Mungkin kah kita mengambil tes TOEIC Online Bersertifikat?
26 April 2022
Forensic Science / Ilmu Forensik
Forensic Science / Ilmu Forensik
27 April 2022

Finite Verb Adalah? Yuk, Bedah Sekarang!

Hi, English enthusiast! Selama kamu belajar bahasa Inggris, pasti kamu tau bahwa untuk membuat salah kalimat dalam bahasa Inggris, kamu perlu 2 hal utama: Subject (subjek) dan Verb (kata kerja). Tapi, kamu pernah kepikiran gak bahwa Verb yang selama ini kita pelajari, ternyata memiliki beberapa jenis dan fungsi? Kali ini, kita akan membahas salah satu jenis kata kerja yaitu Finite Verb, yang kalau kita terjemahkan langsung, artinya adalah kata kerja terbatas dan tentunya itu masih belum menjawab fungsi sebenarnya dari jenis kata kerja ini. Tentu saja, kata kerja satu ini memiliki syarat yang harus kita ketahui dan kita pun akan mempelajari contoh-contohnya juga

Pengertian

Pertama-tama, kita perlu tahu bahwa ada 2 kategori umum kata kerja, yaitu Finite dan Non-finite . Lalu apa bedanya kedua Verb ini?

Singkatnya, Finite Verb berfungsi sebagai kata kerja utama dalam sebuah kalimat, dan hampir semua kata kerja dalam bahasa Inggris bisa berfungsu sebagai kata kerja tersebut selama syarat-syarat berikut terpenuhi:

– Ada Subject

– Ada Tense (Past atau Present)

– dan ada Subject-Verb Agreement (ini adalah sebuah konsep Grammar bahasa Inggris dimana Subject mempengaruhi bentuk Verb)

3 syarat tersebut yang membuat kita setuju bahwa Finite Verb memiliki kegunaan dan penan yang penting. Setiap kalimat pasti memiliki sebuah Finite Verb, dan kalau dalam sebuah kalimat ada lebih dari 1 kata kerja, posisi kata kerja satu ini biasanya berada setelah Subject.

Contoh Kalimat

Penggunaan dari kata kerja ini adalah salah satu yang sulit, tapi sebenarnya cukup sederhana. Sepanjang apapun sebuah kalimat, hanya akan ada 1 Finite Verb.

Contoh:

–          Dave reads a book every morning

–          Alicia watched Titanic in her room last night

–          Her uncle was a firefighter

–          They are now at the gym

Kita bisa lihat bahwa kata kerja jenis ini adalah hasil modifikasi dari Action Verbs (reads, watched) atau Auxiliary Verbs (was, are). Finite Verbs tentunya bisa ada dalam kalimat inti (Independent Clause) atau kalimat anak (Dependent Clause) selama 3 syarat diatas terpenuhi

Non-finite Verb

Sekarang kita lanjut ke pembahasan kembarannya, yaitu Non-finite Verb. Kenapa kita perlu tau tentang Non-finite Verb? Alasannya sederhana: karena ketika kita membuat kalimat yang lebih panjang, biasanya kita akan membutuhkan kedua Verb ini.

Penggunaan Non-finite Verb sendiri biasanya ditandai dengan: 1) tidak adanya Subject atau Tense dan/atau 2) sebagai bagian dari Verb Phrase. Maka dari itu, Non-finite Verb terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

–          Infinitives (to + verb)

–          Gerunds (Verbs yang berakhiran –ing dan berfungsi sebagai Nouns)

–          Participles (Verbs yang berakhiran –ed dan berfungsi sebagai Adjectives)

Sebagai tambahan, kita perlu tahu bahwa Non-finite Verb tidak bisa berdiri sendiri dan tetap memerlukan Finite Verb yang menunjukan Subject dan Tense dari sebuah kalimat.

Kombinasi Keduanya

Kebanyakan kalimat dalam bahasa Inggris menggunakan kombinasi antara Finite dan Non-finite Verb. Hal tersebut tentunya bisa kita terapkan kalau kita mengerti aturannya. Berikut adalah beberapa contoh yang membuktikan bahwa Non-finite dan Finite Verb adalah satu kesatuan dalam kalimat:

a)      Matthew kicked the ball (Finite Verb saja)

b)      Matthew was kicking the ball (Past Tense dan Present Participle)

c)      Matthew had kicked the ball (Past Tense Finite Verb dan Past Participle)

d)      The teachers give assignments on a weekly basis (Finite Verb saja)

e)      The teachers try to give assignments on a weekly basis (Present Tense dan Infinitive)

f)       The teachers have given assignments on a weekly basis (Present Tense dan Past Participle)

Itulah bahasan kita kali ini dan bisa kita simpulkan kalau Finite Verb adalah jenis kata kerja yang bersifat terbatas karena Subject-Verb Agreement dan Tenses. Ingin tau lebih? Nah, SUN English punya program Grammar Booster dan General English loh untuk bantu kamu menguasai penggunaan Finite Verb dan aspek Grammar lainnya. Dengan kualitas materi terbaik dan pengajar yang profesional, tentunya kamu bisa lebih paham dan lancar ketika berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Yuk, hubungi kantor SUN English terdekat!

Tinggalkan Balasan