jurusan di university of sydney
Ini Dia 5 Jurusan Top di University of Sydney!
22 April 2022
SUN Pondok Inadh
22 April 2022

Contoh Kalimat 5w 1h dalam Bahasa Inggris Beserta Jawabannya

Contoh Kalimat 5w 1h dalam Bahasa Inggris Beserta Jawabannya

Bertanya dan menjawab pertanyaan merupakan hal yang kita lakukan hampir setiap hari. Namun dalam melakukannya sering kita menghadapi kesulitan karena perbedaan aturan dan struktur bahasa antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Tentu saja kita tidak perlu merasa khawatir karena melalui pembahasan ini, teman-teman mampu memahami dengan mudah. 

Artikel ini akan membanti kalian memahami dan membuat contoh kalimat 5w 1h dalam bahasa Inggris beserta j awabannya. Mari kita mulai dengan dari 5W 1H. 5W + 1H sendiri merupakan singkatan dari Who (siapa), What (Apa), Why (kenapa), Where (dimana), When (kapan) dan How (bagaimana). Singkatan ini membantu kalian untuk membuat pertanyaan yang efektif serta menjawab pertanyaan tersebut dengan benar sehingga percakapan maupun penulisan dapat terarah dan tersusun yang mana menghindari teman-teman dari kesalahpahaman dalam berbahasa. 

Berikut adalah pejelasan masing-masing dari kategori tersebut. 

Who

Who dalam bahasa Inggris memiliki arti ‘siapa’ di dalam bahasa Indonesia. Jadi Anda menggunakan kata who untuk menanyakan seseorang yang terlibat di dalam teks atau kalimat yang tengah Anda susun, seperti contoh:

  • Who is the man sitting next to my sister ? I guess he is her boyfriend. (Siapa laki-laki yang duduk di sebelah adik perempuan ku itu? Saya tebak itu teman laki-lakinya.)
  • Who is she going to invite to her party? I believe all of her family and friends. (Siapa yang akan diundang di pestanya? Saya yakin semua keluarga dan teman-temannya.)
  • Who has given me this chocolate? Well, that could be your secret admirer! (Siapa yang sudah memberikan saya cokelat? Itu bisa saja penggemar rahasiamu)

What

What adalah kata ‘apa’ dalam bahasa Inggris. Kita dapat menggunakan kata what untuk menanyakan suatu benda, suatu peristiwa, atau nama seseorang. Contohnya:

  • What is David saying? He is telling about the accident he encountered yesterday in the downtown. (Apa yang sedang David katakan? Ia sedang menceritakan kecelakaan yang Ia lihat kemarin in pusat kota.)
  • What have you done to my computer? As you can see, I tried to remove all the viruses you keep there.(Apa yang sudah kamu lakukan dengan komputerku? Seperti yang bisa kamu lihat, saya mencoba membuang semua virus yang ada disana.)
  • What would you like for dinner? Pasta carbonara sounds great (Apa makan malam yang kamu inginkan? Pasta carbonara sepertinya enak.)

Untuk penyusunan laporan ilmiah ataupun komposisi yang bersifat formal, biasanya what digunakan untuk menyusun pertanyaan seperti berikut:

  • What is the motive? He fired the handgun after he was chased by the police officer. (Apakah motif kasus ini? Ia menembakkan senjatanya setelah diburu oleh polisi.)
  • What are the purposes of this research? The purpose of research is to enhance society by advancing knowledge through scientific theories, concepts and ideas. (Apakah tujuan dari penelitian ini? Tujuannya ada untuk memajukan masyarakat dengan memberikan pengetahuan yang terdepan melalui teori ilmiah, konsep dan ide.)

Where

Where berarti ‘dimana’ dalam bahasa Indonesia. Kita dapat menggunakan kata where untuk menanyakan Kamu sedang berada di mana, Kamu akan pergi kemana, atau mengetahui alamat suatu tempat. Berikut contohnya:

  • Where shall I put this box? (Dimana sebaiknya saya meletakkan kotak ini ya?)
  • Where is your house? (Dimana rumahmu?)
  • Where can I get a taxi? (Dimana saya dapat memanggil taksi?)

Sedangkan dalam penulisan yang berhubungan dengan jurnalis atau laporan penelitian, pertanyaannya seperti berikut:

  • Where did it happen? (Dimana hal itu terjadi?)
  • Where the sexual harassment occurred? (Dimana pelecehan seksual itu terjadi?)
  • Where is the professor conducting her research? (Dimana profesor melakukan penelitiannya?)

When

When adalah ‘kapan’ dalam bahasa Inggris. Kita menggunakan kata ini untuk menanyakan waktu suatu peristiwa yang sudah lalu atau yang akan datang. Contohnya:

  • When do the stores open in the morning? (Kapan toko-toko ini buka di pagi hari?)
  • When  is Jeff going to get a haircut? (Kapan Jeff akan memotong rambutnya?)
  • When does the plane take off? (Kapan pesawatnya terbang?)
  • When should we have our reunion? (Kapan sebaiknya kita mengadakan reuni?)

Why

Why adalah ‘mengapa’ dalam bahasa Inggris. Jadi kamu menggunakan kata why untuk menanyakan penjelasan terhadap terjadinya suatu peristiwa. Contoh:

  • Why was the girl crying? (Mengapa gadis itu menangis?)
  • Why does mountain water feel so fresh? (Mengapa air gunung terasa begitu menyegarkan?)
  • Why are you always late? (Mengapa kamu selalu terlambat?)

How

How atau ‘bagaimana’ jika didalam bahasa Inggris. Kita menggunakan kata how untuk menanyakan cara, langkah-langkah suatu kegiatan atau proses mengenai suatu peristiwa. Contoh :

  • How am I going to finish all this work? (Bagaimana caranya saya menyelesaikan semua pekerjaan ini?)
  • How was the performance? (Bagaimanakah penampilannya?)
  • How did you cook this meal? (Bagaimana kamu memasak makanan ini?)

The suspect was breaking into the house by damaging the window frame near the kitchen and took the victim’s jewelry and rare pottery and porcelain.

Selanjutnya, untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan