universitas di australia yang banyak orang indonesia
Yuk Intip! 5 Universitas di Australia yang Banyak Orang Indonesia
30 Januari 2021
Beasiswa Luar Negeri dari Universitas Terkemuka Dunia yang Mudah Didapat
1 Februari 2021

University of Alberta: Pertimbangan Wajib Buat yang Mau Kuliah ke Kanada

university of alberta

Sumber: ualberta.ca

Sebagai salah satu negara maju di dunia, Kanada termasuk yang banyak dijadikan destinasi studi oleh pelajar internasional, tidak kecuali dari Indonesia. Ada banyak universitas di Kanada yang tergolong dalam jajaran institusi pendidikan tinggi terbaik di dunia. Jika kamu merupakan salah satu yang tertarik untuk melanjutkan studi di Kanada, kenalan dulu yuk dengan University of Alberta!

University of Alberta

ualberta

Sumber: ualberta.ca

University of Alberta yang juga dikenal sebagai U of A atau UAlberta adalah salah satu universitas riset publik yang berlokasi di Edmonton, Alberta, Kanada. Universitas ini berdiri pada tahun 1908 dan hingga saat ini telah menjadi salah satu dari universitas terbaik di Kanada. Terdepan dalam pendidikan dan riset, UAlberta dikenal secara global dalam bidang humaniora, sains, seni kreatif, bisnis, teknik, dan ilmu kesehatan. 

Kampus

Saat ini University of Alberta beroperasi dengan 5 buah kampus yang empat di antaranya berlokasi di kota Edmonton, dan satu lainnya di Camrose. Kampus utama universitas adalah North Campus yang berlokasi di Edmonton dan menjadi rumah untuk sebagian besar proses akademik. Menariknya, UAlberta bahkan memiliki kampus khusus untuk penutur bahasa Prancis yaitu Campus Saint-Jean yang juga berada di Edmonton. 

Fakultas dan Program Studi

Terhitung Juli tahun 2021 ini, akan ada Restrukturisasi Akademik di University of Alberta di dalam rangka pengurangan biaya operasional. Awalnya, universitas ini memiliki 18 fakultas, tetapi sekarang menjadi hanya 13 saja. Ketiga belas fakultas tersebut juga dikelompokkan berdasarkan bidang ilmu yang sama menjadi 3 buah College. Meskipun berubah secara struktur, program studi yang ditawarkan umumnya akan tetap sama. 

university of alberta

Kampus University of Alberta. Sumber: ualberta.ca

Penelitian

University of Alberta merupakan salah satu anggota dari U15 yaitu asosiasi universitas riset terkemuka di Kanada. Tidak hanya itu, universitas ini bahkan juga termasuk dalam 5 besar yang terbaik di antaranya. Penelitian di UAlberta meliputi berbagai bidang, mulai dari seni dan humaniora, kesehatan, nanoteknologi, pertanian, hingga kecerdasan buatan. Selain itu, UAlberta juga menjadi markas besar ilmiah meliputi masalah pengelolaan hutan, obesitas, etnomusikologi dan pusat penelitian Antartika. 

Prestasi dan Peringkat

Berdasarkan data terbaru QS World University Rankings, University of Alberta berada di peringkat ke-119 secara global dan ke-5 di Kanada. Selain itu, beberapa subjek atau bidang yang ditawarkan di UAlberta sendiri juga merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Beberapa di antaranya adalah Paleontology (#3), Forestry (#5), Geology (#5), Petroleum Engineering (#5). Semua peringkat subjek tersebut, berdasarkan data dari The Center for World University Rankings (CWUR). 

ualberta

Campus Saint-Jean. Sumber: ualberta.ca

Aktivitas Mahasiswa

Umumnya mahasiswa di UAlberta tergabung dalam berbagai klub mahasiswa yang jumlahnya lebih dari 425. Semua klub tersebut meliputi segala aspek mulai dari akademik, rekreasi, budaya, hingga politik. Salah satu kegiatan mahasiswa yang sangat populer di universitas ini adalah bidang atletik di mana UAlberta memiliki program sendiri untuk hal tersebut. UAlberta Golden Bears and Pandas Athletics adalah rumah bagi 24 team olahraga dan 475 atlet pelajar. 

Lanjutkan pendidikanmu ke University of Alberta yuk!

Setelah mendapatkan semua informasi di atas, kamu sudah tahu banyak mengenai University of Alberta Kanada, lho! Gimana? Menarik sekali, bukan? Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai universitas ini, kamu bisa berdiskusi lebih lanjut dengan SUN Education. Dapatkan informasi yang lebih rinci mengenai program studi, biaya kuliah, proses pendaftaran dan lain-lain.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.