanti? Take your time, jangan sampai kamu memilih jurusan yang nggak sesuai dengan minat dan bakatmu sehingga membuat kamu menyerah di tengah jalan. Dari sekarang kamu bisa mulai memperbanyak mencari informasi tentang jurusan yang kamu tuju, misalnya dengan mata kuliah apa yang akan kamu pelajari kelak. Kali ini SUN Education akan membahas tentang mata kuliah Administrasi Publik. Bagi kamu yang berminat dengan jurusan ini, yuk intip apa saja sih mata kuliah administrasi publik! Nggak hanya di kampus di Indonesia, akan ada pembahasan mata kuliah yang akan dipelajari khususnya di Inggris. Baca selengkapnya!

BACA JUGA: 8 Syarat Masuk Jurusan Administrasi Bisnis

 

Apa Itu Jurusan Administrasi Publik?

Mata Kuliah Administrasi Publik Apa Saja, Sih?

Kalau kamu suka berkecimpung di dunia administrasi, maka jurusan Administrasi Publik ini cocok buat kamu. Jurusan ini khusus mempelajari pengelolaan administrasi secara spesifik khususnya di ranah pemerintahan. Di sini kamu akan fokus pada aspek perencanaan, pengendalian, hingga pengorganisasian untuk mencapai tujuan akhir yang sudah ditetapkan. 

Banyak banget yang menyangka bahwa jurusan administrasi publik ini mirip dengan manajemen. Berbeda dengan ilmu manajemen yang lebih mengkaji cara pengelolaan organisasi, jurusan ini lebih fokus pada perilaku birokrasi, manajemen sumber daya manusia, tata laksana pemerintahan, implementasi kebijakan baik pada lembaga Legislatif, Yudikatif hingga Eksekutif. 

 

Kenapa Harus Memilih Jurusan Administrasi Publik?

Mata Kuliah Administrasi Publik Apa Saja, Sih?

Jurusan ini cocok anget buat kamu yang suka dengan hal-hal yang berkaitan dengan kelola negara dan ingin bekerja sebagai aparat pemerintahan bahkan anggota legislatif. Kamu akan lebih teliti lagi karena selama masa perkuliahan ini, kamu banyak berurusan dengan pendataan juga administrasi daerah. Dengan menjadi mahasiswa jurusan administrasi publik, kamu juga mendapatkan kemampuan bersosialisasi dengan baik. 

Selain itu, kamu juga nggak perlu khawatir dengan prospek kerja dari lulusan jurusan ini karena cukup luas dan menjanjikan di masa depan. Kamu bisa bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Konsultan Publik, anggota Legislatif, Entrepreneur, Tax Consultant, Auditor Keuangan dan banyak lagi!

 

Mata Kuliah Administrasi Publik di Indonesia

Mata Kuliah Administrasi Publik Apa Saja, Sih?

Berikut ini adalah beberapa contoh mata kuliah administrasi publik yang ada di kampus-kampus di Indonesia.

Pengantar Ilmu Administrasi Publik

Pada tahun pertama, akan ada mata kuliah Ilmu Administrasi Publik. Di sini kamu akan mempelajari setiap kegiatan kerjasama dalam institusi atau organisasi yang besifat publik. Administrasi publik menggunakan semua teori, konsep dan analisis yang berlaku dalam ilmu administrasi khususnya di lingkup pemerintahan atau publik. 

Kebijakan Publik

Di sini mahasiswa akan belajar pada kebijakan yang diambil oleh pemerintah mengenai bagaimana menjalankan masyarakat secara umum. Cangkupannya pun sangat besar, mulai dari pajak, pendidikan, perawatan kesehatan, liburan, regulasi industri dan banyak lagi.

Filsafat Ilmu

Nggak hanya jurusan filsafat, mata kuliah administrasi hukum juga ada Filsafat Hukumnya, lho! Nggak sembarangan, hal ini dikarenakan Filsafat merupakan induk dari ilmu pengetahuan yang mendasari logika, bahasa dan matematika. Dalam ranah administrasi publik, filsafat ilmu akan mempelajari dasar pokok dari ilmu administrasi dan penyampaiannya pada masyarakat luas.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen dan administrasi sering kali dibilang mirip karena adanya unsur pengorganisasian terhadap SDM-nya. Makanya, di dalam jurusan ini kita tetap akan belajar tentang Manajemen Sumber Daya Manusia. Di dalam mata kuliah ini, kamu akan belajar tentang komunikasi bisnis, berpikir kritis, manajemen strategis untuk sumber daya manusia dan pengembangan organisasi.

Itulah beberapa contoh mata kuliah administrasi publik di kampus-kampus Indonesia. Mata kuliah ini tentunya bisa berubah sesuai perkembangan ilmunya.

 

BACA JUGA: Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika di Tahun Pertama di Singapura

 

Mata Kuliah Administrasi Publik di Luar Negeri

Jurusan administrasi publik juga bisa kamu dalami di universitas luar negeri. Bernama Bachelor of Public Administration. Kali ini kita mengambil contoh mata kuliah Public Administration dari George Mason University di Virginia, Amerika Serikat. Kira-kira belajar apa saja, ya?

Democratic Theory and Practice

Dalam mata kuliah ini, topik yang akan dibahas antara lain analisis kontemporer, makna kebebasan dalam memilih, kesetaraan, perwakilan, hak milik, hak suara dan tanggung jawab yang dipegang oleh warga sipil.

Introduction to International Politics

Dalam mata kuliah ini, kamu akan belajar tentang sifat politik internasional, pendekatan dalam mempelajari politik internasional, aktor antar negara, sistem internasional, lembaga internasional dan isu-isu yang terjadi secara global. Penting banget sama kamu mengambil mata kuliah ini untuk update berita-berita dan isu-isu secara internasional.

Introduction to American Government

Mata kuliah administrasi selanjutnya adalah Introduction to American Government. Di sini mahasiswa meninjau prinsip-prinsip pengorganisasian pada pemerintah Amerika termasuk institusinya, sejarahnya dan berbagai aspek partisipasi politik yang berperan di dalamnya.

Composition

Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan dibekali keterampilan dan pola pikir yang dibutuhkan untuk menanggapi berbagai situasi penulisan akademik. Mahasiswa akan belajar untuk melihat pola penemuan, mempertimbangkan sikap dengan berbagai perspektif kemudian mengambil penilaian dan mengusulkan solusi. Mahasiswa pun akhirnya bisa mengembangkan strategi untuk membaca secara kritis berbagai permasalahan dalam administrasi publik.

Fundamentals of Communication

Selain mengambil mata kuliah “Composition” kamu juga bisa memilih mata kuliah Fundamentals of Communication. Mata kuliah ini menyajikan prinsip-prinsip untuk memangun strategi komunikasi yang tepat dan efektif dalam mengatur komunikasi satu per satu dari kelompok kecil. 

 

Bisakah Kuliah Jurusan Administrasi Publik di Luar Negeri?

Banyak yang bertanya apakah jurusan ini bisa dipelajari di luar negeri, jawabannya bisa! Jurusan ini banyak sekali terdapat di universitas-universitas khususnya di USA. Tenang, kamu bisa kok konsultasi kampus mana yang memiliki jurusan administrasi publik dengan SUN Education. Nggak hanya konsultasi mengenai kampusnya saja, tetapi juga persiapan apa saja sih yang harus mulai kamu persiapkan sebelum kuliah di luar negeri khususnya di USA.

Selain itu, SUN Education juga siap membantu menyiapkan persyaratan Bahasa Inggris kamu, permohonan visa pelajar bahkan sampai akomodasi kamu selama kuliah di sana. Jadi anti ribet dan mudah banget kan proses kuliah di luar negeri kamu? Jangan lupa, sambil menyusun persiapan kamu, akses dulu SUN E-guide book!

SUN E-Guide Book berisi informasi lengkap seputar serba-serbi kuliah di luar negeri mulai dari informasi beasiswa, negara tujuan favorit dan banyak lagi. SUN E-Guide Book juga sudah bisa kamu akses secara GRATIS dengan gadget apapun, lho. Yuk, akses sekarang!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan