Jangan Sampai Salah, Begini Cara Mengurus Visa Studi Jerman!
Jangan Sampai Salah, Begini Cara Mengurus Visa Studi Jerman!
2 September 2021
Kuliah di University of Utah, Ini Hal-Hal yang Wajib Kamu Tahu!
Kuliah di University of Utah, Ini Hal-Hal yang Wajib Kamu Tahu!
7 September 2021

Sebelum Kuliah di Inggris, Inilah Fakta Newcastle University yang Harus Kamu Tahu

Sebelum Kuliah di Inggris, Inilah Fakta Newcastle University yang Harus Kamu Tahu

Sumber: The Sun

Inggris merupakan salah satu negara Eropa yang menjadi negara impian banyak orang. Sebagai salah satu negara tertua di dunia, Inggris juga menyimpan banyak sejarah. Contoh saja di kota London, kamu akan melihat perpaduan kehidupan modern dengan latar belakang bangunan bersejarah. Selain jadi negara impian banyak orang, negeri dengan sistem pemerintahan kerajaan ini juga menjadi negara tujuan mahasiswa internasional. Di sana terdapat kampus tertua dan universitas yang memiliki peringkat tinggi di daftar universitas terbaik di dunia. Bila kamu mau kuliah di Inggris, kamu bisa mempertimbangkan Newcastle University. Sebelum kuliah di Inggris, baca dulu fakta tentang Newcastle University berikut ini!

Siapa itu Newcastle University?

Sebelum Kuliah di Inggris, Inilah Fakta Newcastle University yang Harus Kamu Tahu

Sumber: Newcastle University

Newcastle University adalah kampus yang berlokasi di Newcastle upon Tyne. Secara hukum, nama asli kampus ini adalah University of Newcastle upon Tyne. Universitas ini merupakan universitas negeri yang juga memiliki kampus lain di luar Inggris seperti di Malaysia dan Singapura.

Newcastle University ini merupakan salah satu red brick university atau sembilan universitas sipil yang didirikan di kota-kota industri besar di Inggris pada abad ke-19. Kini delapan dari sembilan universitas ini telah masuk menjadi Russell Group atau universitas yang menerima dana untuk penelitian dari pemerintah Inggris.

Newcastle University ini juga telah mendapatkan medali emas dalam Teaching Excellence Framework (TEF). Kini prestasi Newcastle University semakin banyak. Secara ranking, Newcastle University telah menempati TOP 160 Global University dan Awarded 5 QS Stars for Teaching. Bahkan secara statistik 93% mahasiswa internasional merasa puas belajar di kampus ini.

Program dan Degree yang Ada di Newcastle University

"Inggris

Program yang ditawarkan Newcastle University ditujukan untuk Undegrade Study, Postgraduate, hingga Continuing Professional Development. Newcastle University memiliki tiga fakultas utama yakni the Faculty of Humanities and Social Sciences; the Faculty of Medical Sciences; dan the Faculty of Science, Agriculture and Engineering. 

Untuk the Faculty of Humanities and Social Science atau HASS, memiliki 11 jurusan yang dapat dipelajari mulai dari Arts and Culture hingga Law. Di fakultas ini juga terdapat tiga institusi yakni Institute of Creative Arts Practice, Humanities Research Institute dan Institute of Social Science. 

Sedangkan the Faculty of Medical Sciences terdapat lima jurusan dari Medical Education sampai Psychology. Terdapat pula institusi yang diikuti mahasiswa yakni Biosciences Institute, Population Health Sciences Institute dan Translational and Clinical Research Institute.

Fakultas terakhir adalah Faculty of Science, Agriculture and Engineering. Fakultas ini memiliki jurusan paling sedikit yakni hanya empat saja mulai dari Computing hingga Natural and Environmental Sciences. Tersedia dua institusi yang bisa diikuti yakni Agri-Food Research and Innovation juga Digital Institute.

Program Postgraduate sendiri ditawarkan untuk mahasiswa yang ingin mendalami bidang yang telah mereka pelajari sebelumnya. Program ini sangat cocok untuk mahasiswa yang ingin menambah skill mereka sehingga menarik perusahaan atau lembaga untuk mempekerjakan mereka. Dalam program Postgraduate ini, Newcastle University menawarkan tenaga pengajar yang berpengalaman di bidangnya. Terdapat pula fasilitas penelitian yang membuat kampus ini meraih peringkat 16 dari Research Excellence Framework (REF) pada 2014 silam. 

Living Cost di Inggris

Sebelum Kuliah di Inggris, Inilah Fakta Newcastle University yang Harus Kamu Tahu

Sumber: Newcastle University

Banyak yang khawatir akan living cost di Inggris. Padahal, living cost ini bisa diatur oleh kamu sebagai mahasiswa. Sebagai perantau banyak hal yang bisa disiasati demi living cost yang tidak menguras kampus. Apalagi Newcastle  bukan merupakan salah satu kota di Inggris yang biaya hidupnya tinggi, jadi makin memudahkan kamu mengatur keuangan. Mulai dari akomodasi, beberapa kampus di Inggris menawarkan akomodasi untuk mahasiswa internasional.

Newcastle University juga menawarkan akomodasi berupa asrama atau partnership accomodation di luar kampus yang bekerja sama dengan mereka. Bila kamu nggak mau tinggal di asrama kampus, kamu bisa memilih menyewa apartemen atau rumah bersama teman sehingga harga sewanya dibagi rata. Kamu juga bisa memilih homestay dengan biaya yang lebih murah. Bahkan beberapa homestay juga menyediakan makanan, lho! 

Hemat Living Cost dan Tagihan Utilitas

Kamu juga bisa menekan living cost dari segi makanan. Daripada makan di restoran, lebih baik kamu belanja bahan makanan sendiri. Untuk belanja bahan makanan kamu bisa menghabiskan sekitar ₤ 50- 100 per bulan saja. Bosan makan di rumah? Untuk makan di restoran bisa menghabiskan ₤ 7-10 per porsi untuk di kota seperti Newcastle. 

Biaya yang harus dipikirkan adalah tagihan utilitas. Biasanya pada musim dingin biayanya makin tinggi karena menggunakan pemanas ruangan. Tagihannya bisa mencapai ₤50- 60 per bulan. Di luar musim dingin, tagihan bisa berkisar ₤40.

Tagihan lain yang harus dibayar adalah tagihan listrik dengan biaya sekitar ₤30-40. Di Inggris juga ada biaya lisensi TV untuk menonton siaran lokal dengan biaya ₤12 per bulan. Kamu bisa menghemat dengan cara menggunakan pakaian tebal di musim dingin, menghemat penggunaan air, dan mengandalkan internet untuk membaca berita.

Living cost lainnya adalah transportasi. Buat mahasiswa, lebih baik kamu menggunakan transportasi umum karena bisa lebih hemat apalagi kalau menggunakan student card kamu. Untuk bus saja, kamu cukup membayar ₤ 1,75 dari tarif biasa ₤ 2,4. Kamu bisa bepergian dengan kereta bawah tanah atau metro, tapi biayanya sesuai seberapa jauh perjalanan keretanya. 

Persiapan Sebelum Berangkat ke Inggris

Sebelum Kuliah di Inggris, Inilah Fakta Newcastle University yang Harus Kamu Tahu

Sumber: Pexels

Karena adanya pandemi Covid-19, ada hal-hal yang perlu kamu lakukan sebelum berangkat ke Inggris untuk kuliah. Apalagi Indonesia termasuk sebagai negara yang masuk Red List per 19 Juli 2021 oleh pemerintah Inggris. Pengunjung dari negara Red list ini harus mematuhi beberapa peraturan sebelum dan sesudah sampai di Inggris.

Sebelum berangkat ke Inggris kamu wajib melakukan tes Covid-19 (PCR) dengan hasil negatif  3 hari sebelum keberangkatan. Tes ini harus kamu lakukan walau sudah fully vaccinated dan wajib dalam bahasa Inggris. Kamu juga harus melengkapi Passenger Locator Form yang tersedia di website pemerintah Inggris. Sebelum berangkat kamu juga harus booking hotel yang tersedia dari pemerintah Inggris sebagai tempat karantina kamu.

Sesampainya di Inggris, kamu akan menjalani karantina selama 10 hari di hotel yang kamu booking. Pada hari ke-2 atau ke-8 kamu akan menjalani tes Covid-19 (PCR) kembali, setelah 10 hari barulah kamu boleh keluar dan beraktivitas seperti biasa. Semua peraturan berkaitan kedatangan di Inggris ini wajib kamu patuhi atau kamu bisa kena denda sebesar ₤ 10.000!

Sudah Siap Kuliah di Newcastle University

Itulah fakta-fakta mengenai Newcastle University lengkap dengan living cost dan peraturan baru kedatangan mahasiswa Indonesia ke Inggris. Kuliah di Inggris tentunya banyak yang harus kamu siapkan, mulai dari proses pendaftaran, pengajuan berkas hingga visa pelajar. Alangkah baiknya kamu berkonsultasi dulu dengan konsultan pendidikan berpengalaman seperti SUN Education demi mempersiapkan studi-mu. Pasti kamu akan lebih siap dan pengalaman kuliah kamu jadi lebih berkesan.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan