Apakah LDR Membantu Mempererat Hubungan?
LDR Membantu Mempererat Hubungan?
7 Februari 2017
Kuliah di Liverpool Suzhou Dapat 2 Gelar Berkualitas Global
Ni Hao! Kuliah di Liverpool Suzhou Dapat 2 Gelar Berkualitas Global
7 Februari 2017

Apa Keuntungan Kuliah di Malaysia?

Apa Keuntungan Kuliah di Malaysia?

Apa Keuntungan Kuliah di Malaysia?

Apa Keuntungan Kuliah di Malaysia? Malaysia telah menjadi negara tujuan populer bagi para siswa internasional, terutama Indonesia. Negara berbahasa Melayu ini telah memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman dalam pendidikan internasional. Sistem pendidikan lanjutannya yang unik dan terstruktur dengan baik memberikan kesempatan pada siswa untuk memiliki kualifikasi internasional dengan harga bersaing.

Banner studi di Malaysia. Sumber foto: NISBD

Banner studi di Malaysia. Sumber foto: NISBD


Malaysia menjadi semakin populer sebagai tempat menempuh pendidikan lanjutan dengan lebih dari 100.000 siswa internasional dengan sekitar 160 kebangsaan yang menempuh pendidikan di negara ini pada akhir tahun 2014. Beberapa alasan siswa internasional memilih Malaysia termasuk:

1. Pendidikan Berkualitas

Sistem pendidikan lanjutan Malaysia telah memenuhi standar internasional dan diawasi ketat oleh Departemen Pendidikan Lanjutan, yang memiliki visi untuk mengubah Malaysia menjadi Center of Excellence for Higher Education (Pusat Pendidikan Lanjutan Bermutu).


Dengan pengawasan yang ketat tersebut, banyak universitas asing terkemuka dari negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Selandia Baru terinspirasi untuk datang ke Malaysia, baik untuk mendirikan kampus cabang atau untuk bekerjasama dengan institusi Malaysia. Banyak Institusi Malaysia yang memiliki program 2+1 atau 3+0, dimana siswa bisa memilih untuk menyelesaikan sebagian periode kuliah di institusi Malaysia dan sebagian lagi di universitas yang bekerjasama dengan institusi tersebut (2+1) atau 3 tahun penuh di Malaysia.


2. Biaya Terjangkau

Biaya kuliah di Malaysia sangat masuk akal dan terjangkau oleh siswa internasional. Biaya hidup pun juga sangat rendah. Seorang siswa bisa hidup nyaman dengan kurang lebih RM10,000 dalam setahun. Selain itu, nilai mata uang ringgit juga rendah dibandingkan dengan nilai mata uang lain sehingga membuat siswa bisa berhemat banyak selama belajar di Malaysia. Dengan biaya yang terjangkau dan dengan adanya afiliasi internasional, siswa bisa mendapatkan ijazah dari universitas asing dengan biaya terjangkau.


Pendidikan berkualitas & linkungan multicultural. Sumber foto: EducationMalaysia

Pendidikan berkualitas & linkungan multicultural. Sumber foto: EducationMalaysia


3. Lingkungan Multikultural

Siswa internasional yang belajar di Malaysia akan mendapatkan pengalaman hidup dalam masyarakat majemuk dan multicultural. Keragaman etnis di Malaysia membantu siswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari budaya yang berbeda, kelompok etnis, dan tradisi di seluruh dunia. Ada tiga (3) ras utama di Malaysia yaitu Melayu, Cina, dan India bersama dengan etnis minoritas lainnya. Selain mahasiswa Malaysia, siswa juga bisa menjalin pertemanan dengan siswa lain dari seluruh dunia.


4. Kedekatan (Lokasi + Budaya)

Bagi siswa Indonesia, ada beberapa alasan lain yang membuat mereka memilih negeri jiran ini. Alasan pertama adalah jarak Malaysia yang hanya dua jam penerbangan dari Jakarta adalah salah satu nilai lebih. Siswa atau orang tua dapat dengan mudah berkunjung dengan cepat dan dengan biaya yang terjangkau. Selain itu, budaya Melayu yang tidak berbeda jauh dengan Indonesia membuat siswa bisa mudah beradaptasi dengan lingkungan.


Tertarik? Untuk bantuan dalam mendaftar untuk belajar ke Malaysia, silakan hubungi kantor SUN Education terdekat.

Comments are closed.