Baru! eVisa New Zealand
7 Maret 2017
Kesempatan Beasiswa Parsial di Amerika
14 Maret 2017

Aplikasi Penting bagi Mahasiswa Internasional

Menjadi mahasiswa internasional yang kuliah di luar negeri, berarti kamu siap berada di negeri asing dengan budaya dan banyak hal berbeda. Untungnya, dengan teknologi yang semakin canggih kamu bisa menggunakan smartphone dan aplikasi di dalamnya untuk membantumu mendapatkan pengalaman belajar yang luar biasa.


Baca Juga: 12 Aplikasi Wajib Bagi Mahasiswa Bag. 1

Figured 1. Bahasa. Sumber: Freepik

Bahasa

Bahasa merupakan salah satu hal terpenting bagi kamu yang belajar di luar negeri. Untungnya, kini banyak bermunculan berbagai aplikasi yang membantu dalam menerjemahkan ataupun melatih bahasa asing kamu. Google Translate adalah aplikasi populer gratis untuk membantu menerjemahkan berbagai bahasa. Sedangkan Duolingo membantumu melatih kemampuan berbagai bahasa asing yang ingin kamu kuasai.


Transportasi

Pastikan jika daerah tempat tinggalmu nanti memiliki aplikasi bus atau subway lokal untuk membantu melihat rute, memeriksa jadwal keberangkatan, dan mengetahui arah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi internasional seperti Uber (di negara-negara yang memiliki) atau aplikasi untuk memanggil taksi lokal.


Figured 2. Aplikasi Zomato. Sumber: Zomato

Hiburan

Untuk menikmati lingkungan sekitarmu dengan lebih jauh, gunakan aplikasi seperti Foursquare, Yelp, atau Zomato untuk membantu menemukan tempat-tempat baru yang dikunjungi penduduk lokal. Atau gunakan aplikasi Where to Go untuk menemukan restoran, bar, toko bahan makanan, atau tempat bersejarah di area sekitarmu. Jika ingin daftar lengkap mengenai bisnis lokal seperti restoran, rumah sakit, hingga pom bensin, gunakan aplikasi AroundMe. Namun, jika kamu ingin berwisata kuliner, aplikasi Foodspotting wajib untuk kamu miliki.


Keuangan

Tempat baru, tempat berbelanja baru, barang-barang baru yang membuat kamu ingin membeli semuanya. Tahan keinginanmu dan pasang aplikasi keuangan seperti Mint yang membantu mencatat semua pengeluaranmu. Kamu juga bisa menghubungkan kartu kredit dan rekening bank agar transaksi kamu secara otomatis bisa direkam oleh aplikasi ini. Untuk mengkonversi mata uang, kamu bisa gunakan Converter Plus yang juga bisa digunakan untuk mengkonversi hal lainnya.


Figured 3. Aplikasi Instagram. Sumber: Instagram

Fotografi

Untuk merekam memori kamu selama berada di luar negeri tentunya fotografi tidak kalah penting. Ada banyak aplikasi yang membantu kamu seperti aplikasi terkenal Instagram yang memberikan kesempatan kamu berbagi memori dengan teman lainnya. Atau jika kamu suka mengedit foto, gunakan aplikasi Adobe Photoshop Express 2.0.


Komunikasi

Baik komunikasi lokal maupun internasional seperti keluarga atau teman di negara asal, aplikasi seperti WhatsApp, Line, Viber membantu komunikasimu menjadi lebih mudah. Kamu hanya memerlukan internet dan kamu sudah bisa menghubungi siapapun tanpa memandang jarak.


Baca Juga: 8 Gadget Yang Harus Dimiliki Mahasiswa

Meskipun smartphone-mu sangat membantu saat kuliah di luar negeri, ada saatnya kamu harus lebih fokus pada kehidupan di sekelilingmu dan juga pelajaranmu. Gunakan smartphone sesuai dengan kebutuhan dan nikmati pengalaman belajar di luar negerimu! (NRK)

Tinggalkan Balasan