Serunya Kuliah Jurusan Robotik, Seperti Apa, ya?
Serunya Kuliah Jurusan Robotik, Seperti Apa, ya?
25 April 2022
CARA BACA BAHASA INGGRIS YANG BENAR
Cara Baca Bahasa Inggris yang Benar
25 April 2022

Contoh Finite dan Non-Finite Verb Dalam Bahasa Inggris

Contoh Finite dan Non-Finite Verb Dalam Bahasa Inggris

Dalam Bahasa Inggris, sebuah kalimat yang baik adalah kalimat yang terdiri dari subjek dan predikat. Subjek kalimat bisa berupa kata benda, orang, atau kata ganti orang, sedangkan predikat dapat berupa kata kerja atau kata kerja pembantu. Tidak banyak yang tahu bahwa terdapat dua jenis kata kerja dalam bahasa Inggris, yakni finite dan non-finite. Dalam artikel ini, mari sama-sama kita belajar contoh finite dan non-finite verb dalam Bahasa Inggris.  

Finite Verb 

Finite verb, atau kata kerja finite, merupakan kata kerja utama dalam suatu kalimat yang biasanya tanpa auxiliary verb atau verb present participle (verb-ing). Kata kerja ini biasanya hanya ada dalam present tense atau past tense, sehingga penggunaanya cukup mudah. 

Contoh:

  • I go to school. (Saya pergi ke sekolah)
  • She brings her lunch to the canteen. (Dia membawa makan siangnya ke kantin)
  • John and Mike finish their Math task. (John dan Mike menyelesaikan tugas matematika mereka)

Dalam kalimat past tense atau present tense, contoh dari finite verb adalah sebagai berikut:

  • Sam went to the beach last week. (Sam pergi ke pantai minggu kemarin) -> past tense 
  • My mom buys me clothes. (Ibu saya membeli baju-baju) -> present tense
  • I passed the national exam last year. (Saya lulus ujian nasional tahun lalu) -> past tense

Tentu penggunaan finite verb juga dipengaruhi oleh bentuk subjeknya. Jika subjek dalam sebuah kalimat adalah plural, maka finite verb yang digunakan akan berubah. Begitupun sebaliknya, jika subjek dalam sebuah kalimat adalah singular, hal tersebut juga akan mempengaruhi penggunaan finite verb. 

Bukan hanya itu, penggunaan finite verb juga dapat diterapkan dalam beberapa bentuk, misalnya:

  1. Finite verb sebagai kata kerja transitif dan intransitif

Contoh: 

  • I climb the tree outside my house (saya memanjat pohon di depan rumah saya) -> climb merupakan kata kerja transitif. 
  • Denny comes late (Denny datang terlambat) -> comes merupakan kata kerja intransitif.
  1. Finite verb sebagai action and stative verb

Contoh: 

  • Jordan runs to school (Jordan berlari ke sekolah) -> runs merupakan action verb yang juga berperan sebagai finite verb.
  • She loves her parents (Dia menyayangi orang tuanya) -> love merupakan stative verb. 

Non-Finite Verb

Kebalikan dari finite verb, non-finite verb merupakan kata kerja yang dalam fungsinya dapat berubah, bukan lagi menjadi kata kerja, melainkan menjadi kata sifat, kata benda, atau kata keterangan. Karena fungsinya yang bisa berubah, maka non-finite verb dibedakan menjadi tiga bentuk: 

Gerund

Gerund merupakan kata kerja yang berubah menjadi kata benda, di mana kata benda yang ada ditambahkan akhiran -ing. 

Contoh: 

  • She loves swimming (Dia suka berenang) -> swim merupakan kata kerja, namun kata swimming di sini merupakan gerund. 
  • His hobbies are listening music and playing badminton (Hobinya dia adalah mendengarkan lagu dan bermain bulu tangkis) -> kata listening dan playing dalam kalimat ini bukanlah kata kerja melainkan gerund. 

Infinitive 

Infinitive merupakan sebuah kata kerja yang di awali dengan imbuhan -to. Berikut beberapa contoh non-finite verb dalam bentuk infinitive. 

  • My teacher wanted me to help her in the class (Guru saya ingin saya membantunya di kelas) -> to help di sini merupakan non-finite verb yang merupakan infinitive.
  • He asks me not to share the story to everyone (Dia meminta saya untuk tidak membagikan ceritanya ke siapapun) -> to share dalam kalimat ini merupakan kata infinitive. 

Participle 

Non-finite verb juga dapat berupa participle di mana kata kerja sebagai adjective. Dalam Bahasa Inggris sendiri, terdapat dua jenis participle yakni past participle (kata dengan akhiran -ed atau -d), atau present participle (kata dengan akhiran -ing). 

Contoh:

  • Do not drink the sleeping pills again (jangan minum pill tidur itu lagi) -> sleeping pills di sini merupakan participle dalam bentuk present. 
  • You must fill the printed form (kamu harus mengisi formulir yang sudah di cetak) -> printed form merupakan contoh participle dalam bentuk past. 

Dari penjelasan di atas, kita bisa sama-sama belajar mengenai contoh finite dan non-finite verb dalam Bahasa Inggris. Meskipun terlihat cukup simpel dan mudah dimengerti, tetapi kita tetap harus memahami kedua perbedaan kata kerja tersebut jika ingin digunakan dalam sebuah kalimat yang benar.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan