Kuliah Program Double Major Murdoch di Kaplan Singapura
Kuliah Program Double Major Murdoch di Kaplan Singapura
10 Mei 2017
Program Sarjana Manajemen Hotel Di Institut Glion
Program Sarjana Manajemen Hotel Di Institut Glion
12 Mei 2017

Mau Dapat Beasiswa Penuh Di Universitas Cambridge? Ini Tipsnya

Tips Mendapatkan Beasiswa Penuh Di Universitas Cambridge

Tips Mendapatkan Beasiswa Penuh Di Universitas Cambridge

Tips Mendapatkan Beasiswa Penuh Di Universitas Cambridge. Siapa yang tidak ingin mendapatkan beasiswa penuh dari universitas Cambridge, salah satu universitas terbaik di dunia? Untuk mendapatkan beasiswa di universitas peraih penghargaan 95 nobel ini mungkin saja sulit dan kompetitif, namun bukannya tidak mungkin.

Buktinya, Sabrina Anjara, orang pertama di Universitas Cambridge dari Indonesia mampu mendapatkan beasiswa dari program Gates Cambridge Scholarship untuk melanjutkan gelar PhD-nya selama tiga tahun di bidang Public Health pada 2014. Dengan kerja keras dan prestasinya, kini Sabrina telah menjadi doctoral researcher di Universitas Cambridge dengan fokus pelayanan kesehatan jiwa di Indonesia.


Sabrina Anjara, orang pertama dari Indonesia yang mendapatkan Gates Cambridge Scholarship / Sumber: Surviving UK Masters


Cambridge memiliki program beasiswa dari Bill Gates, yakni Gates Cambridge Scholarship, untuk mahasiswa internasional tiap tahunnya. Terdapat beberapa program yang ditawarkan, yakni untuk jenjang PhD atau tiga tahun riset, MSc atau MLitt untuk gelar dua tahun riset, serta kuliah pascasarjana satu tahun, seperti MPhil, LLM, MASt, MBA, dan sebagainya. Beasiswa yang ditawarkan ini meliputi komponen biaya kuliah, tunjangan pemeliharaan, biaya visa masuk, bahkan sampai tiket pesawat keberangkatan dan pemulangan.


Universitas Cambridge di Inggris (Sumber: Business Insider)

Untuk mendapatkan beasiswa Gates Cambridge Scholarship, Sabrina menjelaskan bahwa yang paling penting adalah mempersiapkan apa yang jadi kebutuhan dan persyaratan universitas tersebut. Ada empat kriteria yang harus diketahui para kandidat yang ingin mendapatkan beasiswa. Berikut kriterianya:


Keunggulan Akademik
Untuk mendaftar beasiswa di Cambridge, kandidat harus memiliki track record academic yang outstanding. “Artinya kita harus mampu buktikan bahwa kita bisa memenuhi standar intelektual Cambridge,” jelas Sabrina dalam wawancara eksklusif dengan SUN Education di acara World Top 250 Prestigious Expo di Hotel Mercure Alam Sutera, pada Sabtu (6/5/2017). Akademik yang terampil bisa ditunjukkan dari nilai akademik yang bagus, pengalaman kepemimpinan dalam organisasi, prestasi yang diraih, dan sebagainya, yang tentunya memenuhi persyaratan Cambridge. Hal ini sebagai bukti bahwa kandidat nantinya mampu memberikan kontribusi yang baik saat menempuh pendidikan di Cambridge.


Keahlian Kepemimpinan
Kandidat juga harus memiliki keahlian kepemimpinan. Sabrina menjelaskan bahwa keahlian ini bisa ditunjukkan dari berbagai cara, seperti kepemimpinan organisasi, memimpin proyek amal, dan sebagainya. Kriteria ini juga yang dimilikii Sabrina. Sebelum memasuki Cambridge, Sabrina sendiri pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Academic Affairs Company NameIndonesian Scholars International Convention 2015 dan merupakan penanggung jawab untuk Queens ‘College Boat Club. Ketika di Cambridge, ia juga menjabat sebagai sekretaris umum Cambridge Students Society Indonesia selama dua tahun.


Komitmen Mengembangkan Kehidupan Orang Lain
Ini yang menjadi poin penting dari konsep beasiswa Gates Cambridge Scholarship. Para kandidat tidak hanya belajar dan meneliti, tapi juga harus mampu berkontribusi untuk masyarakat sekitar. “Artinya, setiap aktivitas harus menunjukkan kita punya passion untuk membuat kualitas hidup orang lain lebih baik,” tambah Sabrina.


Ia sendiri telah berkontribusi untuk Indonesia dalam penelitiannya di bidang Global Mental Health untuk menyediakan praktisi kesehatan mental di negara Indonesia. Sebelum meraih gelar PhD-nya, salah satu penelitiannya telah berkontribusi terhadap perubahan kebijakan terhadap pekerja rumah tangga di Singapura dan digunakan oleh para pendukung hak pekerja asing untuk mengkampanyekan perubahan kontrak pekerja rumah tangga.


Menyesuaikan dengan Akademik Cambridge
Sabrina mengakui bahwa sistem Cambridge ini sedikit unik, sehingga tidak semua orang bisa cocok. Ia menjelaskan kalau diperlukan kemandirian untuk bisa survive, karena kandidat terpilih harus bisa meyakinkan kualifikasi dan aspirasi mereka sesuai dengan apa yang Cambridge tawarkan dalam program pascasarjana. Maka dari itu, penting agar para kandidat bisa membuat argumen yang meyakinkan untuk melakukan gelar pascasarjana tertentu di Cambridge.


Untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Universitas Cambridge, kunjungi situs resminya www.cam.ac.uk. Untuk bantuan dalam pengurusan studi luar negeri, silakan hubungi kantor SUN Education terdekat. (SJV)

 

Comments are closed.