Contoh Singkat Soal IELTS dan ‘Tips’ untuk Kamu Menghadapinya!
29 Januari 2021
university of alberta
University of Alberta: Pertimbangan Wajib Buat yang Mau Kuliah ke Kanada
31 Januari 2021

Yuk Intip! 5 Universitas di Australia yang Banyak Orang Indonesia

universitas di australia yang banyak orang indonesia

Sumber: Freepik

Ada ribuan pelajar Indonesia yang ingin menjadi mahasiswa beruntung yang berkesempatan menempuh ilmu di Negeri Kanguru, Australia. Salah satu alasannya adalah Australia adalah “negara Barat” yang terletak di Timur, sehingga tidak begitu jauh dengan Indonesia. Selain itu, sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak sekali universitas di Australia yang masuk ke dalam peringkat teratas di dunia. Oleh karena itu, Australia menjadi destinasi studi ideal yang bagi pelajar di Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Selain itu, ada banyak universitas di Australia yang memiliki banyak mahasiswa orang Indonesia, jadi kamu tidak akan merasa sendirian. 

Persiapan Kuliah di Australia

persiapan kuliah di universitas australia

Sumber: Freepik

Ada banyak hal yang harus kamu persiapkan sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan studi di Australia. Hal yang paling pertama dan utama adalah menentukan pilihan jurusan dan universitas yang akan kamu tuju. Pada tahap ini tentunya kamu dan orang tua akan memiliki banyak pertimbangan, baik dari segi kenyamanan dan keamanan karena kamu akan berada jauh dari keluarga dan orang tua. 

Dalam situasi ini, pilihan yang paling aman tentunya adalah memilih universitas di Australia yang terdapat banyak orang Indonesia. Tentunya akan mudah bagimu jika bisa dengan mudah bertemu dengan orang yang berasal dari negara yang sama, bukan? Dengan demikian, kamu akan merasa lebih aman dan tidak kesepian, terutama dalam masa-masa adaptasi. 

Universitas di Australia yang Terdapat banyak Mahasiswa Orang Indonesia

universitas australia

Sumber: Freepik

Berikut adalah daftar universitas di Australia di mana kamu tidak akan kesulitan karena terdapat banyak orang Indonesia. 

1. Monash University

Nama universitas ini mungkin familiar bagi kamu yang sudah bercita-cita melanjutkan studi sejak lama di Australia. Terletak di Melbourne, Monash University merupakan universitas riset publik yang telah berdiri sejak tahun 1958. Monash University adalah salah satu anggota Group of Eight yang merupakan asosiasi universitas-universitas riset terkemuka di Australia. Selain itu, universitas ini juga merupakan salah satu universitas dengan jumlah mahasiswa terbanyak di negara bagian Victoria. 

Salah satu alasan Monash University termasuk universitas di Australia yang dipilih oleh banyak pelajar orang Indonesia adalah karena kualitasnya. Universitas ini termasuk salah satu yang konsisten berada dalam 100 besar peringkat teratas universitas dunia. Selain itu, di Australia sendiri, Monash University juga selalu dalam peringkat 10 teratas. Berdasarkan QS World University Rankings 2021, saat ini Monash berada dalam peringkat ke-6 terbaik di Australia dan ke-55 secara global. 

2. UNSW Sydney

University of New South Wales atau UNSW Sydney atau yang secara populer disebut UNSW merupakan universitas riset yang berlokasi di Kensington, Sydney. Berdiri sejak tahun 1949, UNSW termasuk salah satu universitas di Australia yang dikenal dengan kualitas pendidikannya. Saat ini, UNSW berada pada peringkat ke-44 di dunia dan ke-4 di Australia berdasarkan QS World University Ranking 2021. 

UNSW menawarkan berbagai pilihan program baik di tingkat S1, S2, hingga S3 yang terdapat dalam 9 fakultas. Universitas ini juga termasuk dalam salah satu founding members dari Group of Eight dan juga Universitas 21. Kualitas akademik inilah yang menjadikan UNSW merupakan salah satu universitas favorit pelajar dari berbagai negara di dunia, termasuk dari Indonesia. 

3. University of Sydney

Salah satu daya tarik utama yang membuat University of Sydney menjadi favorit mahasiswa asal Indonesia adalah lokasinya yang berada tepat di kota Sydney. Kota ini adalah kota impian bagi banyak orang karena disebut-sebut nyaman ditinggali termasuk bagi kalangan pelajar. Sebagai salah satu kota terbesar di Australia, Sydney juga menawarkan kehidupan yang serba praktis dan lengkap. 

University of Sydney merupakan universitas riset publik yang telah berdiri sejak tahun 1850 dan termasuk salah satu yang tertua di Australia. Universitas ini juga merupakan universitas pertama di Australia yang diakui sebagai universitas terkemuka di dunia. University of Sydney saat ini berada pada peringkat ke-40 secara global dan ke-2 di Australia menurut QS World University Rankings 2021.  

4. University of Melbourne

Sesuai dengan namanya, University of Melbourne terletak di kota Melbourne negara bagian Victoria, Australia. Universitas ini berdiri pada tahun 1853 sebagai universitas tertua kedua di Australia dan tertua di negara bagian Victoria. Sebagai universitas riset publik, University of Melbourne tergabung dalam asosiasi universitas riset Group of Eight dan Universitas 21. QS World University Rankings 2021 menempatkan University of Melbourne pada peringkat ke-41 secara global dan ke-3 di Australia. 

Melbourne sendiri merupakan ibu kota negara bagian Victoria yang terletak di pinggiran di dekat pantai. Meskipun termasuk kota dengan populasi terpadat di Australia, Melbourne adalah kota yang ramah pelajar dan nyaman untuk ditinggali oleh pendatang dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, University of Melbourne sendiri menjadi sangat populer di kalangan pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Australia. 

5. RMIT University

RMIT University awalnya merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi dengan status college tertua yang berdiri pada tahun 1887. Institusi ini mendapatkan status universitasnya pada tahun 1992, dan berlokasi di Melbourne Australia. Saat ini RMIT University berada pada peringkat ke-15 di Australia dan ke-223 secara global menurut QS World University Rankings 2021. 

Ada banyak program studi yang ditawarkan oleh RMIT University, salah satu unggulannya adalah subjek Art and Design. Berdasarkan QS World University Ranking by Subject, bidang Art and Design di RMIT University berada di peringkat ke-11 dunia. Sehingga menjadikan universitas ini paling unggul dalam bidang seni dan desain di Australia. Selain itu, RMIT University juga berlokasi di Melbourne yang dikenal sebagai kota yang nyaman ditinggali. 

Siap untuk melanjutkan studimu di Australia?

kuliah di australia

Sumber: Freepik

Nah, sudah tahu kan universitas mana saja di Australia yang banyak orang Indonesianya? Bagi kamu yang ingin kuliah di Australia, tetapi khawatir karena akan jauh dari keluarga, kelima universitas di atas bisa dijadikan pilihan. Kamu pasti akan merasa lebih aman dan tidak begitu khawatir jika berada di lingkungan yang banyak terdapat orang Indonesianya. Teman-teman dan seniormu tentunya akan dengan senang hati membantu kamu untuk mengenal lingkungan sekitar dan beradaptasi. 

Jika kamu ingin mendapatkan informasi lengkap mengenai universitas di Australia, kamu bisa berkonsultasi dengan SUN Education, lho! Kamu bisa berdiskusi mengenai pilihan jurusan, universitas, hingga informasi mengenai studi dan pendaftaran studinya. Kamu bahkan bisa mengandalkan SUN Education untuk pengurusan dokumen dan aplikasi visa. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.