Santa Monica College
Kuliah di Santa Monica College, Bisa Jalan-Jalan ke Mana Aja?
26 April 2022
Perbedaan TOEFL dan TOEIC yang Perlu Kamu Ketahui!
26 April 2022

Arti dan Penggunaan Ain’t dalam Kalimat

Teman-teman pasti cukup familiar dengan kata Ain’t. Pasalnya, kata yang sangat pendek dan hanya terdiri dari satu suku kata ini sangat sering muncul dalam lirik lagu-lagu populer dari berbagai genre, percakapan antar tokoh dalam film-film, maupun dalam tweet para penutur bahasa Inggris di Twitter. Yang perlu kita pahami adalah bahwa Ain’t ternyata memiliki satu makna penghubung yang sama, walau ia berasal dari banyak kata bantu/auxiliary yang berbeda. Mari kita telusuri bersama arti dan penggunaan ain’t dalam berbagai contoh kalimat.

Kata Ain’t bisa berasal dari beberapa auxiliary for adjective (kata bantu untuk kata sifat) berikut ini: am not, is not, are not, has not, have not. Seperti yang kita lihat dari sumber singkatannya, ternyata kata Ain’t mengandung makna negatif. Dengan demikian, bisa kita katakan bahwa arti Ain’t dalam bahasa Indonesia adalah “tidak”. Dalam beberapa dialek, Ain’t juga bisa bermakna did not, do not, does not, namun pemakaian Ain’t sebagai penyusutan/singkatan dari ketiga auxiliary ini hanya umum dan populer di beberapa daerah saja.

Mulainya penggunaan singkatan Ain’t untuk kata bantu to be not, to have not, dan to do not tidak terjadi seketika. Secara spesifik, penggunaan Ain’t untuk singkatan to be not mulai populer di tengah abad ke-18. Sementara itu, untuk singkatan to have not baru populer pada permulaan abad ke-19. Lebih lanjut, penggunaan ain’t merupakan topik kontroversi yang berkelanjutan dalam bahasa Inggris. Ain’t umumnya digunakan oleh banyak penutur dalam komunikasi lisan dan informal, terutama di daerah dan dialek tertentu. Penggunaannya seringkali sangat mendapatkan stigma. Artinya, kata ini sering digunakan oleh masyarakat umum sebagai penanda status sosial ekonomi, daerah, atau tingkat pendidikan yang rendah. Selain itu, penggunaannya umumnya dianggap tidak standar oleh kamus. 

Daftar Isi (Klik Untuk Buka)

5 Kondisi Penggunaan Ain’t dalam Kalimat

1. Aint + Going To + Verb 1

Contoh: “I ain’t going to sing at the reunion.”

Coba kita perhatikan penggunaan kata ain’t  dalam kalimat ini, dia berada di antara subyek dan kata kerja/verb. Apakah kalian sudah bisa menebak kira-kira kata apa yang berubah menjadi ain’t? Yap, benar sekali, ain’t pada kalimat ini kita gunakan untuk mengganti to be. Tapi ada pertanyaan selanjutnya, apakah to be yang kita pakai adalah to be dalam bentuk Past atau Present?

Karena tidak ada kata keterangan waktu past dan tenses yang dipakai adalah Present Continuous Tense, maka kita bisa pakai to be present (is, am, are). Kemudian, karena subjeknya adalah I, maka to be yang benar adalah am. Jadi, bentuk formal dari contoh di atas adalah “I am not going to sing at the reunion.

2. Ain’t + Adjective (Kata Sifat)

Contoh: “They ain’t popular here, to be honest.”

Ain’t di sini diapit oleh subyek dan kata sifat (adjective). Bentuk formal dari kalimat di atas adalah: “They are not popular here, to be honest.” Ain’t menggantikan to be karena untuk menyatakan suatu kata sifat (contoh: popular, beautiful, angry, calm), harus ada to be di depannya.

3. Ain’t + Verb 2

Contoh: “He ain’t got a girlfriend.”

Makna asli dari kalimat di atas adalah: Dia tidak memiliki pacar. Maka bentuk formalnya adalah: “He does not have a girlfriend.” Trik untuk mengetahui bentuk formal dari sebuah kalimat yang memuat kata Ain’t adalah: pahami artinya, kemudian susun kalimat baru yang tensesnya sesuai dengan konteks yang telah kita pahami.

4. Ain’t + Been

Contoh: “Honestly, I ain’t been to New York.

Terdapat kata been yang menunjukan penggunaan present perfect tense (ciri: has/have + Verb 3). Karena subyeknya adalah I, maka menurut rumus tense yang digunakan, ain’t mengganti kata have not. Jadi, bentuk asli/formal dari kalimat itu adalah “I have not been to New York”.

5. Double Negative

Contoh: “She ain’t done nothing yet.

Di sini, kalimat menggunakan double negative sebagai bentuk penekanan kata “tidak”, sehingga makna sebenarnya adalah “She has not done anything,” atau, “Dia belum melakukan apapun.” Untuk penggunaan has, tentu karena kata done adalah Verb 3 dan kalimat di atas merupakan kalimat aktif, yang berarti ain’t pasti menggantikan has not.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan