The Green Signpost: Lebih Dari Sekadar Mengeksplor Keindahan Alam Utrecht University
15 Mei 2019
marine sciences
Jurusan Ilmu Kelautan University of Southampton
16 Mei 2019

Tips Belajar Bahasa Inggris Melalui Film

tips belajar bahasa inggris

Sumber: Freepik

Ada banyak cara menyenangkan yang bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa Inggris. Terutama bagi kamu yang suka mendengarkan kosa kata bahasa Inggris lewat lagu atau bahkan film. Buat kamu pencinta film—terutama film berbahasa Inggris—kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membantumu belajar bahasa Inggris, loh! Yuk, simak tips berikut.

1. Pilih film yang menarik

Memilih film yang menarik adalah sebuah keharusan jika kamu ingin belajar kosa kata lewat film. Film yang tidak menarik akan membuatmu bosan dan kesulitan untuk fokus memperhatikan, apalagi jika filmnya berdurasi lebih dari satu setengah jam.

tips belajar bahasa inggris

Sumber: freepik

2. Pilih film yang sesuai dengan tingkatan bahasa Inggrismu

Jika kamu pemula, akan lebih baik jika kamu belajar bahasa Inggris melalui animasi. Bahasa Inggris pada jenis film tersebut biasanya mudah dimengerti dan menyenangkan. Jika kamu memilih menonton film seperti “Romeo dan Juliet”, kamu akan sangat bingung. Bahasa Inggris Shakespare (yang merupakan bahasa yang digunakan berabad-abad lalu) sangat sulit dipahami, bahkan untuk pelajar bahasa Inggris tingkat lanjut.

3. Sediakan kamus

Ini berlaku untuk film dengan teks terjemahan (subtitle). Kamu bisa memeriksa kosa kata di kamus ketika kamu mendengar kata yang menarik. Semakin sulit kata tersebut untuk dipahami, kamu memiliki kecenderungan untuk selalu mengingat kata tersebut.

tips belajar bahasa inggris

Sumber: freepik

4. Tanpa teks terjemahan (subtitle)

Tidak mudah memutar film dengan bahasa asing tanpa menggunakan teks terjemahan. Untuk pertama kali, kamu bisa menonton dengan menyalakan teks terjemahannya. Kemudian kamu bisa menonton film tersebut untuk kedua kali tanpa menyalakan teks terjemahannya. Cara ini akan membuat kamu memahami film tersebut pada saat pertama kali menonton, sehingga kamu akan fokus untuk mendengarkan kata-kata yang sudah kamu tandai. Kamu juga bisa melihat seberapa kamu memahami film tersebut tanpa teks terjemahan.

5. VLC Player

VLC Player adalah perangkat lunak pemutar video untuk komputer. Jika kamu tidak memiliki VLC Player di komputermu, kamu dapat mengunduhnya secara gratis di internet. Pemutar video ini sangat direkomendasikan untuk belajar bahasa Inggris karena menyediakan fitur yang dapat memutar film dengan kecepatan setengah atau seperempat. Ketika kamu menonton dan menemukan kata-kata yang sulit dipahami, kamu bisa memperlambat dan mengulanginya. Hal ini akan sangat membantumu untuk berlatih mendengarkan.

tips belajar bahasa inggris

Sumber: freepik

6. Tidak apa-apa jika ada kata-kata yang terlewatkan

Menonton film seharusnya menyenangkan, sekalipun kamu sedang mencoba belajar bahasa Inggris dengan menonton film. Kamu tidak perlu merasa bersalah jika melewatkan beberapa kata atau bahkan beberapa kalimat. Kamu bisa mengikuti ceritanya dengan membaca teks terjemahannya.

Cara-cara di atas mungkin tidak akan secara langsung berdampak signifikan pada kemampuan bahasa Inggrismu. Namun jika kamu terbiasa, kamu akan merasakan manfaatnya, terutama untuk kemampuan mendengarkan. Jadi, kamu harus sering-sering melakukannya ya!

 

*Artikel asli ditulis oleh SUN English

Comments are closed.