Arti Tho Dalam Bahasa Inggris
Arti Tho Dalam Bahasa Inggris
20 April 2022
Rekomendasi Tempat Kursus TOEFL ITP di Jakarta
20 April 2022

Apa Arti Pronouns, Jenis-Jenisnya dan Bagaimana Menggunakannya dalam Kalimat?

Apa Arti Pronouns, Jenis-Jenisnya dan Bagaimana Menggunakannya dalam Kalimat?

Arti Pronouns

Pronouns dalam Bahasa Indonesia yaitu kata ganti. Pronouns adalah bagian dari part of speech yang penting kita gunakan untuk mengganti kata benda seperti nama orang atau nama benda. Dan ini sangat berguna agar kata-kata yang kita gunakan tidak repetitive atau berulang-ulang. Ada beberapa jenis pronouns yang bisa kita gunakan. Seperti penjelasan berikutnya.

Jenis-Jenis Pronouns

Ada beberapa jenis pronouns yang perlu kita ketahui berdasarkan perngertian dan penggunaannya.

1. Personal Pronouns

Apa Arti Pronouns, Jenis-Jenisnya dan Bagaimana Menggunakannya dalam Kalimat?

Personal pronouns kita gunakan untuk mengganti kata benda yang fungsinya sebagai Subject dan object. Seperti dalam contoh Anita is my best friend. She likes to visit me two days a week. Dalam contoh kalimat tersebut subject pertama yaitu Anita, nama orang, untuk menghindari pengulangan kata yang sama, kita bisa mengganti Anita menjadi She di kalimat kedua. Contoh detailnya pada tabel berikut.

PERSONAL PRONOUNS
Subject pronouns I you they we she, he, it
Object pronouns I you us us her, him, it

Contoh kalimat:

  1. Rika is married. She has two children.
  2. Rika is my friend. I know her well.
  3. Aryo has a new blue bicycle. He bought it yesterday.

Pada kalimat (a) penggunaan kata She sebagai subject pronoun berfungsi menggantikan subject Rika di kalimat kedua. Sedangkan kalimat (b), penggunaan her sebagai object pronoun merujuk ke subject Rika biasanya object pronoun kita tempatkan setelah verb atau kata kerja. Pada kalimat (c), object pronoun yane kita gunakan yaitu it merujuk ke object tunggal yaitu a new bicycle.

2. Possessive Pronouns dan Adjectives

Apa Arti Pronouns, Jenis-Jenisnya dan Bagaimana Menggunakannya dalam Kalimat?

 

Possessive pronouns dan adjectives biasanya kita gunakan untuk menunjukan kepunyaan. Sperti contoh This pen is mine atau It is my pen. Dari dua kalimat tersebut kita temukan mine dan my pen. Kedua kata tersebut mempunyai arti yang sama yaitu merujuk ke kepunyaan. Namun, dalam penggunaannya mine tidak diikuti oleh kata benda, tetapi my diikuti kata benda yaitu pen. Berikut contoh detailnya.

POSSESSIVE PRONOUNS POSSESSIVE ADJECTIVES
I have mine I have my book
You have yours You have your book
She has hers She has her book
He has his He has his book
We have ours We have our book
You have yours You have your book
They have theirs They have their book
I have a book. Its cover is blue
Perhatikan penggunaan its vs it’s – Sonia lent me a book, but I don’t remember its color

– Sonia lent me a book, and it’s a grammar book

Dari kedua kalimat tersebut bisa kita bedakan penggunan its (tanpa tanda kutip) berarti menunjukan kepunyaan. Namun untuk kelimat kedua it’s (dengan tanda kutip) merupakan singkatan dari it is yang terdiri dari subject dan verb (kata kerja)

Perbedaan their vs there vs they’re – Sonia and Tom talk about their cars.(their merupakan possessive adjective)

– look the fancy car over there! (there merupakan kata keterangan tempat)

– Where are Sonia and Tom? They are in the library.(they’re singkatan dari they are terdiri dari subject dan kata kerja)

3. Reflexive Pronouns

Apa Arti Pronouns, Jenis-Jenisnya dan Bagaimana Menggunakannya dalam Kalimat?

 

Reflexive pronouns biasanaya diakhiri dengan -self/-selves. Reflexive pronouns kita gunakan ketika subject dan object merupakan orang yang sama, seperti I see myself, pennggunaan kata myself merujuk ke subject I yang merupakan orang yang sama. Contoh dalam kalimat secara detail bisa kita lihat dalam table berikut.

Reflexive pronouns
myself I love myself
yourself You love yourself
herself She loves herself
himself He loves himself
itself it (kitten) loves itself
ourselves We love ourselves
yourselves You love yourselves
themselves They love themselves
Sonia learns English by herself By+ a reflexive pronoun=alone,yang berarti Sonia belajar bahasa Inggris sendiri tanpa bantuan orang lain

Sekian pembahasan kita mengenai Pronouns, sampai jumpa kembali pada pembahasan berikutnya dengan topic-topic menarik lainnya.

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan