Universitas Terbaik di New Zealand 2021: Ada Yang Jadi Incaran Kamu?
5 Februari 2021
biaya visa uk
Intip Biaya Visa ke Inggris untuk Berbagai Keperluan!
7 Februari 2021

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaftar Sekolah Pilot di Australia

sekolah piloy di australia

Sumber: Freepik

Tidak hanya di Indonesia, kamu juga bisa menempuh pendidikan pilot di luar negeri seperti sekolah pilot di Australia. Kamu dapat mendaftar di sekolah-sekolah ilmu penerbangan di negara ini karena umumnya terbuka untuk pelajar internasional. Sekolah pilot di Australia juga menawarkan lebih banyak pilihan, mulai dari lokasi hingga fasilitas dan program yang ditawarkan. 

Selain membutuhkan biaya yang relatif mahal, untuk dapat diterima di sekolah pilot juga membutuhkan juga kondisi fisik, mental maupun pencapaian akademik yang baik. Oleh karena itu, tidak banyak yang dapat mewujudkan keinginannya menjadi pilot lataran tidak dapat memenuhi persyaratan tersebut.  

Ada beberapa hal yang perlu kamu jadikan bahan pertimbangan dalam membuat keputusan, sebelum mendaftar pada salah satu sekolah.

1. Keuntungan Sekolah Pilot di Australia

pilot

Ilustrasi pilot. Sumber: Freepik

Biasanya pertimbangan memilih mengikuti pendidikan pilot di Australia, adalah faktor kualitas. Selain itu, sekolah di negara lain juga tentunya akan memberikan banyak manfaat dan tantangan tersendiri yang akan memperluas wawasan dan pengalaman. 

Dari segi kelengkapan fasilitas maupun kualitasnya, pendidikan pilot di Australia memiliki fasilitas yang lebih memadai. Tidak heran jika banyak lulusan sekolah pilot seperti Australian National Airline College (ANAC) lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan pada maskapai penerbangan internasional.

Australia tergolong dekat dengan Indonesia karena hanya berjarak beberapa jam perjalanan dengan menggunakan pesawat. Selain itu, dibandingkan sekolah pilot lain yang berada di negara tetangga Indonesia, bahasa pengantar sehari-hari yang digunakan di sana adalah bahasa Inggris, sehingga akan lebih mudah dalam proses adaptasinya.

Selain hal-hal tersebut, jumlah sekolah penerbangan di Australia jumlahnya lebih banyak daripada di Indonesia, sehingga memberikan lebih banyak pilihan. 

2. Persyaratan Sekolah Pilot di Australia

pesawat

Ruang kokpit pesawat. Sumber: Freepik

Proses pendaftaran sekolah pilot di Australia tidak sulit, bahkan dapat dilakukan melalui internet, namun sebelum dapat diterima pada salah satu sekolah,kamu harus lulus dari berbagai tes yang menjadi persyaratannya. Biasanya tes tersebut juga tidak jauh berbeda dengan tes masuk sekolah pilot yang ada di Indonesia, namun standarnya saja yang berbeda.

Tes Kesehatan

Pada umumnya standar tes kesehatan bagi calon penerbang mengikuti standar keselamatan penerbangan internasional, sehingga pada setiap negara bentuk tes-nya tidak berbeda jauh. Namun karena beberapa faktor, hasil tes kesehatan calon penerbang dari Indonesia belum tentu dapat digunakan di Australia.

Oleh karena itu, bagi yang ingin melakukan tes kesehatan untuk calon pilot di Indonesia, hal itu dapat dilakukan pada tempat yang disetujui oleh otorisasi keselamatan penerbangan Australia. Selain itu, sebelum melakukan tes kesehatan pada kamu perlu membawa surat pengantar dari sekolah pilot tempat kamu mendaftarkan diri. Sehingga sebelumnya kamu perlu terlebih dahulu berkoordinasi dengan sekolah tersebut untuk mendapatkan surat pengantar tes kesehatan. 

Kemampuan Bahasa Inggris

Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris juga syarat lain yang perlu dipenuhi pada saat mendaftar ke salah satu sekolah pilot di Australia. Berikut standar yang berlaku pada sistem mereka :

  • International English Language Testing System (IELTS): nilai keseluruhan 5.5, dengan syarat tidak ada satu area tes yang memiliki skor kurang dari 5.0.
  • Test of English for International Communication (TOEIC) dengan nilai tes minimum untuk Listening (mendengarkan) 350, Reading (membaca) 300, Speaking (berbicara) 160, Writing (menulis) 140.
  • Test of English as a Foreign Language (TOEFL) dengan standar sekitar 550 point.

Kemampuan Akademis

Walaupun banyak sekolah pilot di Australia tidak mempersyaratkan pendidikan formal, namun kamu akan kesulitan tanpa kemampuan akademis dalam bidang terkait. Kamu mungkin akan kesulitan mengikuti pelajaran jika kamu tidak memiliki bekal pengetahuan yang cukup, terutama dalam hal fisika dan matematika. 

Soal-soal yang pada tes pendaftaran biasanya akan berhubungan dengan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), seperti mata pelajaran matematika, fisika dan kimia.

Selain berguna pada saat mengikuti pendidikan, kemampuan akademik juga akan sangat berguna setelah lulus pendidikan pilot dan bekerja. Hal ini disebabkan banyak maskapai penerbangan yang mempersyaratkan pendidikan formal pada saat melamar sebagai pilot di perusahaan mereka.

3. Faktor Biaya

sekolah pilot australia

Ilustrasi pilot dan pesawat. Sumber: Freepik

Untuk bersekolah di sekolah penerbangan Australia dari awal hingga lulus membutuhkan biayanya yang tidak sedikit. Apalagi biaya hidup di Australia memiliki standar yang tinggi ketimbang negara-negara lain yang letaknya berdekatan dengan Indonesia. Namun, hal itu akan terbayar dengan kualitas pendidikan hingga luasnya peluang kerja setelah lulus nanti. 

Biaya Pendaftaran

Tiap-tiap sekolah pilot di Australia memiliki biaya pendaftaran yang berbeda, sehingga kamu perlu melakukan konfirmasi pada sekolah yang ingin kamu ikuti. 

Biaya Sekolah

Biaya pendidikan pilot biasanya tidak jauh berbeda antara satu sekolah dengan sekolah yang lain, tergantung sertifikat yang akan diambil setelah lulus. Biasanya biayanya berkisar dari 60 ribu hingga 90 ribu USD. 

Biaya Hidup

Biaya hidup di Australia termasuk lumayan tinggi untuk ukuran standar orang Indonesia yaitu sekitar 300 USD setiap minggunya. Selain itu, karena kebanyakan sekolah penerbangan di sana tidak menyediakan asrama, kamu juga perlu mencari tempat tinggal tersendiri pada saat mengikuti pendidikan pada sekolah pilot di Australia.

Biaya Transportasi

Lokasi sekolah pilot Australia yang umumnya berada jauh dari bandara internasional akan berdampak pada biaya transportasi yang akan kamu gunakan. Penting untuk mengetahui moda transportasi serta estimasi waktu dan biaya agar kamu dapat melakukan perjalanan dengan lancar sampai di tujuan. 

4. Gaya Hidup 

pesawat

Pesawat. Sumber: Freepik

Australia memiliki kultur maupun kebiasaan yang jauh berbeda dengan kebiasaan hidup orang di Indonesia. Misalnya dalam hal menu makanan, makanan pokok sehari-hari di sana, jauh berbeda dengan makanan yang di Indonesia. Hal ini perlu menjadi perhatian tersendiri, baik dari segi biaya maupun penyesuaian. 

Sekolah-sekolah penerbangan di Australia biasanya berlokasi pada daerah yang cuacanya kering, agar dapat menunjang jadwal penerbangan yang lebih banyak. Kamu sebaiknya mempertimbangkan hal ini agar tidak terdampak, terutama dari segi kesehatan. 

Dengan mempelajari kebiasaan setempat, dapat mempermudah dan mempercepat kamu menyesuaikan diri, sehingga kamu dapat menempuh pendidikan pilot di Australia dengan lancar, tanpa terganggu oleh faktor-faktor non teknis.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.