Program Sarjana Manajemen Hotel Di Institut Glion
Program Sarjana Manajemen Hotel Di Institut Glion
12 Mei 2017
Siapkan Studi Masa Depan di Curtin College Australia
Siapkan Studi Masa Depan di Curtin College Australia
12 Mei 2017

Tips Masuk Universitas Impian dari Sabrina, Peraih Beasiswa Universitas Cambridge Pertama di Indonesia

Tips Masuk Universitas Impian Dari Peraih Beasiswa Cambridge University

Tips Masuk Universitas Impian Dari Peraih Beasiswa Cambridge University

Tips Masuk Universitas Impian Dari Peraih Beasiswa Cambridge University. Masuk universitas impian mungkin saja sulit, tapi bukan berarti tidak mungkin. Inilah yang diungkapkan Sabrina Gabrielle Anjara, lulusan PhD Universitas Cambridge, sekaligus peraih beasiswa Gates Cambridge Scholarship pertama dari Indonesia.

Sabrina berbagi tips masuk universitas impian kepada para pelajar yang ingin meneruskan jenjang pendidikannya ke luar negeri dalam seminarnya yang berjudul “How to Get Letter of Acceptance from University of Cambridge?” pada acara World Top 250 Prestigious Universities Expo yang diselenggarakan Sun Education Group di Hotel Mercure Alam Sutera, Tangerang pada Sabtu (6/5/2017).


Sabrina Anjara berbicara mengenai materinya “How to Get Letter of Acceptance From University Of Cambridge?” in Hotel Mercure Alam Sutera, Tangerang pada Sabtu (6/5/2017) / Sumber: Dok. SUN

“Hal pertama yang perlu disiapkan adalah keinginan kuat untuk bekerja keras mendapatkan universitas yang kita impikan. Banyak sekali orang yang ingin masuk ke universitas impian tidak mau bekerja keras untuk memenuhi persyaratannya,” tegasnya.


Seperti halnya persyaratan masuk universitas Cambridge, Sabrina mengungkapkan bahwa kebanyakan pelajar yang melamar tidak menyiapkan persyaratan pendaftaran yang dibutuhkan universitas dengan baik. Contohnya, Sabrina menyebutkan bahwa untuk mendaftar di Universitas Cambridge harus ada nilai IB atau A Levels. Sementara, banyak sekali pendaftar dari Indonesia tidak menyiapkan kedua hal tersebut, malah mendaftar dengan nilai SMA, yang tentunya tidak diterima oleh University of Cambridge.


Maka dari itu, tahap selanjutnya yang penting adalah memenuhi apa yang menjadi persyaratan universitas. Para siswa harus teliti dalam melihat kebutuhan lamaran dan menyesuaikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan universitas sebagai persyaratan masuk. Kuncinya mulai dari memperhatikan persyaratan akademik, standar ketentuan bahasa Inggris dari universitas, dan persyaratan program atau departemen. Yang tak kalah penting untuk dipersiapkan adalah personal statement. Sabrina menekankan dalam membuat personal statement, para pelajar juga harus serius dan tahu ke mana arah passion mereka.


Bagaimana cara mengetahui passion kita? “Untuk passion, itu tergantung pada diri sendiri, sehingga kita harus bertanya pada diri sendiri : pada 30 tahun mendatang atau 40 tahun mendatang, jika saya harus bangun tidur setiap hari, apakah saya betah atau bosen dengan apa yang kita lakukan? Kalau jawabannya bosen, it’s not your passion,” urainya.


Sumber ilustrasi: Keep Calm-o-Matic

Dalam melamar ke universitas, Sabrina mengingatkan para pelajar agar harus tetap up-to-date dengan deadline yang diberikan universitas. Serta, jangan lupa untuk bergabung dan proaktif dalam student forums dengan cara mencari pelajar lain yang juga sama-sama melamar di jurusan serupa.



Nah, jika terpanggil wawancara dari universitas yang dilamar, para siswa harus mempersiapkan dengan baik mengenai pengetahuan terkait course yang dipilih, serta melatih kemampuan critical thinking dan problem solving mereka. Yang terakhir tak kalah penting, jangan takut untuk mencoba melamar!


Untuk mendapatkan informasi terbaru tentang persiapan masuk ke Universitas Cambridge, dan bantuan pengurusan studi luar negeri, silakan hubungi kantor SUN Education terdekat. (SJV)

 

Tinggalkan Balasan