Kiat Felice Hwang, Runner Up Miss International 2016 Menggapai Mimpinya
2 Februari 2018
Program Sarjana dan Pascasarjana Jurusan Teknik Auburn University
Program Sarjana dan Pascasarjana Jurusan Teknik Auburn University
4 Februari 2018

Tentang PTE Academic dan Keunggulan “Computer-Based English Test”

Ingin kuliah ke luar negeri dan membutuhkan hasil tes bahasa Inggris yang cepat, terpercaya, dan diakui secara internasional? Pearson Test of English (PTE) Academic bisa jadi pilihan.

PTE Academic adalah tes bahasa Inggris berbasis komputer yang dipercaya oleh ribuan universitas, akademi dan pemerintah di seluruh dunia. PTE juga diterima untuk dokumen pengurusan visa Australia dan Selandia Baru dan dokumen pendaftaran ke seluruh universitas di Australia and New Zealand serta 98% universitas di Inggris. Tes ini berasal dari Pearson, salah satu perusahaan pendidikan terbesar di dunia.

PTE Academic

Sumber: Nepali Page

PTE memiliki keunggulan yang disebut FAST, yang membedakan lembaga ini dengan lembaga tes bahasa Inggris yang lain. F berarti fast dan fair. Artinya, PTE Academic sangat cepat dalam memberikan hasil tes bahasa Inggris, maksimal lima hari. Selain itu, PTE juga memberikan hasil tes yang adil, karena seluruh sitem tes dilakukan oleh komputer, sehingga tidak ada “human error” dalam hal ini.

A untuk accurate, artinya hasil skor PTE akurat dan benar-benar mencerminkan kinerja peserta dalam empat keterampilan,yaitu Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Bisa dipastikan hasil skor tes objektif dan tidak ada campur tangan manusia dengan menggunakan Skala Global bahasa Inggris yang terperinci.

S berarti secure. PTE Academic melaksanakan tes dengan aman. 100% penandaan berbasis komputer. Penilaian ujian dilakukan dengan Biometrik digital, CCTV, dan electronic scoring.

T artinya timely. Peserta yang ingin mendapatkan hasil tes lebih cepat, hasil PTE academic biasanya sudah bisa diketahui selama lima hari. Tes juga dilakukan dengan cepat, hanya butuh tiga jam untuk seluruh sesi.

 

Seperti apa tes PTE Academic?

Sumber: Pearson

Terkait empat kemampuan dalam bahaa Inggris, tes akan dilakukan selama dua hari dalam satu sesi, mengikuti ketersediaan waktu penilai. Hari pertama, siswa akan mengikuti  tes Writing dan Speaking. Sementara tes Reading dan Listening dilakukan di hari kedua. Total satu sesi adalah 3 jam. Setelah itu akan keluar hasil dalam lima hari (bahkan tiga hari) dan dikirim lewat e-mail peserta.

Adapun pertanyaan atau soal yang diberikan dalam tes sifatnya sangat relevan dan dirancang untuk menguji “real life language”. Artinya, hasil tes benar-benar menggunakan “real English” tanpa aksen tertentu.

Seperti halnya sesi Speaking test. Siswa hanya diminta berbicara melalui komputer, sehingga mereka tidak perlu stres menghadapi native langsung. Hal ini dikarenakan sistem komputer akan mempelajari aksen peserta dan mengkodekan bahasa tersebut. Soal tes juga dikemas secara internasional, sehingga siswa dengan berbagai latar belakang budaya bisa dengan mudah mengikutinya.

 

Hasil Skor

Bentuk hasil skor juga sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Sertifikat PTE yang diberikan mengarahkan siswa kepada masalah yang spesifik dari keempat kemampuan bahasa Inggris tersebut. Peserta bisa melihat hasil tes yang menampilkan analisis dan performa peserta, sehingga mereka bisa melihat kelemahan dan kekuatan dari hasil tes tersebut Jadi hanya dari mengikuti tes tersebut peserta pun tahu betul apa yang perlu ditingkatkan.

Contoh hasil penilaian PTE Academic. Foto/Dok. SUN

Laporan nilai juga bisa dikirim tak terbatas ke banyak institusi yang Anda inginkan tanpa biaya ekstra. Skor PTE ini sendiri berlaku selama dua tahun.

Kelebihan lainnya dari PTE adalah peserta bisa melakukan tes ulang berkali-kali tanpa batas dengan ketentuan registrasi ulang setelah dua hari mendapatkan hasil tes. Peserta cukup membayar biaya yang sama sebesar USD 185.

“PTE sangat memahami apa yang perlu Anda capai agar bisa masuk ke universitas,” tutur Shah Satini, Pearson Regional Commercial Manager pada seminar “The World’s Leading Computer-Based of English for Study Abroad and Immigration” di acara Australia New Zealand Expo 2018 pada Sabtu, 13 Januari 2018 di Jakarta.

Tertarik? Anda bisa mengikuti pendaftaran secara online di personpte.com/book/. Anda bisa membuat akun dan mengatur jadwal terlebih dahulu. Test Centre PTE berlokasi di IALF (Jakarta), KELT (Surabaya), Universitas Tanjungpura (Pontianak). Sementara, untuk kursus persiapan tes PTE, Anda bisa menghubungi SUN English di (021) 45855238 (SJV)

Tinggalkan Balasan